Pengertian PAPER: Struktur, Jenis, dan Langkah2 Pembuatanya

Pengertian Paper

Pengertian paper – Paper merupakan sebuah tulisan yang berisi topik pembahasan tertentu yang didukung oleh data serta argumentasi yang valid dan sesuai. Dengan kata lain paper tidak ditulis dengan melihat data yang ada-data yang ada sesuai fakta yang terjadi.

Apa pengertian paper? Paper adalah artikel ilmiah yang di tulis dan disusun dengan format tertentu yang membahas tentang suatu topik tertentu, biasanya paper berisi hasil penelitian baru atau yang sudah ada dan hasil review.

Baca Juga: Pengertian Proposal: Tujuan, Struktur, Manfaat dan Unsur Unsur Proposal

Pengertian Paper Menurut Para Ahli

Untuk mempermudah dalam memahami apa itu paper, serta memperjelas pengertian paper di atas anda dapat melihat pengertian paper menurut beberapa ahli berikut ini.

1. Pen dan Pad

Menurut pen dan pad, paper adalah mengatur ide-ide di dalam format linear yang mudah di mengerti. Paper penelitian harus dapat memberikan atau membuat argumen.

2. Essay Shark

Menurut essay shark adalah suatu karya tulis ilmiah yang melibatkan proses penelitian, evaluasi sumber, pemikiran kritis, organisasi dan komposisi. Penelitian yang sudah di dasarkan dan hasil nya sudah di ketahui.

Jenis Paper

pengertian paper

Ada beberapa jenis-jenis paper di dalam penelitian seperti paper argumentatif, paper analitik, paper definisi, paper komparatif dan kontras, paper sebab akibat dan lain sebagainya. Berikut ini penjelasan dari jenis-jenis paper penelitian.

1. Paper Argumentatif

Paper Argumentatif adalah paper yang menyajikan dua masalah yang kontroversi di dalam satu makalah. Ciri-ciri paper argumentatif yang baik adalah paper yang di dalamnya terdapat kutipan para peneliti serta menyajikan fakta menarik dan dapat di terima oleh akal sehat.

2. Paper Analitik

Paper analitik adalah jenis paper yang yang berfokus dalam menganalisis dari berbagai sudut pandang yang sesuai fakta di bukan dari berbagai pendapat. Dengan kata lain paper analitik merupakan ringkasan atau rangkuman dan kesimpulan dari penelitian yang sudah ada.

3. Paper Definisi

Paper definisi adalah paper yang cukup jelas yang membahas tentang topik yang memiliki sudut pandang yang faktual yang di dalamnya tidak terdapat pendapat dari penulis. Namun paper definisi tetap mencakup berbagai fakta yang di ambil dari berbagai sumber yang jelas. Di dalam paper Definisi juga berisi contoh-contoh yang sesuai dengan topik pembahasan.

Baca Juga: Struktur Proposal Penelitian dan Sistematika Proposal

4. Paper Kompetitif dan Kontras

Paper ini sering di gunakan di dalam bidang sastra untuk membandingkan dua atau lebih penulis yang berbeda. Paper Kompetitif dan kontras juga dapat digunakan dalam ilmu sosial guna untuk membedakan dan membandingkan dua sudut pandang yang teoritis. Misalnya membandingkan dua sifat kepemimpinan yang berbeda

5. Paper Sebab Akibat

Paper sebab dan akibat sering digunakan di dalam dunia bisnis dan pendidikan. Digunakan untuk melacak hasil yang yang diinginkan dari tindakan yang di ikuti oleh pembaca. Paper sebab dan akibat juga di gunakan untuk mengetahui hasil dari prediksi yang di lakukan dengan menggunakan kesimpulan yang logis.

6. Laporan

Laporan adalah jenis paper yang di tulis untuk menjabarkan sebuah studi kasus. Contoh adalah laporan penelitian yang di tulis untuk menjabarkan masalah-masalah utama di dalam skenario kerja dan tempat kerja sumber daya manusia. Laporan berfungsi untuk mengetahui masalah yang ada akan mencarikan solusi dari masalah tersebut.

7. Paper Interpretatif

Paper Interpretatif ini sering di gunakan di dalam tutor pada bidang sastra, ilmu sosial dan humaniora. Yang membuat mahasiswa atau siswa menggunakan pengetahuan yang teoritis yang di dapatkan dari studi dan contoh kasus tertentu misalnya karya seni dan puisi pada bidang sastra.

Langkah-langkah Membuat Paper

cara membuat paper

Dalam membuat paper akan menjengkelkan jika instruksi yang diberikan tidak jelas. Dalam membuat tugas paper ada beberapa langkah-langkah membuat paper yang harus anda tahu, agar mempermudah dalam proses pembuatan nya. Berikut ini langkah-langkah membuat paper.

1. Menentukan Tema Paper

Sebelum membuat paper yang harus dilakukan adalah membuat tema yang di gunakan atau dibahas di paper nantinya. Namun pada umumnya jika anda di beri tugas membuat paper akan di berikan tema yang menjadi pembahasan isi paper. Namaun jika tidak diberikan tema maka anda harus memilih tema itu sendiri.

Untuk memilih tema anda dapat membaca buku atau artikel di internet, untuk mendapatkan tema yang menarik usahakan anda tidak mengambil tema yang sudah dibahas. Carilah celah pada teman yang belum di bahas.

2. Pendahuluan Paper

Dalam membuat paper anda juga tidak boleh melupakan bagian pendahuluan Paper. Karena pendahuluan Paper ini berisi tentang gambaran kecil dari pembahasan yang akan di buat. Isi dari pendahuluan ini adalah latar belakang, rumusan masalah dan tujuan pembuatan. Usahakan tidak mengulang isi pendahuluan pada pembahasan agar menghindari dobel pembahasan.

3. Menentukan Rumusan Masalah Paper

Rumusan masalah di buat di dalam paper bertujuan agar pembahasan dapat berfokus pada pembahasan yang telah ditentukan. Selain itu tujuan rumusan masalah adalah agar dapat digunakan untuk menyimpulkan pembahasan dari materi paper.

4. Paper Seperti Apa yang Akan Anda Buat

Pada bagian ini harusnya anda sudah menentukan seperti apa tema yang akan anda buat. Nah untuk memudahkan anda dalam membuat paper usahakan anda memilih seperti apa tema yang anda sukai.

5. Pertanyaan Tesis

Tesis adalah dugaan-dugaan sebuah kajian tertentu. Tesis di dalam paper digunakan untuk memberikan Jawaban sementara dari masalah yang ada.

6. Format Paper

  • Diketik
  • Spasi 1,5
  • Font: Times New roman
  • Nomor Halaman
  • Daftar Referensi

Struktur Paper

struktur paper

Dalam membuat paper ada unsur-unsur paper yang harus ada di dalam paper. Walaupun terlihat sepele unsur-unsur ini memberikan dampak kualitas isi paper. Jika unsur-unsur tidak ada di dalam paper akan akan mengurangi nilai paper anda. Nah berikut unsur yang harus ada di dalam paper.

1. Judul dan Nama penulis

Judul paper dan nama penulis merupakan unsur paper yang sangat penting. Bayangkan jika sebuah paper tidak ditulis judul dan nama penulis akan membuat orang tidak mengetahui ini jenis paper apa atau siapa yang menulis paper tersebut. Sehingga dalam membuat paper judul dan penulis paper harus di tulis.

2. Abstrak

Abstrak adalah rangkuman dari isi pembahasan yang ada di dalam paper secara keseluruhan. Abstrak hanya satu paragraf yang berisi tentang tujuan pengambilan judul, metode penelitian yang di gunakan di dalam paper, hasil kesimpulan dan pokok pembahasan.

3. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan penjelasan tentang latar belakang pengambilan judul, rumusan masalah dan tujuan pembuatan paper. Di dalam latar belakang juga anda menjelaskan alasan anda hingga mengambil judul dari tema yang anda telah tentu kan.

4. Penelitian Terkait

Dalam membuat paper anda harus memilih dan mengambil penelitian terkait dari paper yang telah anda buat. Tujuan dari penelitian terkait ini adalah untuk memudahkan anda dalam membuat penyusunan paper dan memberikan gambaran struktur Paper seperti penelitian sebelumnya. Usahakan mencari penelitian terkait sebanyak-banyaknya.

5. Metodologi

Metodologi penelitian adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengambil data yang valid. Karena metode penelitian dapat mengarahkan anda dalam mengambil data dan hal-hal yang harus anda siapkan di dalam pengambilan data agar mengurangi pengambilan data yang salah.

6. Pembahasan dan hasil

Bagian pembahasan dan hasil merupakan bagian yang sangat penting di dalam pembahasan anda harus membahas isi dari tema yang telah ansa pilih secara tuntas dan lengkap. Di dalam pembahasan juga harus berisi analisis-analisis anda dari berbagai teori penelitian terkait yang anda dapatkan.

7. Pembagian Poin-poin

Nah di dalam membuat paper anda harus menuliskan poin-poin sesuai dengan bagian-bagian yang anda bahas sesuai dengan rumusan masalah yang telah tentukan. Misalnya pembahasan tentang koperasi, apa itu koperasi dan apa fungsi koperasi kedua masalah tersebut anda harus memisahkan ketika ingin menyelesaikan permasalahan tersebut.

Baca Juga: Pengertian Daftar Pustaka, Fungsi, Unsur-unsur dan cara penulisanya

8. Daftar Pustaka atau Referensi

Setiap membuat karya tulis ilmiah atau yang lainnya pasti terdapat sumber atau rujukan termasuk membuat paper. Sehingga anda tidak boleh melupakan sumber tersebut agar nantinya anda dapat menuliskan pada bagian daftar pustaka. Daftar pustaka bertujuan agar peper yang anda buat dapat di percaya.

Nah itu pembahasan dari paper, mulai dari pengertian, unsur-unsur paper, struktur paper, langkah-langkah dalam membuat paper dan jenis-jenis paper. Nah semoga anda dapat memahami artikel ini dan menambah wawasan pengetahuan tentang peper anda dan dapat membuat paper anda sendiri. Jangan lupa di share sekian dan terimakasih.