Struktur Proposal Penelitian dan Sistematika Proposal

By | 13 Juli 2019

Struktur Proposal Penelitian

Dalam menyusun struktur proposal penelitian ada banyak sekali model dan sistem yang harus di perhatikan. Namun yang harus di ikuti dan mudah di ikuti hanya ada tiga bagian yaitu bagian awal atau pembuka, bagian utama dan bagian akhir atau bagian penutup.

Proposal penelitian adalah sebuah rencana pelaksanaan penelitian yang di tuangkan dalam bentuk tulisan yang di jelaskan secara sistematis dan terstruktur. Pada umumnya proposal penelitian di gunakan untuk pedoman atau panduan dalam penelitian yang telah di rencanakan.

Dalam menyusun komponen proposal peneltian kita harus memperhatikan banyak komponen penting yang terdapat di dalam proposal penlitian mulai dari halaman judul proposal penelitian, latar belakanga proposal, komposisi bab proposal, kerangka usulan penelitian hingga bagian penutup dari proposal

Baca Juga: Pengertian Artikel

Contoh Struktur Proposal Penelitian Yang Baik dan Benar

Setiap struktur proposal berbeda beda sesuai dengan jenis-jenis proposal. di antara struktur proposal adalah struktur proposal kegiatan, struktur proposal proyek, struktur proposal penelitian hingga susunan proposal usaha. Namun pada umumnya sama terdapat bagian pembukan, bagian utama dan bagian akhir. Nah berikut ini Struktur Proposal Penelitian.

1. halaman judul proposal penelitian (Sampul)

Halaman judul proposal penelitian sangatlah penting di mana sampul berisi tentang informasi penting proposal penelitian di antarnya jenis penelitian yang ingin di laksanakan, logo perusahaan atau universitas yang melakukan penelitian, hingga tempat dan waktu penelitian di lakukan.

2. Halaman Persutujuan

Di dalam halaman persetujuan terdapat judul usulan penelitian, halaman meminta persetujuan dari dosen pembimbing, tempat tanda tangan dosen pembimbing hingga waktu persutujuan dari dosen pembimbing.

3. Daftar isi

Daftar isi adalah sebuah halaman proposal yang menjadi petunjuk isi pokok dari sebuah proposal. pada halaman daftar isi juga tertulisa pagian-bagian pokok beserta halaman yang terdpat di dalam sebuah proposal. ibaratnya daftar isi ini bisa di sebut peta konsep.

3. Latar Belakang

Pada halaman latar belakang tertulis hal – hal yang mengenai kejadian, keadaan serta hal-hal yang melatar belakangi pelaksanaan kegiatan penelitian.

4. Perumusan masalah

Pada halaman rummusan masalah biasanya berisi permasalahan-permasalahan dari pembahsan di dalam penelitian.

5. Tujuan Penelitian

Dalam melaksanakan kegiatan penelitian tentu memiliki tujuan yang tertentu. Nah tujuan penelitian tersebut harus di letakan di dalam proposal penelitian. Tujuan penelitian harus di tulis secara persuasive dan rasional agar pembaca dapat tertarik membacanya.

6. Manfaat penelitian

Setelah menetahui tujuan dari penelitian tentu penelitian juga memiliki manfaat dari pelaksanaannya. Manfaat penelitian ini juga harus di masukkan di dalam pembuatan proposal untuk menggambarkan dari hasil yang akan di peroleh dari pelaksanaan penelitian.

7. Landasan Teori

Landasan teri menjadi salah satu bagian struktur proposal yang cukup penting. Di mana landsan teori proposal berisi tentang teori-teori dan hasil penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan masalah penelitian yang telah di rumuskan.

8. Metode Penelitian

Dalam melaksanakan penlitian harus memiliki metode untuk penlitian demi melancarkan pelaksanaan penelitian. Metode penlitian juga di tulis dalam proposal yang di dalamnya berisi metode atau cara yang di gunakan untuk pelaksanaan penelitian dan juga memasukkan teknik dalam mengumpulkan data.

9. Kerangka Penulisan

Kerangka penulisan proposal penelitian menjadi bagian yang paling vital karena di dalam kerangka penulisan terdapat tiga bagian-bagian yang sangat penting di antaranya bagian pendahuluan, bagian isi hingga bagian penunjang yang di dalamnya terdapat lampiran dan dapus (daftar pustaka).

Sistematika Proposal

1. Latar Belakang

2. Masalah dan Tujuan

3. Ruang Lingkup Kegiatan
a. Objek
b. Jenis-jenis Kegiatan

4. Kerangka Teoretis dan Hipotesis

5. Metode

6. Pelaksanaan Kegiatan
a. Penanggung Jawab
b. Susunan Personalia

7. Fasilitas yang Tersedia
a. Sarana
b. Peralatan

8. Keuntungan dan Kerugian
a. Keuntungan-keuntungan
b. Kemungkinan kerugian

9. Lama Waktu dan Tempat Pelaksanaan
a. Waktu
b. Tempat

10. Anggaran Biaya

11. Daftar Pustaka

12. Lampiran-lampiran

13. Sistematika proposal penelitian adalah

  1. Latar Belakang Masalah
  2. Perumusan Masalah
  3. Tujuan Penelitian
  4. Manfaat Penelitian
  5. Landasan Teori
  6. Metode Penelitian
  7. Kerangka Penulisan Laporan

Demikianlah artikel mengenai susunan Struktur Proposal Penelitian dan susnan Sistematika Proposal yang baik dan benar. semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *