Pengertian Proposal: Tujuan, Struktur, Manfaat dan Unsur Unsur Proposal

Pengertian Proposal

Pengertian proposal adalah sebuah rencana kegiatan yang di tuangkan dalam bentuk tulisan dan di jelas kan secara terperinci dan sistematis. Pada umumnya proposal di di jadikan sebagai pedoman atau acuan dalam pelaksanaan kegiatan yang telah di rencanakan agar kegiatan dapat terstruktur dan berjalan dengan baik.

Baca Juga: Pengertian Penelitian dan Jenisnya

pengertian proposal menurut kbbi adalah rencana yang di tuangkan dalam bentuk rancangan kerja. definisi proposal secara bahasa yaitu proposal di ambil dari kata bahasa inggri yaitu propose yang artinya pengajuan atau permohonan. Maksudnya adalah seseorang yang mempunya ide gagasan dan mengajukan pada pihak lain untuk mendapatkan suatu dukungan dapat berupa dana, ijin, persetujuan dan lain-lain. (Baca Juga: Pengertian Puisi)

Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

Untuk membntu dan memperjelas pengertian proposal di atas anda dapat melihat pengertian proposal menurut para ahli berikut ini.

1. Hasnun Anwar

Definisi proposal menurut Hasnun Anwar adalah sebuah rencana yang di susun dalam bentuk tulisan untuk kegiatan rencana kerja.

2. Jay

Pengertian proposal menurut ahli jay adalah sebuah alat bantu dalam manajemen standar untuk manajemen organisasi yang dapat berfungsi secara efektif dan efisien.

Tujuan Proposal Secara Umum

Proposal dibuat tentu memiliki tujuan tertentu . tujuan proposal secara umum di buat untuk mendapatkan ijin persetujuan dari rencana kegiatan yang ingin di lakukan. Tujuan lain proposal dibuat adalah untuk permohonan dana atau sponsor dari pihak tertentu dengan kerja sama tertentu dengan pihak lain.

Isi proposal secara umum adalah setiap rincian dari kegiatan yang ingin di lakukan terutama mengenai dana yang di butuhkan kegiatan. Oleh karena semua isi yang dalam kegiatan harus mudah di pahami dan di mengerti oleh pihak yang ingin di mintai ijin atau bantuan dana.

Usur unsur proposal

Setiap proposal tentu memiliki unsur – unsur yang penting di mana isinya berbeda – beda sesuai dengan jenis proposal yang di buat. Tentu proposal bisnis berbeda dengan proposal penelitian. Berikut ini unsur unsur yang terdapat di dalam proposal.

Baca Juga: Pengertian PAPER: Struktur, Jenis, dan Langkah2 Pembuatanya

1. Unsur unsur Proposal Penelitian

  • Latar belakang masalah
  • Rumusan masalah
  • Tujuan penelitian
  • Hipotesis
  • Asumsi penelitian
  • Manfaat penelitian
  • Ruang lingkup penelitian
  • Kajian pustaka
  • Definisi operasional

2. Unsur Unsur Proposal Kegiatan

  • Pendahuluan (Latar Belakang Masalah)
  • Masalah atau Perumusan Masalah
  • Tujuan Proposal
  • sasaran
  • Teknik Pelaksanaan
  • Jadwal Pelaksanaan
  • anggaran
  • penutup

Struktur Proposal Secara Umum

Baca Juga: Struktur Proposal Sesuai Urutan

  1. Sampul Proposal
  2. Latar Belakang Kegiatan
  3. Nama Kegiatan
  4. Tema Kegiatan
  5. Tujuan Kegiatan
  6. Jenis Kegiatan
  7. Sarana Promosi
  8. Estimasi Anggaran
  9. Penutup
  10. Susunan Kepanitiaan

Fungsi Proposal Secara Umum

Setelah membahas struktur proposal dan dan tujuan proposal tentu proposal juga memilik fungsi dari pembuatannya baik untuk pembuat dan proposal dan penerima proposal. Nah berikut ini fungsi proposal.

  1. Pada bidang penelitian proposal berfungsi untuk dasar dalam melakukan penelitian baik berhungan dengan agama, social, politik dan bidang – bidang lainnya.
  2. Pada bisang bisnis proposal berfungdi untuk menggambarkan tentang pendirian perusahaan atau usaha.
  3. Dalam bentuk kegiatan proposal berfungsi untuk memberikan gamabaran kegiatan, mengajukan izin atau permintaan dan sumbangan untuk pelaksanaan kegiatan.
  4. Dalam bentuk proyek proposal berfungsi untuk dasar melakukan tender baik dengan lembaga ataupun pemerintahan.

Baca Juga: Kaidah Kebahasaan Proposal

Jenis jenis proposal

Jenis-jenis proposal secara umum ada empat sesuai dengan fungsi proposal di atas. Berikut ini jenis-jenis proposal.

1. Proposal kegiatan

Proposal kegiatan adalah proposal yang paling sering di buat baik oleh individu maupun kelompok. Tujuan proposal kegiatan adalah untuk meminta izin kepada pihak tertentu atau meminta dana atau sponsor yang dapat menunjang kegiatan nantinya. Dengan adanya proposal kegiatan dapat membantu dalam menyusun rencana dalam program kegiatan.

2. Proposal bisnis

Proposal bisnis atau usaha adalah salah satu jenis proposal yang di buat untuk kegiatan bisnis atau usaha atau dalam dunia kerja baik secara individu maupun kelompok. Proposal bisnis dibuat untuk menggambabarkan usaha atau bisnis yang akan di jalan dan di perlihatkan kepada pihak yang ingin di ajak dalam bekerja sama.

3. Proposal penelitian

Proposal penelitian merupakan salah satu jenis proposal yang dibuat dalam bidang akademik. Jenis proposal penelitian di ajukan untuk melakukan suatu riset penelitian mengenai topic ilmu pengetahuan. Proposal penelitian dapat berupa penelitian pengembangan, Kualitatif dan kuantitatif.

4. Proposal proyek

Proposal proyek adalah proposal yang juga sangat berkatian denga dunia bisnis atau usaha. Jenis proposal proyek sedikit dekat dengan proposal bisnis. Perbedaanya adalah proposal proyek lebih di fokuskan dalam proyek usaha dan pengajuan pembangunan dan sejenisnya.

Baca Juga: Ciri-ciri Propasal yang baik dan Benar

Contoh Proposal

Untuk membantu anda dalam membuat sebuah proposal berikut ini contoh proposal yang di jelaskan dalam bagian-bagian proposal.

1. Surat pengantar proposal

Surat pengantar proposal ini adalah bagian proposal yang di berikan kepada pihak yang ingin dimintai izin pihak lain yang ingin menerima proposal. isi dari surat pengantar proposal adalah penjelasan singkat tentang proposal yang di berikan.

2. Kata Pengantar Proposal

kata pengantar proposal adalah pembukaan pada proposal kegiatan. kata pengantar proposal biasanya di letakkan pada awal proposal sebelum daftar isi.

3. Daftar Isi Proposal

Daftar isi proposal adalah keterangan atau judul-judul besar yang tentang isi dari proposal. daftar isi proposal berfungsi untuk memudahkan pembaca mengenai apa saja yang di bahas di dalam suatu proposal.

4. Penutup Proposal

Penutup proposal adalah bagian akhir dari proposal sebelum lampiran. di dalam penutup proposal terdapat kesimpulan dari materi -materi yang di bahas di dalam proposal.

5. Lampiran Proposal

Lampiran proposal adalah bagian paling akhir dari pembuatan proposal. isi dari lampiran priposal adalah susunan panitia, gambar dan berbagai infomrasi dari proposal yang di buat untuk membantu pembaca mengetahui informasi pembuatan proposal.

Demikianlah artikel mengenai pengertian proposal, jenis jenis proposal, unsur unsur proposal, tujuan proposal, struktur proposl hingga contoh proposal. semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat kepada anda.