Pengertian Sekresi: Ekskresi dan Pengertian Defekasi

By | 25 Januari 2020

Pengertian Sekresi, Ekskresi, Defekasi – Halo sobat para pencari ilmu, kali ini kita akan membahas tentang materi yang berkaitan dengan biologi (Baca Juga: Manfaat biologi di bidang kedokteran) yaitu pengertian sekresi, pengertian ekskresi dan pengertian defekasi. Nah ketika mendengar ketiga kata tersebut mungkin kalian sulit membedakan dari ketiga kata tersebut.

pengertian-sekresi

Nah pada artikel kali ini penaindo.com akan memberikan penjelasan dari setiap kata sekresi, ekskresi dan defekasi. Ketiga kata tersebut berkaitan dengan pengeluaran zat dari organ tubuh makhluk hidup. Perbedaan dari ketiga kata tersebut terletak pada jenis zat yang di keluarkan. Nah langsung saja berikut pengertian sekresi, ekskresi dan pengertian defekasi.

Pengertian Sekresi

Sekresi merupakan suatu proses pengeluaran zat yang di lakukan oleh kelenjar kemudian zat tersebut masih di gunakan di dalam tubuh, zat yang di keluarkan tersebut dapat berupa enzim serta hormon.

Sistem ekskresi pada manusia melibatkan semua alat ekskresi secara keseluruhan. Apa saja alat ekskresi? Alat ekskresi terdiri dari kulit, paru-paru, ginjal dan hati. Zat – zat sisa yang di keluarkan oleh alat ekskresi berasal dari semua proses metabolisme.

Kemudian apa saja yang di keluarkan alat ekskresi? Mulai dari kulit mengeluarkan keringat, urin mengeluarkan air kencing, hati mengeluarkan zat empedu dan paru-paru mengeluarkan karbon dioksida.

Artikel Terkait: Pengertian Biologi

Pengertian Ekskresi

Pengertian ekskresi adalah suatu proses mentransaksikan metabolisme. Proses tersebut di lakukan cara zat -zat di serap dan di bawah oleh darah kemudian di keluarkan oleh urin, pernafasan serta keringat.

Pengertian Defekasi

Pengertian defekasi adalah sebuah proses menghilangkan zat sisa yang tidak lagi di butuhkan dan dapat mengganggu pencernaan. Zat tersebut berupa tinja atau kotoran melalui anus.

Demikianlah artikel tentang pengertian sekresi, pengertian ekskresi dan pengertian defekasi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kepada pembaca.