Proses Sosial Adalah: Pengertian, Bentuk dan 4 ContohNya

By | 16 Oktober 2019

Proses Sosial Adalah

Proses Sosial adalah sebuah perilaku dalam metode yang di lakukan suatu kelompok atau individu untuk melakukan interaksi antara kelompok atau individu lainNya. Dalam pengertian lain nya Proses sosial adalah sebuah bentuk yang di mana interaksi sosial dapat menghasilkan  yang khusus atau khas.

Proses sosial ini sangat sering terjadi di lingkungan kita, salah satu contoh proses sosial adalah kerja sama yang merupakan proses sosial yang bersifat asosiatif maksudnya adalah keteraturan sosial. Contoh lain adalah dalam berkompetisi yang proses sosial nya bersifat disosiatif yang mengarah ke kekacauan.

Baca Juga: Pengertian Muktamar

Nah itulah pengertian proses sosial secara umum, mungkin kamu belum mengetahuinNya, sebenarnya pengertian proses sosial ada banyak namun memiliki tujuan dan maksud yang sama. Nah jika anda belum yakin dengan pengertian di atas kamu juga dapat melihat pengertian proses sosial menurut beberapa pakar atau para ahli berikut ini.

Baca Juga: Pengertian Sosiologi

Pengertian Proses Sosial menurut Para ahli

Untuk menunjang atau memperjelas pengertian proses sosial di atas kita bisa melihat pengertian lainnya menurut para ahli. Berikut ini pengertian proses sosial menurut beberapa para ahli.

1. Maclver

Menurut Maclver, proses sosial adalah sebuah bentuk atau pola perilaku yang di mana relasi sosial antara anggota atau kelompok dalam menghasilkan sebuah karakteristik yang memiliki khas tersendiri. Salah satu contoh karakteristik khas adalah berkembang atau mundur, disintegrasi atau integrasi dan sejenisnya.

2. Ginsbers

Pengertian proses sosial adalah sebuah cara-cara berinteraksi yang di lakukan kelompok atau individu baik itu bekerja sama, diferensiasi, integrasi, konflik, pengeroposan hubungan sosial dan pengembangan.

3. Gillin

Gillin berpendapat, proses sosial adalah mendeskripsikan metode-metode interaksi yang dapat kita amati pada saat kelompok atau individu mampu menciptakan atau membangun sistem relasi atau ketika terjadi perubahan dalam pola kehidupan.

Baca Juga: Unsur-unsur berita

Bentuk-bentuk proses Sosial

Setelah kita membahas pengertian proses sosial secara umum dan pengertian proses sosial menurut para ahli di atas, kita akan membahas Bentuk-bentuk proses sosial. Nah berikut ini bentuk-bentuk proses sosial.

1. Kompetisi

Kompetisi adalah sebuah kegiatan dalam mempertahankan sumber daya yang ada baik itu secara fair atau pun tidak. Pada umumnya sumber daya yang di perebutkan tersebut sifatnya terbatas, sehingga masyarakat berlomba-lomba dalam mendapatkan dan mengumpulkan sumber daya. Di dalam lingkungan masyarakat kita dapat melihat masyarakat mengambil sumber daya secara fair atau pun tidak. Namun ada saja cara-cara yang di lakukan untuk meraih tujuan nya.

2. Konflik

Konflik, ketika sekelompok masyarakat atau individu dalam mengambil sumber daya dan pada saat proses pengambilan sumber daya tersebut terdapat juga sekelompok yang ingin mengambil sumber daya tersebut, sehingga kelompok lain mencari cara untuk menjegal atau menghalangi kelompok atau individu dalam mengambil sumber daya.

3. Akomodasi

Di dalam pengambilan sumber daya terdapat konflik antara kelompok atau individu, Nah akomodasi ini adalah cara untuk menyelamatkan konflik yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat. Nah setiap hubungan sosial yang dapat menyebabkan konflik dapat di redam, nah cara yang di lakukan untuk meredam konflik di sebut akomodasi.

4. Asimilasi

Bentuk prosa sosial lainnya adalah asimilasi. Asimilasi adalah sebuah proses sosial di mana kelompok atau individu yang memiliki karakteristik kultural yang berbeda bertemu dengan kelompok masyarakat lainnya sehingga terjadi keselarasan di antara mereka. Mereka dapat hidup berdampingan dengan melakukan interaksi dan bersosialisasi sesama mereka.

Contoh Proses Sosial

Berikut ini contoh-contoh proses sosial sesuai dengan bentuk-bentuk proses sosial di atas

  • Kompetisi: Ketika seorang calon mahasiswa ingin mengikuti seleksi untuk masuk universitas yang di inginkan dengan cara menggunakan jasa calo atau biasa di sebut dengan orang dalam.
  • Konflik:Misalnya dalam pertandingan sepak bola, ketika pemain A melanggar Pemain B dan Pemain A di berikan kartu merah oleh wasit, namun ternyata pemain B melakukan diving atau pura-pura jatuh dan Pemain C melihat aksi diving pemain B dan Pemain C melakukan protes keras kepada wasit, sehingga aksi dorong mendorong terjadi.
  • Akomodasi: Kembali lagi contoh ini di ambil dalam pertandingan sepak bola, ketika pemain A melakukan tendangan bebas dan Masuk kegawang, namun karena tendangan nya murang baik sehingga mengenai mistar gawang terlebih dahulu sehingga bola terpantul keluar dan hanya mengenai garis dalam gawang sehingga tim mengaggap itu gol dan tim B mengaggap tidak gol. Nah wasit di sebagai penengah dan melihat rekaman kembali dan wasit menentukan gol atau tidak.
  • Asimilasi: Seorang suku bugis yang berpindah tempat ke suku jawa, yang duluNya seorang suku Bugis tersebut tidak tau bahasa jawa, namun karena telah lama di lingkungan suku jawa dia menjadi Pasih dalam berbahasa jawa.

Nah itulah 4 contoh proses sosial sesuai dengan bentuk-bentuk proses sosial, semoga bermanfaat dalam menyelesaikan permasalahan andam

Itulah sedikit penjelasan mengenai Artikel yang berjudul proses sosial adalah: Bentuk dan contohnya masing-masing. semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menyelesaikan permasalahan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *