Pengertian Teknologi, Jenis-jenis dan manfaat Teknologi

By | 16 Juni 2019

Pengertian Teknologi, Manfaat Teknologi, Jenis-Jenis Teknologi – Mungkin anda sudah tidak asing di telinga anda dengan kata teknologi . ketika mendengar kata teknologi yang terlintas di pikiran anda adalah kemajuan, modern dan kemudahan dalam melakukan sesuati. Oleh karena itu manfaat teknologi banyak di rasakan oleh umat manusia saat ini. (Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer)

Dengan terciptanya teknologi semua pekerjaan yang berat dan sulit menjadi lebih mudah untuk di lakukan. Salah satunya adalah mencari informasi menjadi lebih cepat hanya membuatuhkan waktu menit bahkan seditk pun bias. Dengan adanya teknologi juga dapat membantu kita untuk menemukan berita atau peristiwa tertentu. Baik itu di tempat jauh bahkan yang terjadi di luar Negara pun bisa di dapatkan dengan bantuan teknologi.

Dengan keuntungan yang kita dapat dari teknologi. Tidak menghalangi kita untuk tidak tahu apa itu teknologi, apa pengertian teknologi. Ada banyak orang di luar sana belum mengetahu apa itu teknologi. Mungkin anda salah satu dari mereka. Nah pada artikel kali ini saya akan memberikan penjerlasan mengenai teknologi. Mulai dari pengertian teknologi, pengertian teknologi menurut para ahli, jenis-jenis teknologi hingga manfaat teknologi bagi kehidupan manusia.

Baca Juga: Pengertian database

Pengertian teknologi secara umum

Pengertian teknologi terdapat berapa pengertian karena pengertian teknologi itu sangatlah luas. Pengertian tekologi adalah suatu studi atau ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai keterampilan dalam membuat atau menciptakan barang yang dapat digunakan dan membantu untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Pengertian lain dari pengertian teknologi adalah ilmu yang berhubungan dengan menciptakan suatu alat yang dapat membantu untuk mempermudah pekerjaan menusia. Penciptaan teknologi di awali denga adanya sumber daya alam yang di kelola dan menjadi bahan untuk penciptaan berbagai barang yang dapat mempermuh kehidupan manusia.

Sedangkan pengertian teknologi secara bahasa yaitu dari gabungan dua bahasa yaitu techne dan logos. Dalam bahasa yunani dapat diartiken techne yaitu keterampilan sedangkan logos memiliki arti sebagai ilmu. Nah jika di gambungkan defenisi teknologi adalah ilmu yang mempelajari keterampila. Dalam penggunaan istila teknologi di ambil dari bahasa inggris yaitu Technology yang di adopsi pada abad ke 21 berbarengan denga runtuhnya revolusi industiri kedua.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Ada banyak sekali Pengertian Teknologi, dan pengertian teknologi juga banyak di keluarkan oleh para ahli dan semua defenisis teknologi yang di leuarkan oleh para ahli berbeda-beda. berikut ini pengertian teknologi menurut para ahli.

Baca Juga: Pengertian Komputer

1. Read Bain (1937)

Read bain berpendapat bahwa pengertian teknologi adalah sesuatu yang cakup semua alat, perllengkapan, peralatan, mesin, perumahan, pakaian, senjata, transportasi dan komunikasi serta keterampilan yang dapat di hasilkan atau di ciptakan oleh manusia.

2. Naisbit (2002)

Naisbit ikut mengeluarkan argument mengenai pengertian teknlogi. Pengertian teknologi menurut naisbit adalah objek dan benda-benda yang di ciptakan oleh manusia yang berbeda dari manusia biasa.

3. Miarso (2007)

Menurut Miarso mengenaani pengert teknologi adalah salah satu bentuk proses yang dapat meningkatkan di lai tambah. Maksudnya adalah proses yang berjalan yang di lakukan oleh manusia dapat menghasilkan benda-benda atau peralatan yang memiliki nilai yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan manusia.

4. Ursula Franklin (1989)

Menurut pendapat Ursula Franklin (1989) mengenai pengertian teknologi adalah bagai seorang manusia mampu menciptakan suatu benda di dunia ini. Yang dapat membantu pekerjaan manuisa agar lebih mudah.

5. Joyohadikusumo (1994)

Menurut joyohadikusumo (1994) mengenai pengertian teknologi adalah suatu bidang yang sangat berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan serta ilmu teknik rekayasa. Dengan demikian teknologi dapat di katakana sebagai dua dimensi yaitu ilmu pengetahuan dimensi dimensi ilmu teknik.

6. Sardar (1987)

Sedangkan menurut Sardar (1987) pengertian teknologi adalah suatu solusi atau sarana untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada peradaban manusia saat ini. Dengan demikina jika teknologi tidak ada maka dapat terjadi banyak masalah pada perdaban manusia. Sehingga dengan hadirnya teknologi dapat membantu mencegah dan menyelesaikan masalah yang terdapat pada perdaban manusia.

7. Rogers (1994)

Menurut Rogers (1994) tentang pengertian teknologi adalah desai suatu langkah yang sangat penting untuk mengurangi keraguan mengenai hubungan sebab akibat untuk mendapatkan hasil yang di inginkan.

8. Toynbee (2004)

Menurut Toynbee (2004) mengenai teknologi adalah suatu karakteristik dari keberdaan kemuliaan umat manusia. Di mana Toynbee (2004) membuktikan jika manusia hidup bukan hanya untuk makan. Akan tetapi manusia membutuhkan lebih dari itu. Dan selanjutnya menurut Toynbee (2004) jika teknologi dapat konstituen non materi pada manusia, perasaan, ide, pikiran, intuisi dan juga ideal.

9. Manuel Castells (2004)

Menurut Manuel Castells (2004)tentang pengertian teknologi adalah sekumpulan alat prosedur serta aturan dalam penerapan ilmu pengetahuan ilmia dalam pekerjaan tertentu dan dalam kondisi yang memungkinka pengulangan.

10. Merriam Webster

Pengertian teknologi menurtu Merriam Webster adalah suatu implementasi atau aplikasi mengenai ilmu pengetahuan praktis. Dengan implementasi ini dapat juga di alihkan ke ruang lingkup tertentu.

Jenis-Jenis Teknologi

Pada zaman sekarang ini hampir semua jenis teknologi sudah dapat di rasakan oleh umat manuisa. Ada juga jenis teknologi yang berdapak buruk dan berdampak positif. Berikut ini jenis-jenis teknologi yang sudah di rangkup secara lengkap.

1. Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi adalah teknologi yang dapat membantu manusia dalam berkomunikasi dari tempat jauh sekalipun. Teknologi komunikasi ini adalah suatu teknologi yang dapat di gunakan oleh manusia untuk mengirikan suatu informasi dengan alat teknologi tertentu. Pada saat sekarang ini ada banyak alat telekomunikasi yang dapat digunakan untuk mengirimkan pesan berupa suara atau teks contoh nya adalah telepon, smartphone, email, mesin fax dan lain sebagainya.

2. Teknologi Informasi

Teknlogi informasi adalah sebuah teknologi yang dapat membantu manusia untuk mengirimkan informasi atau menerima infomrasi kepada orang lain maupun dari orang lain. Teknologi informasi hamper mirip dengan teknologi komunikasi namun teknologi informasi sifatanya adalah umum. Maksudnya adalah informasi yang di kirimkan bersifat public dan dapat di lihat oleh semua orang.

Pada zaman sekarang ini teknologi informasi sudah banyak dan dapat di gunakan oleh manusia contoh dari teknologi informasi adalah televise,radio, media online dan lain-lain. Dengan adanya teknologi informasi ini manusia dapat dengan mudah mencari informasi baik itu dari dalam negri maupun dari luar negri sekalipun.

3. Teknologi Transportasi

Jenis teknlogi selanjutnya adalah teknologi transportasi. Teknlogi transportasi adalah teknologi yang dapat membantu manusia untuk berpindah tempat dengan mudah. Teknologi transportasi dapat membantu manusia berpindah tempat dari tempat yang satu ketempat yang lainya. Dengan adanya teknlogi transfortasi ini manusia dapat bepergian ketempat yang lebih jauh tanpat kahwatir kelelahan. Contoh dari teknologi transfortasi adalah mobil,motor,pesawat dan lain sebagainya.

4. Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan adalah teknologi yang berhubungan dengan pendidikan di mana pada proses pendidikan di manfaat kan untuk membantu jalanya proses pendidikan. Contoh teknologi pendidikan adalah computer, laboratorium sekolah, buku, pena, dan lain-lain sebagainya.

5. Teknologi Medis

Teknologi medis adalah teknologi berkaitan dengan dunia kedokteran. Di mana teknologi yang di gunakan dapat membantu dokter atau staf rumah sakit untuk menangani atau melayani pasien. Teknologi yang di gunakan dalam rumah sakit adalah computer, alat suntik, tetescop, infus, alat USG,alat X-ray dan lain sebagainya.

6. Teknologi Konstruksi

Jenis teknologi yang terakhir adalah teknologi konstruksi. Teknlogi konstruksi adalah suatu teknologi yang berkaitan erat dengan pembangunan struktur bangunan. Teknologi konstruksi ini sering di pakai oleh arsitek dalam membantu mereka untuk menggambar pola bangunan yang ingin ibuat. Contoh teknologi bangunan adalah metode kerja,alat-alat berat, aplikasi untuk menggambar dan lain sebagainya.

Manfaat Teknologi Bagi Kehidupan Manusia

Seperti yang di jelaskan pada awal-awal pragraaf dari artikel ini. Pada dasarnya sesuatu yang di ciptakan di dunia ini tidak sia-sia semua tentu memiliki manfaat. Termasuk dengan teknologi, teknologi di cipatkan memang untuk membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah dan ringan yang berpatokan pada pengertian teknologi. Nah berikut ini Manfaat Teknologi dalam Kehidupan Manusia.

1. Manfaat teknologi Dalam Bidang Informasi dan telekomunikasi

Manfaat teknologi yang paling signifikan dan paling tersa adalah pada bidang telekomuniasi dan informasi yang dapat di lakukan dengan cepat, mudah dan bianya terjangkau. Dengan adanya teknologi dalam bidang informasi dan telekomunikasi dapat membantu manusia mencari informasi dengan mudah dan cepat. Teknologi dalam bidang ini juga sangat membantu manusia dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Pada zaman dulu sebelum berkembangnya teknonologi manusia berkomunikasi menggunakan surat,telegram, dan telpon rumah. Namaun pada zaman sekarang sangat mudah berkomunikasi dengan adanya smartphone, aplikasi chating dan email menjadikan kemudahan manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain.

2. Manfaat teknologi Dalam Bidang Ekonomi dan Bisnis

Teknologi memberikan banyak sekali manfaat pada bidang teknologi dan bisnis. Dengan adanya teknologi manuisa sangat mudah melakukan proses berbisnis. Dengan keberadaan mesin ATM (Automated Teller Machine), internet banking, sms bangking dan fasilitas lainya sangat membantu pelaku bisnis dalam menjalankan bisnis mereka.

Dengan teknologi juga dapat mempercepat dan mempermudah pembelian dan pengiriman barang melalui belanja online. Belanja online sangat bermanafaat bagi manusia dengan adanya toko online dapat mempermudah manusia dalam berbelanaja tidak perlu lagi keluar rumah ketika ingin membeli suatu barang.

3. Manfaat teknologi Dalam Bidang Pendidikan

Teknologi juga memberikan kemudahan pada bidang pendidikan. Dengan adanya teknologi dalam pendidikan proses pemberlajaran sangat mudah di lakukan dengan bantuan e-learning system. Dengan adanya system pembelajatan e-learning system siswa dapat menerima pembelajaran tidak perlu hadir di lokasi pembelajaran cukup dengan membuka aplikasi atau website untuk mengakses materi-materi bermanfaat.

4. Manfaat teknologi Dalam Bidang Transportasi

Teknologi banyak memberikan manfaat pada bidang transportasi. Dengan adanya teknologi transportasi dapat membantu manuisa untuk berpidah tempat dari lokasi satu ke lokasi lain. Teknologi dalam bidang transportasi juga mempermudah proses memindahkan barang dari tempat satu ke tempat lainya. Dengan adanya transportasi seperti mobil, motor, pesawat, kereta dapat mempermudah proses perjalanan manusia.

5. Manfaat teknologi Dalam Bidang Medis

Manfaat teknologi juga perpengaruh pada bidang medis. Di mana dengan bantuan teknologi pihak medis mampu menemukan metode, mesin, obat-obatan dan peralatan lain yang dapat membantu dokter dan pihak medis dalam proses pengobatan pasienya.

Itulah penjelasan singkat dari pengertian teknlologi, manfaat teknologi, jenis-jenis teknologi yang sering di manfaat kan manusia saat ini. Dengan adanya artikel ini semoga dapat memberikan manfaat dan wawasan bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *