Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Apa Pengertian Jaringan Komputer? Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang di dalamnya terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling tersambung dan terhubung antara satu sama lain dengan melalui suatu media transmisi atau media komunikasi agar dapat saling sharing data baik aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer lain-Nya.

Pengertian Jaringan Komputer lain-Nya adalah suatu jaringan yang juga saling berhubungan langsung antara penyampaian pesan yang dapat dilakukan dengan melalui beberapa titik nodes yang saling terhubung satu sama lain dengan kabel maupun tanpa kabel.

Jaringan tersebut dapat digunakan oleh komputer ataupun telepon untuk mengantarkan atau menyampaikan suatu pesan melalui beberapa sistem yang terdapat pada komputer atau telepon itu sendiri. (Baca Juga: Pengertian database)

Manfaat Jaringan Komputer Bagi Perusahaan

Segala sesuatu yang di ciptakan oleh Allah yang ada di dunia ini tentu saja memiliki manfaatnya masing-masing termasuk teknologi yang di rakit oleh manusia pasti dengan tujuan tertentu yaitu untuk mempermudah pekerjaan manusia. Nah pada saat ini kita membahas jaringan komputer. jaringan komputer sendiri tentu memiliki maksud dari penciptaanya. Berikut ini manfaat dari jaringan komputer.

1. Mempermudah sharing files

Manfaat jaringan komputer bagi perusahaan adalah mempermudah berbagi files antara sesama perusahaan. Setiap perusahaan atau organisasi memilik banyak sekali dokumen-dokumen penting yang harus di lihat dan di periksa setiap divisi atau cabang. Dengan adanya jaringan komputer ini dapat membantu perusahaan untuk berbagi dokumen dengan mudah dan cepat.

2. Menjaga data-data yang sifatnya rahasia

Setiap perusahaan memiliki dokumen rahasia yang harus di jaga kerahasiaannya dan tidak boleh di lihat oleh pihak lain. Nah dengan adanya jaringan komputer ini dapat membantu perusahaan dalam menjaga dokumen-dokumen rahasia dari setiap perusahaan.

3. Memudahkan komunikasi anatar cabang divisi perusahaan

Setiap perusahaan memiliki anak cabang divisi perusahan, nah divisi ini tentu harus selalu di kontrol oleh perusahaan induknya dan komunikasi antara perusahaan induk dengena divisinya harus lancar. Dengan adanya jaringan komputer ini dapat membantu perusahaan untuk mengontrol dan berkomunikasi dengan divisinya.

Baca Juga: Pengertian Brainware

4. Mempercepat arus informasi

Bagi perusahaan baik yang sudah maju maupun berkembang tentu membutuhkan sebuah informasi. Dengan adanya jaringan komputer ini dapat membantu perushaan atau instansi untuk mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat.

Fungsi Jaringan Komputer

Seteleha kita membahas manfaat jeringan komputer bagi perusahaan kita akan membahas manfaat jaringan komputer secara umum. Nah berikut ini manfaat jaringan komputer secara umum.

1. Membagi sumber daya

Dengan adanya jaringan komputer dapat menjadi sarana untuk membagi sumber daya yang. Sumber daya yang di maksud adalah dapat berupa perlengkapan komputer misalnya printer dan sumber daya yang ada dapat berupa file-file dan program atau software komputer.

2. Reliabilitas tinggi

Dengan jaringan kita dapat mengcopy data-data atau file-file penting antara satu komputer dengan komputer lainnya atau lebih dari banyak komputer. dengan begitu kita dapat mengatasi kerusakan data pada komputer lain. Ketika komputer lain mengalami kerusakan data maka kita dapat menggunakan data pada komputer lainnya.

3. Menghemat uang

Dengan adanya jaringan komputer kita dapat menghemat peralatan komputer yang harus di gunakan. Contohnya printer satu printer dapat digunakan oleh banyak orang sehingga tidak usah membeli printer lain dengan ini kita dapat menghemat bianya pembelian komputer.

4. Sarana Komunikasi

Dengan bantuan jaringan komputer kita dapat berkomunkasi dengan mudah contoh nya ketika perusahaan ingin ingin mengadakan rapat maka manajer tidak perlu lagi mengirim surat kepada bawahannya. Pimpinan perusahaan dapat mengumumkan dengan bantuan jaringan komputer.

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Ada banyak sekali jenis-jenis komputer sesuai dengan luas jangkauanya di antaranya PAN (personal area network), LAN (Local area network), MAN (Metropolitan area network) dan WAN (wide area network). Jenis-jenis jaringan tersebut berdasarkan luas area. Berikut ini penjelasan jenis-jenis jaringan komputer.

1. PAN (personal area network)

PAN adalah jaringan komputer yang digunakan untuk transmisi data antra prangkat pribadi misalnya tablet, leptop, komputer pribadi hingga smartphone, konsol game dan prangkat hiburan lain-nya. Jaringan komputer jenis ini dapat memeberikan flexibilitas tinggi misalnya dengan mengirimkan dokumen dari prangkat lain.

2. LAN (Local area network)

LAN adalah suatu jenis jaringan yang sering di gunakan untuk menghubungkan komputer pribadi dengan dan workstation dengan komputer di dalam sebuah perusahaan atau sebuah pabrik yang menggunakan sumber daya misalnya printer secara bersamaan. Dan saling bertukar informasi antar komputer satu dan komputer lainnya.

3. MAN (metropolitan area network)

MAN hampir sama dengan LAN yang di mana MAN ini bentuk yang lebih besar dari LAN yang menggunakan teknologi yang sama dengan MAN. MAN dapat menghubungkan kantor-kantor yang saling berdekatan yang terdapat dalam satu kota. MAN sendiri dapat di gunakan dalam 1 kota dan bukan hanya satu lokasi saja.

4. WAN (wide area network)

WAN dapat mencakup area geografis yang lebih luas, bahkan WAN sendiri dapat mencakup antara Negara atau lebih gilanya lagi dapat mecakup antara benua. WAN adalah kumpulan dari mesin-mesin dengan tujuan untuk menjalankan aplikasi atau program pemakai. WAN dapat di katakana sebagai jaringan yang kita gunakan saat ini.

Baca Juga: Jenis-jenis Routing Lengkap dengan kelebihan dan kekurangan nya

5. WLAN (Wireless Local Area Network)

WLAN adalah jaringan yang tersambung tanpa menggunakan kabel. WLAN merupakan solusi pada komunikasi yang tidak dapat di lakukan menggunakan kabel. Dan pada saat ini WLAN sudah sering di gunakan karena dapat memberi kecepatan akses yang lebih di bandingkan dengan jaringan menggunakan kabel. terdapat dalam satu kota. MAN sendiri dapat di gunakan dalam 1 kota dan bukan hanya satu lokasi saja.

6. WAN (wide area network)

WAN dapat mencakup area geografis yang lebih luas, bahkan WAN sendiri dapat mencakup antara Negara atau lebih gilanya lagi dapat mecakup antara benua. WAN adalah kumpulan dari mesin-mesin dengan tujuan untuk menjalankan aplikasi atau program pemakai. WAN dapat di katakana sebagai jaringan yang kita gunakan saat ini.

7. WLAN (Wireless Local Area Network)

WLAN adalah jaringan yang tersambung tanpa menggunakan kabel. WLAN merupakan solusi pada komunikasi yang tidak dapat di lakukan menggunakan kabel. Dan pada saat ini WLAN sudah sering di gunakan karena dapat memberi kecepatan akses yang lebih di bandingkan dengan jaringan menggunakan kabel.

Macam Macam Jaringan Komputer

macam macam jaringan komputer jaringan komputer dapat di bedakan menjadi 4 berdasakan peranan, distribusi, jangkauan dan Berdasarkan media transmisi data. Berikut ini pembahasan mengenai macam macam jaringan komputer.

1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data

  • Jaringan terpusat
  • Jaringan terdistribusi

2. Berdasarkan jangkauan

  • Jaringan LAN
  • Jaringan MAN
  • Jaringan WAN

3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer

  • Jaringan Client-Server
  • Jaringan Peer-to-peer

4. Berdasarkan media transmisi data

  • Jaringan Berkabel (Wired Network)
  • Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Demikianlah artikel mengenai materi pengertian jaringan komputer mulai dari Pengertian jaringan komputer, manfaat jaringan komputer, jenis-jenis jaringan komputer, fungsi jaringan komputer dan macam-macam jaringan komputer. Semoga bermanfaat