Pengertian Workshop

Pengertian Workshop

Pengertian Workshop

Pengertian Workshop – Arti Workshop adalah sebuah kegiatan atau acara yang dilakukan oleh lebih dari dua orang yang memiliki keahlian pada suatu bidang. Workshop tersebut bertujuan untuk membahas sebuah permasalahan dan mengajarkan kepada beberapa orang yang mengikuti workshop tersebut. Workshop dapat diartikan sebagai gabungan dari praktek dan teori di dalam sebuah kegiatan.

Dalam pengertian workshop lainnya arti kata workshop adalah pertemuan yang dilakukan oleh beberapa orang pada bidang tertentu yang memiliki minat, keahlian, dan profesi pada bidang tertentu yang terlibat di dalam kegiatan dan diskusi untuk membahas proyek dan subjek tertentu.

Definisi workshop secara bahasa diambil dari kata work yang artinya kerja, dan shop yang artinya toko sehingga dapat disimpulkan bahwa workshop adalah sebuah kegiatan untuk menjual sebuah gagasan atau pengetahuan untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang diikuti oleh beberapa orang yang memiliki minat yang sama.

Artikel Terkait: Pengertian Seminar

Fungsi Workshop

Merujuk pada pengertian workshop di atas, dapat kita simpulkan beberapa fungsi dari workshop berikut ini yang perlu kamu ketahui.

  • Sebagai tempat untuk membangun kebersamaan
  • Sebagai tempat untuk menyampaikan permasalahan
  • Sebagai tempat untuk menyelesaikan permasalahan melalui diskusi
  • Tempat untuk mensosialisasikan sebuah program

Ciri-ciri Workshop

Salah satu ciri-ciri workshop adalah dihadiri oleh lebih dari beberapa orang yang di dalamnya terdapat ahli atau pakar di dalam bidang yang akan dibahas di dalam workshop yang akan dilaksanakan. Berikut ini ciri-ciri workshop.

  • Workshop umumnya dihadiri oleh beberapa ahli dan pakar pada bidangnya sesuai dengan topik yang akan dibahas.
  • Pembahasan yang akan dibahas berasal dari peserta workshop dan dikupas secara tuntas
  • Kegiatan workshop dilakukan secara dua arah atau musyawarah sehingga peserta di dalam workshop benar-benar aktif
  • Metode yang digunakan di dalam workshop adalah metode resource dan metode materials sehingga peserta diharuskan aktif agar kegiatan dapat mencapai hasil yang maksimal.

Baca Juga: Pengertian Musyawarah

Tujuan dan Manfaat Workshop

Pada umumnya workshop bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan umum kepada para peserta yang mengikuti workshop. Workshop juga bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk peda peserta workshop dengan menggunakan berbagai strategi sehingga dapat dijadikan acuan bagi para peserta workshop.

Workshop juga memiliki manfaat untuk menambah profesi bagi orang yang mengikuti kegiatan workshop dengan mendapatkan berbagai ilmu dari orang yang ahli pada bidang tertentu yang dibahas di dalam kegiatan workshop. Manfaat workshop juga dapat dijadikan sebagai wadah untuk membangun kerja sama dalam berbisnis.

Jenis workshop

Jenis-jenis workshop terbagi menjadi tiga yaitu jenis workshop berdasarkan sifatnya, jenis workshop berdasarkan waktunya, dan jenis workshop berdasarkan lembaga dan organisasinya. Berikut ini penjelasan ketiga jenis workshop tersebut.

Baca Juga: Pengertian Mukhtamar

1. Jenis Workshop berdasarkan Lembaga

Salah satu jenis workshop berdasarkan lembaga nya adalah workshop yang diadakan oleh sebuah lembaga pendidikan yang membahas tentang dunia pendidikan mengenai permasalahan-permasalahan yang muncul di dalam dunia pendidikan sehingga workshop ini di lakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

2. Jenis Workshop Berdasarkan Waktunya

  • Workshop beruntun adalah workshop yang dilakukan secara berturut-turut pada waktu tertentu. Pada umumnya workshop ini dilakukan selam tiga hari secara berturut-turut.
  • Workshop berkala adalah workshop yang dilakukan dalam waktu tertentu saja dalam jangka waktu tertentu misalnya mingguan atau per bulan

3. Jenis Workshop Berdasarkan Sifat

  • Workshop mengikat adalah workshop yang diadakan oleh lembaga tertentu yang dimana orang yang ikut workshop tersebut terikat untuk mengikutinya.
  • Workshop tidak mengikat adalah jenis workshop yang tidak mengikat para pesertanya dengan kata lain para peserta berhak ikut atau pun tidak ikut pada workshop tersebut.

Baca Juga: Pengertian Workshop

Demikianlah artikel tentang pengertian workshop, tujuan dan manfaat workshop, fungsi workshop, ciri-ciri workshop dan jenis-jenis workshop. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan pengetahuan kepada anda tentang workshop.

Related Posts