Perbedaan Gaya dan Gerak

Perbedaan Gaya dan Gerak ~ Di dalam kehidupan sehari-hari kita banyak melakukan kegiatan yang melibatkan gaya dan gerak, misalnya adalah berjalan, berlari, memasak, mandi, mencuci dan lain sebaginya. Tanpa kita sadari kita sudah melakukan gaya dan gerak.

Namun masih ada sebagian orang yang belum mengetahui perbedaan gaya dan gerak. untuk itu kami membuat artikel tentang perbedaan gaya dan kerak. Sebelum itu kita harus tahu apa itu gaya dan apa itu gerak. Berikut ini perbedaan gaya dan gerak.

Apa itu Gaya?

Gaya merupakan suatu kekuatan dimana memiliki tarikan atau dorongan yang mengakibatkan benda yang dikenainya akan mengalami perubahan posisi atau kedudukan serta berubah bentuk. Gaya memiliki beberapa macam diantaranya gaya gesek, gaya otot, gaya magnet, gaya gravitasi dan gaya listrik.

Menurut KBBI Gaya adalah kesanggupan untuk berbuat dan sebagainya sdangkan Menurut Kemendikbud Gaya adalah dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan benda bergerak.

Apa itu Gerak?

Gerak merupakan perindahan tempat dari suatu benda ke benda yang lain, suatu benda bisa dikatakan bergerak ketika mengalami perubahan posisi.Perpindahan tempat atau perubahan posisi sendiri biasanya dilihat dari acuan tertentu. Jika sebuah benda tidak mengalami perubahan posisi terhadap acuan tersebut maka benda tidak dapat dikatakan bergerak terhadap benda acuannya.
Pengertian gerak menurut para ahli

1. Ruslan Tri S & Cahyo W

Ruslan Tri S & Cahyo W gerak adalah perubahan kedudukan suatu benda terhadap benda lain ataupun terhadap titik acuan tertentu

2. Kamajaya

Menurut Kamajaya, gerak merupakan sebuah kedudukan terhadap suatu titik acuan atau pun titik yang menjadi patokannya.
Perbedaan Gaya dan Gerak

3. KBBI

Menurut kamus besar bahasa indonesia gerak adalah suatu peralihan tempat ataupun kedudukan, baik sekali maupun berulang kali.

Perbedaan Gaya dan Gerak

Gaya

Jenis – jenis gaya

1. Gaya magnet

Gaya magnet merupakan suatu gaya yang diakibatkan oleh magnet, dimana magnet mempunyai dua kutub yaitu kutup utara dan kutup selatan

2. Gaya listrik statis

Kekuatan yang dimiliki benda yang bermuatan listrik yang dapat untuk menarik benda – benda dalam sekitarnya. Ketidakseimbangan muatan listrik dalam atau pada permukaan benda. Muatan listrik tetap kehilangan dengan sebuah arus listrik melepaskan muatan listrik.

3. Gaya otot

Gaya otot merupakan yang dilakukan oleh otot – otot tubuh kita, misal mengangkat beban, melakukan olahraga.

4. Gaya gravitasi bumi

Gaya gravitasi bumi untuk menarik benda lain ke bawah dan gaya tarik menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta.

5. Gaya pegas

Gaya pegas merupakan gaya yang dihasilkan oleh benda yang sifatnya elastisitas. Biasanya kekuatan yang ditimbulkan oleh karet atau pegas diregangkan. Misal, semula perenang yang meloncat dari papan loncat dikolam renang.

6. Gaya gesekan

Gaya gesek merupakan gaya yang berlawanan arah dengan arah gerak benda, gaya ini terjadi karena sentuhan benda dengan bidang lintasan akan membuat gesekan antara keduanya saat benda akan mulai bergerak hingga benda bergerak.

Gaya mempengaruhi gerak benda

  • Gaya mempengaruhi gerak benda, Dalam kegiatan sehari – hari itu banyak sekali contoh yang bisa menyebabkan benda dima menjadi bergerak diantaranya adalah :
  1. Kursi dan meja dapat berpindah ketika didorong atau ditarik
  2. Timba yang ditarik dengan sebuah katrol yang bergerak
  3. Bola yang ditendang diakibatkan oleh gaya yang mengenai bola
  • Gaya membuat benda bergerka menjadi diam.Misal sepeda akan berhenti diakibatkan direm, benda – benda yang bergerak yang akan berhenti jika dikendalikan atau direm.

Gerak

1. Jenis gerak

  • Gerak lurus merupakan gerak yang lintasannya berbentuk lurus
  • Gerak parabola merupakan gerak yang lintasannya berbentuk
  • Gerak melingkar merupakan gerak yang lintasannya berbentuk lingkaran
    b. Percepatan gerak
  • Gerak berubah beraturan
    Adalah gerak yang percepatannya konstan atau gerak yang kecepatannya berubah secara teratur.
  • Gerak beraturan
    Adalah gerak yang percepatannya sama dengan dengan nol atau gerak yang kecepatannya konstan

2. Contoh gerak

  • Gerak karena gaya pegas : bermain panahan, bermain ketapel
  • Gerak karena gaya mesin : Buldoser, mobil pengeruk
  • Gerak karena gaya otot : Olahraga, mengayuh sepeda

Pengaruh gaya terhadap gerak

  1. Gaya pada benda diam
    Pada gaya terjadi saat ada dorongan suatu yang dilakukan secara berlawanan dengan kekuatan yang sama.
  2. Gaya pada benda bergerak
    Pada gaya tersebut saat kedua orang melakukan dorongan maka benda bersama – sama, maka posisi benda tersebut dapat bergeser/berpindah
  3. Gaya pada benda yang menyebabkan perubahan arah gerak
    Pada saat seorang mengendarai sepeda kemudian membelokan arah gerakannya, maka terjadi suatu gaya listrik dan gaya otot yang membelokkan stang sepeda.

Itulah perbedaan antara gaya dan gerak semoga bermanfaat ilmunya dan jangan untuk share atau mengembangkan bakatnya. Wasalamu’alaikum

Related Posts