Pengertian Harddisk, Fungsi Harddisk, Jenis-jenis Harddisk

Pengertian Harddisk – Pasti kalian tidak asing lagi dengan benda yang satu ini khususnya untuk teman – teman yang selalu bergelut dengan dunia teknologi. Bahkan mungkin sering kita mendapat tugas dari guru atau dosen untuk menjelaskan tentang benda ini yaitu Harddisk. Tetapi tak dapat di pungkiri bahwa masih banyak yang merasa bingung tentang definisi dari benda ini. Nahh berikut penjelasannya:

Baca Juga: Pengertian Ram, Fungsi Ram, Jenis Ram dan cara kerjanya

Pengertian Harddisk?

Apa itu hardisk? Hardisk merupakan salah satu perangkat keras komputer yang fungsinya untuk sebagai penyimpan sebuah dokumen atau data didalam komputer kita. Sedangkan Hard disk drive sebuah perangkat penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil sebuah informasi digital dalam menggunakan disk(cakram) yang dilapisi biasanya dengan bahan magnetik.

Fungsi Harddisk

Harddisk berfungsi untuk menyimpan data digital dari semua data yang disimpan dikomputer ada didalam harddisk, bukan cuman dokumen, gambar, musik, dan video melainkan juga program, bahkan SO komputer Anda semua tersimpan didalam harddisk komputer

Jenis – jenis Harddisk

1. Harddisk ATA/AIDE

Harddisk ATA ( Advanced Technology Attachment) dan AIDE (Enhanced Integrated Drive Electronic) merupakan standar baku yang digunakan sebagai antarmuka berbasis koneksi bus.

Baca: Pengertian Komputer dan Sejarahnya

2. Harddisk SCSI

Harddisk SCSI (Small Computer System Interface) sebuah set standar untuk menghubungkan secara fisik dapat mentransfer data antara komputer dan periferal SCSI.  Salah satu kelebihan dari harddisk ini  dapat menjalankan beberapa disk drive yang aktif secara bersamaan.

3. Harddisk RAID

Harddisk RAID (Redundant Array of Independent Disks) salah satu  teknologi yang didalam penyimpanan data komputer yang berfungsi sebagai mengimplementasikan fitur toleransi kesalahan melalui media penyimpanan komputer terkhususnya harddisk

4. Harddisk SATA

SATA (Serial Advanced Technology Attachment) merupakan versi dari interface terbaru dari ATA, salah satu dari kelebihan dari disk tersebut yaitu hanya menggunakan dua pertiga bagian dari ATA, dan juga selain itu memliki kecepatan tinggi dimana memiliki kemampuan dalam mengurangi latensi atau delay

5. Harddisk SSD

SSD (Solid-state drive) yaitu perangkat penyimpanan solid-state yang melibatkan rakitan sirkuit terintegrasi dalam menyimpanan sebuah data secara terus-menerus, nah biasanya menggunakan memori flash sebagai penyimpanan sekunder dalam hierarki penyimpanan komputer.

Demikianlah artikel tentang pengertian harddisk, fungsi dan jenis-jenis harddisk, Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca. Sekian dan terima kasih.

Related Posts