Perbedaan seni dan budaya
Perbedaan seni dan budaya

Perbedaan seni dan budaya

Perbedaan seni dan budaya

Tahukah kamu apa perbedaan seni dan budaya? seni adalah sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan untuk dinikmati oleh panca indra seperti mata dan telinga. Budaya/kebudayaan adalah hal-hal yang berkaitan dengan akal dan budi manusia.

Budaya/kebudayaan

Apa itu kebudayaan? Budaya berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) yang dapat diartikan sebagai hal-hal yang berhubungan dengan budi, dan akal manusia.
Sedangkan kebudayaan dalam bahasa inggris disebut culture yang berasal dari bahasa latin Colere, yang artinya mengolah atau mengerjakan. Arti lainnya juga sebagai mengolah tanah atau bertani.

Baca Juga: Pengertian Seni Budaya, Menurut para ahli, Fungsi, Macam dan Contoh Seni Budaya

Unsur Kebudayaan:

Koentjaraningrat (1985) menyebutkan bahwa unsur-unsur kebudayaan terdiri atas tujuh bagian yang menjadi isi pokok kebudayaan, yakni:

1. Sistem Bahasa

sesuatu yang berawal dari hanya sebuah kode, tulisan hingga berubah sebagai lisan untuk mempermudah komunikasi sebagai antar sesama manusia.

2. Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi

Sistem yang timbul karena manusia mampu menciptakan barang-barang dan sesuatu yang baru agar dapat memenuhi kebutuhan hidup dan membedakan manusia dengan makhluk hidup yang lain.

3. Sistem Ekonomi dan Pencaharian Hidup

Sistem yang timbul karena manusia mampu menciptakan barang-barang dan sesuatu yang baru agar dapat memenuhi kebutuhan hidup dan membedakan manusia dengan makhluk hidup yang lain.

4. Sistem kemasyarakatan

Sistem yang timbul karena kesadaran manusia bahwa meskipun diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna namun tetap memilki kelemahan dan kelebihan masing-masing antar individu sehingga timbul rasa.

5. Ilmu Pengetahuan

Sistem yang terlahir karena setiap manusia memiliki akal dan pikiran yang berbeda sehingga memunculkan dan mendapatkan sesuatu yang berbeda pula, sehingga perlu disampaikan agar yang lain juga mengerti.
Kesenian: setelah memenuhi kebutuhan fisik manusia juga memerlukan sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan psikis mereka sehingga lahirlah kesenian yang dapat memuaskan.

Baca Juga: Materi Budaya Syariah: Makna, Pencipta dan Budaya Kerja Bagi Umat Islam

6. Sistem Agama

kepercayaan manusia terhadap adanya Sang Maha Pencipta yang muncul karena kesadaran bahwa ada zat yang lebih dan Maha Kuasa.

7. Wujud Kebudayaan

Menurut Prof. Koentjaraningrat berpendirian bahwa wujud kebudayaan dibagi menjadi tiga yaitu:

  • Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ide, gagasan, nilai, norma, peraturan, dan sebagainya.
  • Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat.
  • Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.

Seni/Kesenian

Kesenian adalah dua kata dasa yaitu seni dan kesenian yang hampir semua orang mengatakan memiliki arti yang sama namun sebenarnya berbeda. Kata seni memiliki banyak arti seperti baik, halus, luwes, bagus, kecil dan indah.
Pengertian lain tentang seni adalah sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan untuk dinikmati oleh panca indra seperti mata dan telinga.

Related Posts

About Mutawakkil, S.M

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.