Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Adapun beberapa prospek kerja jurusan teknik informatika sebagai berikut:

1. Android Developer

Jadi seorang developer yaitu programmer dimana mampu merancang dan membuat aplikasi android untuk digunakan user yang menggunakan sistem operasi android. Dengan teknologi sekarang sangat mengacu prospek kerja tenik informatika. Biasanya menjadi seorang android developer harus menguasai bahasa pemrograman Java ataupun Kotlin tetapi seorang android developer harus berkolaborasi dengan UX desiner untuk mendapatkan aplikasi yang dapat dengan mudah digunakan user. Untuk gajinya sendiri itu tingkatannya berkisar US$4.800 atau sekira Rp. 69,1 Juta perbulan.

2. Blogger

Dalam lulusan teknik informatika yang mempunyai hoby penulis bisa menjadi seorang blogger menjadi seorang blogger Anda harus dapat mengerti SEO dan cara menggunakan CMS seperti WordPress. Untuk gajinya sendiri berkisar Rp. 1 juta untuk pemula dan sudah berhasil bisa mencapai Rp. 100 juta perbulannya.

Baca juga: Syarat Masuk Teknik Informatika

3. Desain Grafis

Dalam teknik informatika yang hoby mendesain dan menciptakan ilustrasi, fotografi, tipografi dan dapat bekerja dimanapun dan kapanpun sesuai dengan kebutuhan customer dari jarak maupun tidak. Dengan memanfaatkan beberapa software desain seperti Corel, Photoshop, illustrator, maupun perangkat lunak online. Untuk gajinya sendiri dapat berkisar Rp.  8-12 juta per bulannya.

4. Software Engineer

Dalam lulusan teknik informatika peluangnya besarnya yaitu menjadi seorang software engineer, atau pengembang dari software sistem komputer. Jadi seorang software engineer diharapkan bisa menguasai bahasa pemrograman yang ada didalam ilmu tersebut.  Jadi kita bisa memilih bahasa yang mana ingin kita kuasai misal Bahasa Java dll. Untuk gajinya sendiri dapat berkisar Rp. 8-12 juta perbulannya.

5. Game Developer

Dalam lulusan teknik informatika prospek kerjanya seorang game developer masih sangat terbuka lebar, dimana game dalam bentuk komputer, mobile dan sebagainya mengalami perkembangan yang signifikan baik dari segi tampilan grafis maupun cara memainkannya. Adapun untuk kisaran gajinya yaitu US$ 45.000-129.000 perbulannya

6. System Analyst

Dalam lulusan teknik informatika prospek kerjanya yaitu melakukan analisis dan desain untuk menyelesaikan masalah bisnis dengan menggunakan teknologi informasi. Adapun tugasnya dari seorang system analyst yaitu berkomunikasi dengan customer dan stakeholder untuk belajar dan mendokumentasikan requirementnya dalam membuat spesifikasi. Kemudian membantu dalam hal proses pengujian sistemnya, serta dapat berinteraksi dan berkordinasi terutama dengan developer dan impelementer. Adapun untuk gajinya berkisaran Rp. 6-12 juta perbulannya

7. Network Engineer

Dalam lulusan teknik informatika prospek kerjanya yaitu network engineer karena infrastruktur jaringannya yang dibutuhkan setiap saat dalam membangun komunikasi antar user. Jadi tugasnya seorang network engineer yaitu merancanakan, mendesain, melakukan pengelolaan, manajemen, dan dapat menyelesaikan permasalahan jaringan. Untuk kisara gajinya yaitu Rp. 4-5 juta perbulannya

8. Dosen Teknik Informatika

Dalam lulusan teknik informatika prospek kerjanya yaitu menjadi seorang dosen atau pengajar di perguruan tinggi yang berpeluang dalam lulusan teknik informatika. Jadi semakin banyak perguruan menyelenggarakan teknik informatika maka semakin dibutuhkan lulusan teknik informatika. Adapun untuk kisaran gajinya Rp. 4 juta perbulan tergantung dengan masa kerja.

9. UX Researcher

Dalam lulusa teknik informatika prospek kerjanya yaitu dapat menjadi seorang UX researcher yang handal, karena betugas dalam melakukan riset terhadap produk yang sesuai dikalangan pasar atau kebutuhan. Adapun kisaran gajinya yaitu 5-7 juta perbulannya

10. Web Desainer

Dalam lulusan teknik informatika prospek kerjanya yaitu web desainer yang tidak lepas dari website, dalam sebuah pekerjannya bisa dilakukan perorangan, perkelompok, organisasi maupun suatu perusahaan. Jadi untuk merancang tampilan website sangat dibutuhkan seorang web disainer untuk memenuhi kebutuhan user. Adapun kisaran gaji yaitu $ 4960 perbulannya untuk web desainer yang profesional.

Orang Sukses dari Teknik Informatika

Adapun beberapa orang sukses dalam dunia IT diantaranya:

1. Elon Musk

Elon musk yang biasa dijuluki dengan Iron Man yang merupakan ilmuwan sekaligus CEO dari Tesla Motors dan Spacex. Kesuksesannya berawal dari ketertarikan terhadap komputer ketika iya berusia 12 tahun,  dan dimana Iron Man mulai belajar tentang pemgrograman sampe dia pempunyai sebuah perusahaan pertama yaitu ZIP2, tidak berhenti sampai disitu ia juga menjadi co-founder dari sebuah perusahaan yang dikenal dengan PayPal

2. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg merupakan penemu dari media sosial yang dikenal di era digital, dimana memulai kariernya di Facebook di kamar asramanya di Harvard hanya berbekal komputer dan ketertarikan terhadap dunia IT. Saat itu juga facebook telah menjadi sebuah wadah untuk rekan dan keluarga dalam berinteraksi dan membangun bisnis.

Itulah beberapa dari sekian banyaknya peluang kerja dalam Dunia IT, Jadi tinggal kita mengasah dimana kemampuan kita untuk ditempatkan. So pekerjaan seseorang tergantung dengan skillnya, adapun gaji dalam dunia IT itu tergantung dengan keaktifan dalam bekerja dan bidang yang ditekuni. Semoga bermanfaat untuk pembaca dan teruntuk untuk penulis Wassalamu’alaikum.

 

Related Posts