prospek kerja pgsd
prospek kerja pgsd

12+ Peluang dan Prospek Kerja Jurusan PGSD

Menjadi seorang guru adalah cita-cita yang sangat mulia. Jika anda ingin menjadi seorang pendidik dan gemar berinteraksi dengan anak-anak, maka salah satu jurusan yang cukup potensial yaitu jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau yang biasa disingkat PGSD. Meskipun jurusan ini sering dipandang sebelah mata, namun jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) nyatanya jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang peminatnya cukup banyak.

Seperti dengan Namanya, mungkin Sebagian dari kita berpikir bahwa lulusan dari jurusan ini hanya akan berujung menjadi seorang guru di Sekolah Dasar. Jurusan PGSD memang merupakan jurusan kuliah yang mengarahkan lulusan untuk menjadi seorang guru Sekolah Dasar. Namun, banyak loh lulusan dari Jurusan PGSD yang sukses dalam karir nya tampa harus menjadi guru SD. Berikut ini adalah 8 prospek kerja yang cocok dengan karir jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Baca Juga: 9+ Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi Menjanjikan

Prospek Kerja Jurusan PGSD

PGSD atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar merupakan salah satu jurusan yang tersedia pada seluruh univeristas terbukan di Indonesia, namun jurusan ini jarang diminati karena dianggap kurang potensial mendapatkan gaji yang cukup, namun jangan salah ternyata jurusan ini memiliki banyak peluang pekerjaan yang tinggi. Berikutini prospek kerja Jurusan PGSD yang menguntungkan:

1. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) jelas menjadi idaman banyak orang. Menurut undang-undang No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), menyatakan bahwa PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai pegawai Pengawal Aparatur Sipil Negara secara tepat oleh pejabat Pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

2. Dosen

Dosen adalah pendidik profesional yang bekerja disatuan Pendidikan tinggi tertentu. Jika kamu ingin menjadi dosen maka kamu harus menjadi seorang ilmuwan yang mempunyai karya keilmuan yang tersebar luas di masyarakat.

3. Kepala sekolah

Kepala sekolah adalah orang yang memiliki tugas tambahan yaitu memimpin suatu sekolah baik negeri maupun swasta, yang bertugas melakukan suatu perencanaan, pengorganisasian, pergerakan serta melakukan pengawasan sumber daya sekolah yang dipimpin nya.

4. Membuka bimbingan belajar (bimbel)

Membuka bimbingan belajar adalah peluang yang cukup besar, karena seperti yang kita tahu jumlah murid SD lebih banyak daripada SMP dan SMA. Maka kamu bisa membuka bimbingan belajar untuk tingkatan SD untuk membantu siswa- siswi memahami Teknik belajar yang efektif.

5. Konsultan Pendidikan

Sebagian dari kita pasti sudah ada yang tahu apasih tugas tugas konsultan Pendidikan? Yap, konsultan Pendidikan memiliki tugas utama untuk membantu para pelajar dalam memilih jurusan dan tempat studi yang diminati, peran konsultan pendidikan sangat dibutuhkan seiiring banyaknya pelajar yang kebingungan dalam menentukan rencana studi selanjutnya. Nah, kamu yang lulusan PGSD bisa ambil bagian di profesi ini.

Baca Juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

6. Menjadi pengasuh anak

Saat ini banyak para orang tua yang membutuhkan pengasuh anak, terutama para orang tua yang memiliki banyak pekerjaan sehingga tidak memiliki bayak waktu untuk mengawasi dan memerhatikan anak. Pengasuh anak bertugas untuk merangsang anak dengan kegiatan bermain, selain mengurus perlengkapan harian anak. Kamu yang lulusan PGSD bisa mencoba profesi ini.

7. Mendirikan Yayasan

Jika anda adalah lulusan PGSD, maka anda dapat mencoba membangun Yayasan yang dapat anda Kelola sendiri. Jurusan PGSD tentunya memiliki skill dalam mendidik dan mengajar sisiwa, lulusan PGSD tidak melulu menjadi karyawan kamu hanya perlu mencari teman yang memiliki tujuan yang sama denganmu untuk berkerja sama membangun sebuah Yayasan.

8. Menjadi guru privat

Guru privat di Indonesia menjadi semakin tren di kalangan siswa dan orang tua, dan menjadi prospek kerja yang menarik tentunya. Kamu bisa mencari pengalaman di profesi ini sebelum menjadi guru seorang di masa depan.

9. Radio Announcer

Seorang lulusan jurusan PGSD pasti memiliki kemampuan dalam bercerita dan berkomunikasi sehingga lulusan PGSD dapat menjadi seorang penyiar yang memberikan informasi yang bermanfaat untuk kalangan anak-anak melalui saluran radio.

10. Menjadi Guru SD Negeri/Swasta

Sesuai dengan nama jurusannya pendidikan guru sekolah dasar, lusuan jurusan PGSD tentu memiliki peluang yang besar untuk mejadi seorang guru yang mengajar di Sekolah Dasar, walaupun gaji nya tidak begitu besar namun jasa seorang guru begitu besar.

11. Menjadi Guru Di Luar Negeri

Seorang lulusan jurusan PGSD juga berpeluang untuk mengajar di luar negeri namun memiliki persyaratan harus lacar menggunakan bahas asing, dengan mengajar di luar negeri kamu juga akan menerima upah yang besar serta kamu memiliki kesempatan untuk traveling bagi kamu yang suka jalan-jalan.

12. Pegawai Bank

Peluang jurusan PGSD yang terakhir adalah menjadi seorang pegawai bank, rekruetmen untuk calon pegawai bank pada umum nya tidak memiliki persyaratan khusus, semua lulusan dari jurusan mana pun boleh mencoba untuk menjadi seorang pegawai bank, termasuk jurusan PGSD juga memiliki peluang menjadi seorang pegawai bank.

Itulah beberapa prospek kerja yang cocok untuk kamu yang lulusan jurusan PGSD. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat buat kamu yang telah lulus jurusan PGSD maupun kalian yang baru saja akan melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi.

Related Posts

About Mutawakkil, S.M

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.