7 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

Keterampilan Seorang Pemimpin

Keterampilan Pemimpin – Untuk menjadi seorang pemimpin ada banyak sekali syarat yang harus terpenuhi. Karena pemimpin merupakan seseorang yang memegang peranan penting di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Sehingga pemimpin diharuskan memiliki kelebihan yang dapat digunakan dalam membangun dan menjaga keberlangsungan perusahaan.

Pemimpin tidak hanya sekedar memerintah maupun memberikan tugas kepada bawahan nya. Pemimpin harus mampu memberikan motivasi dan dorongan kepada bawahan agar dapat bekerja dengan maksimal. Selain itu pemimpin juga harus mampu memberikan contoh yang baik untuk bawahannya, karena akan menjadi sosok teladan bagi pengikut nya.

Baca Juga: Apa Itu Manajemen, Berikut Penjelasan nya

Di dalam perusahaan ada beberapa tugas yang harus dikerjakan seorang pemimpin yaitu memberikan tugas kepada karyawan, mengambil keputusan, memberikan motivasi kepada bawahan nya dan lain sebagainya. Sehingga pemimpin dituntut untuk memiliki keterampilan dan skill yang mumpuni. Nah berikut ini keterampilan yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin.

7 Skill dan Keterampilan Pemimpin

Keterampiln Pemimpin

#1 Keterampilan Dalam Berkomunikasi

Secara umum salah satu tugas seorang pemimpin adalah menjadi perantara dalam melakukan kerja sama  dengan perusahaan lain (mitra bisnis). Untuk mampu bekerja sama dengan perusahaan lain pemimpin harus bisa berkomunikasi dengan baik ketika bertemu dengan pemimpin perusahaan yang akan menjadi mitra bisnis nya.

Ketrampilan komunikasi seorang pemimpin juga dibutuhkan dalam memberikan setiap arahan kepada anggota nya sehingga para anggotanya mau mengikuti apa yang diperintahkan pemimpin nya. Jika pemimpin nya tidak memiliki keterampilan berkomunikasi bisa saja anggota nya tidak akan mau menuruti apa yang diperintahkan pemimpin nya.

Baca Juga: Perbedaan Pemimpin dan Kepemimpinan

#2 Keterampilan Bernegosiasi

Setiap perusahaan tentu membutuhkan perusahaan lain yang nantinya akan menjadi mitra bisini untuk membantu memajukan bisnis perusahaan. Dalam mendapatkan mitra bisnis tidak mudah. Karena perusahaan lain mau bekerja sama dengan perusahaan jika perusahaan mampu meyakinkan perusahaan lain untuk menerima tawaran kerja sama.

Sehingga dibutuhkan seorang pemimpin untuk melakukan negosiasi. Jika seseorang pemimpin tidak memiliki keterampilan bernegosiasi bisa saja perusahaan akan kesulitan dalam mendapatkan mitra bisnis dan membuat perusahaan tidak dapat berkembang dengan baik.

#3. Ketrampilan Teknis

Keterampilan teknis yang dimaksud adalah keterampilan dalam mengoperasikan berbagai perangkat yang ada di dalam komputer, seperti Microsoft Excel, Microsoft office dan berbagai program yang dapat membantu pekerjaan di dalam perusahaan.

Namun pada umumnya kemampuan dalam mengoperasikan komputer bukan tugas sepenuhnya bagi seorang manajer atau pemimpin. Namun sebaiknya seorang manajer harus menguasai keterampilan teknis agar dapat dikatakan pemimpin yang benar-benar berbakat.

Baca Juga: Tugas Seorang Pemimpin di Dalam Perusahaan

#4 Keterampilan Konseptual

Seorang pemimpin harus mampu membuat sebuah rancangan konsep tentang ide Dan gagasan untuk menunjang kemajuan perusahaan. Ide dan gagasan. Ide dan gagasan tersebut akan di Jabarkan dalam bentuk konsep sebagai rencana yang akan dilakukan kedepan nya.

Selain itu seorang pemimpin harus mampu membuat dan menentukan konsep tentang visi dan misi perusahaan yang jelas dan berbagai program kerja yang akan dilakukan perusahaan ke depannya. Pemimpin juga harus bisa membuat strategi yang akan menjadi senjata agar perusahaan mampu bersaing dengan para pesaingnya.

#5. Keterampilan Manajemen Waktu

Setiap manajer perusahaan memiliki gaji yang cukup besar. Karena manajer atau pemimpin memiliki peran penting di dalam perusahaan. Sehingga setiap detik dan menit bagi sebuah perusahaan begitu berharga sehingga pemimpin harus mampu mengolah waktu yang baik agar mendapatkan hasil yang optimal.

Kemampuan mengolah waktu di dalam perusahaan harus di maksimal kan khusus dalam mengolah proyek perusahaan, ketika perusahaan mampu mengefisienkan waktu akan mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal. Selain itu pemimpin juga di haruskan pandai dalam skala prioritas.

Baca Juga: Pengertian Leadership menurut para ahli

#6. Keterampilan Mengambil Keputusan

Secara umum tugas seorang pemimpin adalah mengambil keputusan, sehingga seorang pemimpin harus berani dalam mengambil keputusan dan mampu berpikir dengan cepat untuk memprediksi dampak dari keputusan yang akan diambil. Ketika mengetahui dampak negatif atau positif pemimpin dapat mencegah dampak negatif dan mengolah atau memanfaatkan pengaruh positif dalam keputusan yang telah diambil.

#7 Jeli dalam melihat Peluang

Perusahaan yang mampu bertahan dan bersaing di dalam lingkungan persaingan yang begitu ketat adalah perusahaan yang selalu membuat menyesuaikan dengan keadaan yang baru. Pemimpin yang cerdas akan mampu melihat peluang yang dapat dimanfaatkan sebagai inovasi yang memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Related Posts