Pemasaran adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis-jenisnya

By | 28 Juli 2019

Pemasaran adalah sebuah istilah yang sangat lazim terdengar di telinga kita. Apalagi dalam dunia bisnis, istilah ini merupakan suatu komponen penting di dalamnya. Lalu apa itu pemasaran? Pemasaran dapat didefinisikan secara umum merupakan suatu bentuk kegiatan menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau perusahaan dalam melakukan berbagai upaya-upaya agar mampu mengakomodir permintaan (demand) pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling menukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, partner atau mitra, dan masyarakat umum.

Baca Juga: Pengertian Aset

Secara sederhana, pengertian dari pemasaran lebih diidentikkan dengan suatu proses orientasi atau pengenalan terhadap produk atau layanan kepada konsumen yang potensial. Aspek-aspek dalam kegiatan pemasaran ini meliputi periklanan, public relation, promosi, dan tentu saja penjualan.

Dalam sebuah organisasi bisnis, tujuan utama adanya pemasaran adalah untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat beberapa strategi penjualan tertentu. Pada perusahaan, Marketing Executive harus mampu melihat berbagai aspek peluang dalam mengeluarkan promosi atau iklan, termasuk juga memprediksi lifespan sebuah produk.

Baca Juga: Pengertian manajemen oprasional

Pengertian Pemasaran Menurut Ahli

1. John Westwood

John Westwood memberikan definisi tentang pemasaran yaitu sebuah usaha tertentu yag memiliki keterpaduan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan income atau laba kepada perusahaan.

2. Tung Dasem Warigin

Pengertian pemasaran menurut Tung Dasem Warigin yaitu sebagai suatu media untuk mengkomunikasikan sebuah nilai tambah yang lebih tinggi kepada konsumen atau pelanggan.

3. Philip Kotler

Kotler merupakan salah satu ahli dalam bidang pemasaran. Menurutnya, pemasarana didefinisikan sebagai sebuah aktivitas sosial dan sebuah pengaturan yang dilakukan oleh perorangan ataupun sekelompok orang dengan tujuan untuk mendapatkan tujuan mereka dengan jalam membuat produk dan menukarnya dengan ukuran nominal tertentu ke pihak lain.

4. Jay Abraham

Jay Abraham mengemukakan pendapatnya tentang pemasaran yaitu merupakan sebuah media untuk mencapai kesuksesan dengan cara memberikan pelayanan paling baik kepada konsumen atau pelanggan.

5. William Stanton

Menurut pandangan Willian Stanton, pemasaran diartikan sebagai suatu sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis atau usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang dan jasa, mempromosikannya melalui media tertentu, mendistribusikannya, dan bisa memuaskan pelanggan atau konsumen.

6. Hair & McDaniel

Kedua ahli ini, Hair dan McDaniel menjelaskan bahwa definisi dari pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan konsumen dan tercapainya tujuan organisasi.

7. Basu & Hani

Pengertian dari pemasaran menurut Basu dan Hani adalah proses kegiatan perencanaan dalam manajemen barang dan jasa, penetapan lini harga barang dan jasa tersebut, hingga proses promosi maupun penyebarannya, dimana keseluruhan dari proses pemasaran tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan (konsumen) dan profitabilitas (laba).

Baca Juga: Pengertian oprasional

Fungsi Pemasaran Pada Organisasi Bisnis/Perusahaan

Setelah kita mengetahui tentang definisi dari pemasaran, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui apa saja yang menjadi fungsi-fungsi pemasaran dalam sebuah organisasi bisnis. Pemasaran atau biasa dikenal dengan istilah marketing merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen serta memperoleh profit.

Kegiatan pemasaran dilakukan dengan cara membuat produk (barang atau jasa), penentuan harga, penentuan tempat penjualan, dan proses promosi produk kepada konsumen tingkat akhir. Adapun beberapa fungsi pemasaran adalah sebagai berikut.

1. Fungsi pertukaran

Melalui keberadaan pemasaran, maka pelanggan dapat mengetahui dan membeli sebuah produk (barang atau jasa) yang dijual oleh produsen, baik dengan menukar produk dengan uang ataupun menukar produk dengan produk tertentu. Produk tersebut bisa digunakan untuk keperluan sendiri ataupun dijual kembali untuk mendapatkan laba.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Selain sebagai pertukaran, proses pemasaran juga dapat dilakukan dalam bentuk distribusi fisik terhadap sebuah produk barang atau jasa, dimana distribusi dilakukan dengan cara menyimpan atau mengangkut produk tersebut. Proses pengankutan bisa melalui darat, air, dan udara. Sedangkan kegiatan penyimpanan produk dilakukan dengan cara menjaga supply produk agar tetap tersedia ketika dibutuhkan.

3. Fungsi Perantara

Aktivitas penyampaian atau pengiriman ke tangan konsumen akhir dari sebuah produk barang atau jasa tentunya dilakukan melalui perantara marketing atau pemasaran yang berfungsi menghubungkan kegiatan pertukaran dan distribusi fisik. Pada proses aktivitas perantara terjadi kegiatan pendanaan, klasifikasi produk, dan lain-lain.

Tugas Pemasaran Secara Umum

Secara umum kesuksesan dari sebuah bisnis atau perusahaan terletak pada kesuksesan pemasarannya. Betapa bagus pun produk barang atau jasa yang diciptakan, tidak akan bernilai di mata konsumen jika tidak dibarengi dengan strategi pemasaran yang pas. Oleh karena itu, adapun beberapa tugas pemasaran secara umum yaitu sebagai berikut.

1. Memperkenalkan Produk

Kegiatan ini juga bisa dikenal juga dengan istilah melakukan peng-orientasi-an produk yang dimiliki perusahaan. Ini merupakan tugas pertama dan terpenting dari kegiatan pemasaran. Tentu kegiatan ini untuk memperkenalkan produk yang diciptkan oleh perusahaan kepada masyarakat.

2. Mencapai Target Penjualan

Target penjualan produk atau barang harus bisa ditetapkan sejak awal perencanaan. Tim Marketing harus memiliki strategi untuk mencapai target tersebut dengan selalu memperhatikan kebutuhan dan kegiatan pasar.

3. Memastikan Kepuasan Konsumen

Selain pada adanya target penjualan produk, kepuasan (satisfaction) konsumen merupakan hal yang penting dan menjadi prioritas dari marketing perusahaan. Dengan memastikan konsumen merasa puas dengan produk yang diciptakan, maka proses pemasaran itu sudah dianggap berhasil.

4. Membuat Strategi Lanjutan

Berbagai macam strategi dilakukan dalam pemasaran yang bisa digunakan oleh marketer dalam memasarkan produk ke konsumen atau pelanggan. Salah satu contohnya adalah dengan pemberian potongan harga atau lazim dikenal dengan istilah diskon. Srategi lanjutan ini dimaksudkan untuk memperoleh income yang lebih besar dari strategi sebelumnya, misalnya menawarkan produk sampingan kepada konsumen untuk mendapatkan harga diskon.

5. Bekerjasama Dengan Mitra

Marketing juga berperan penting dalam menjalin kerja sama dengan mitra bisnis lainnya. Selain itu, tim marketing juga bertugas membangun hubungan baik dengan masyarakat khususnya pelanggan serta menjadi media yang menghubungkan hubungan perusahaan dengan lingkungan eksternal lainnya.

6. Membuat Rekapitulasi Penjualan

Tim marketing juga harus membuat rekap data penjualan dengan benar dan sistematis terstruktur. Data penjualan tersebut sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk menentukan target dan strategi perusahaan khususnya strategi pemasaran di masa yang akan datang. Tanggung jawab yang dipikul oleh manajer perusahaan antara lain :

  • Memberikan pengawasan dan pengembangan strategi terhadap proses pemasaran
  • Melakukan penelitian dan analisa data untuk proses identifikasi target pasar yang tepat
  • Mendesain dan menyajikan gagasan lengkap dengan strateginya
  • Melakukan promosi
  • Mengumpulkan dan mendistribusikan informasi statistik dan finansial perusahaan.
  • Merawat website yang dimiliki perusahaan.
  • Update database serta memanfaatkan Customer Relationship Management.
  • Pengkoordinasian marketing secara internal dan organisasi.
  • Melakukan kampanye di sosial media.

Jenis-jenis Pemasaran

Setelah memahami definsi, fungsi dan tugas pemasaran, maka langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi jenis-jenis pemasaran. Pembagian jenisnya ini sangatlah luas dan efeknya juga bermacam-macam. Adapun beberapa jenis pemasaran adalah sebagai berikut:

1. Word of Mouth Marketing

Jenis marketing ini memiliki definisi yaitu calon konsumen mendapatkan informasi produk yang diciptakan oleh perusahaan dari customer lain. WOMM atau promosi dari mulut ke mulut secara eksplisit disampaikan oral dan excited ingin membagikan informasi penting bagi orang lain. Ini menjadi kebiasaan bagi seorang konsumen ketika sedang berkumpul. Meskipun strategi ini dianggap sudah sangat kuno, tapi masih cukup ampuh sampai saat ini untuk menarik minat konsumen lain.

2. Call to Action

Kalau trafic dari website berhasil menghasilkan penjualan, itu artinya website tersebut telah melakukan pemasaran CTA. Jenis promosi ini memanfaatkan website yang mamakai teks, grafis, dan elemen-elemen lainnya. Cara ini cukup ampuh dalam menarik konsumen online dengan jangkauan yang lebih luas. Pemasaran dengan CTA harus benar-benar spesifik karena biasanya pengunjung lebih suka mencari produk berdasarkan kata kunci.

3. Relationship Marketing

Ada banyak opini tentang jenis pemasaran ini. Mereka berpendapat bahwa ini adalah yang paling efektif. Bahkan banyak perusahaan yang melakukan hal ini daripada menghabiskan dana untuk mendapatkan konsumen baru. Alasannya karena kebanyakan pelanggan lebih loyal saat meluncurkan produk baru.

4. Cloud Marketing

Jenis pemasaran yang satu ini merupakan sebuah hal yang masih baru. Pemasaran ini memasukkan unsur sumberdaya dan asetnya melalui online. Salah satu contohnya adalah situs Amazon. Amazon memungkinkan asosiasi untuk memodifikasi dan mengembangkan sumber daya tersebut. Tidak heran jika sebuah buku, film, dan lainnya bisa diakses secara online oleh konsumen melalui Kindle Fire.

5. Public Relations Marketing

Jenis pemasaran yang satu ini merupakan jenis yang paling penting. Banyak dari perusahaan yang bekerjasama dengan media untuk proses peningkatan kesadaran akan pentingnya produk mereka dan keuntungan yang dimiliki saat produk ini dibeli oleh konsumen.

Demikianlah artikel mengenai pengertian pemasaran, fungsi pemadaran, jenis-jenis pemasaran dan tugas-tugas pemasaran. semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *