Tips Alokasi Gaji Agar Bisa Rutin Investasi

Mengalokasikan sebagian gaji untuk ditaruh pada instrumen investasi memang terdengar cukup rumit, padahal berinvestasi sangatlah berguna untuk mengontrol dan menjaga kesehatan keuangan yang dimiliki.

Reksadana Pendapatan Tetap termasuk jenis Reksadana yang banyak dipilih sebagai instrumen investasi rutin setiap bulannya, karena memiliki imbal hasil yang menguntungkan jika dibandingkan menabung biasa saja.

Oleh sebab itu, Anda bisa menaruh sebagian gaji bulanan lewat instrumen Pendapatan Tetap agar kondisi keuangan tetap terjaga.

Tips Alokasi Gaji Setiap Bulannya dengan Sistem 50:30:20

Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa diterapkan untuk mengontrol keuangan Anda setiap bulannya. Salah satunya ialah dengan menggunakan sistem 50:30:20. Untuk lebih jelasnya, silahkan menyimak informasi lengkapnya lewat ulasan berikut.

1. 50% untuk Kebutuhan Sehari-hari

Pastikan untuk mengalokasikan sekitar 50% gaji Anda setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Biaya kebutuhan pokok yang dimaksud diantaranya berupa biaya konsumsi, biaya tagihan listrik maupun air, biaya transportasi, biaya kuota internet, hingga biaya asuransi.

Dalam menerapkan pola 50% gaji ini, ada baiknya jika Anda merinci dengan seksama setiap pengeluaran yang akan dilakukan. Jika memang tidak terlalu penting, silakan mengurangi pembelanjaan yang bisa menguras dompet.

Dengan begitu, Anda bisa menekan jumlah biaya bulanan yang tidak diperlukan. Jangan sampai pengeluaran Anda melebihi porsi angka 50% yang sudah ditetapkan.

2. 30% untuk Keinginan dan Bayar Hutang

Selain untuk kebutuhan sehari-hari, Anda juga bisa mengalokasikan sekitar 30% gaji untuk memenuhi keinginan maupun pembayaran utang. 30% gaji ini bisa Anda gunakan untuk membeli pakaian, belanja, atau makan di luar rumah bersama teman maupun keluarga, biaya tempat langganan gym, hingga untuk liburan.

Kemudian, jangan lupa juga untuk melakukan pembayaran utang yang dimiliki baik itu berupa kredit rumah, kendaraan, pay later ataupun jenis pinjaman lainnya. Pada dasarnya, angka 30% ini dialokasikan untuk biaya di luar kebutuhan sehari-hari.

Oleh sebab itu, pastikan untuk tidak menggunakan alokasi 30% dari gaji Anda ini untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting.

Hindarilah membeli barang-barang yang sebenarnya tidak perlu untuk dibeli. Jika Anda menggunakan kartu kredit, maka ada baiknya jika Anda menggunakannya sebijak mungkin.

Kalaupun dibutuhkan, gunakanlah sesuai kemampuan dan dengan tujuan produktif dalam hidup Anda.

20% untuk Investasi dan Tabungan

Tips Alokasi Gaji Agar Bisa Rutin Investasi

Sisihkan 20% dari gaji Anda untuk keperluan investasi ataupun tabungan. Jadi, selain untuk kebutuhan sehari-hari, Anda pun perlu mengalokasikan sebagian dari gaji yang dimiliki untuk kebutuhan masa depan.

Cobalah untuk berinvestasi rutin pada instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko yang dimiliki.

Berinvestasi rutin penting untuk Anda lakukan tak hanya untuk menyiapkan kebutuhan masa tua tetapi juga sebagai persiapan untuk dana darurat. Situasi ekonomi yang cenderung berubah sewaktu-waktu akan sangat mempengaruhi kondisi keuangan setiap orang.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menyiapkan dana darurat sedini mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Reksadana Pendapatan Tetap sebagai Instrumen Investasi Rutin Terbaik

Instrumen investasi Reksadana yang satu ini merupakan jenis investasi Reksadana yang sebagian besar alokasi dananya ditempatkan pada efek yang menghasilkan Pendapatan Tetap seperti lewat surat utang ataupun Obligasi. Jika Anda memiliki pemenuhan kebutuhan untuk jangka waktu sekitar satu hingga tahun mendatang, maka silakan menaruh sebagian gaji Anda setiap bulannya pada Reksadana Pendapatan Tetap.

Berbagai jenis pilihan Reksadana Pendapatan Tetap terbaik yang ada saat ini juga mampu memberikan potensi imbal hasil yang maksimal. Meskipun demikian, Anda tetap perlu memahami jika Reksadana jenis Pendapatan Tetap tergolong memiliki risiko moderat.

Namun, untuk tujuan jangka waktu menengah ke atas, instrumen Reksadana yang satu ini sangat bisa Anda andalkan.

Selain bisa memberikan potensi return yang menguntungkan, berinvestasi pada Reksadana jenis Pendapatan Tetap juga memudahkan para investor dalam mencairkan dana yang dimiliki.

Berbeda dengan Deposito yang memiliki waktu pencairan dana yang telah ditetapkan, pada instrumen Pendapatan Tetap, Anda bisa mencairkan uang investasi yang dimiliki kapan saja. Jadi, saat Anda membutuhkan dana darurat, maka Anda pun bisa langsung mencairkannya.

Terlebih jika Anda tergolong tipe investor dengan profil konservatif moderat maka silakan menaruh sebagian gaji Anda setiap bulannya pada Reksadana jenis Pendapatan Tetap.

Pilih Berbagai Jenis Reksadana Pendapatan Tetap Terbaik bersama DBS Treasures

Saatnya mengalokasikan sebagian gaji Anda setiap bulannya dengan berinvestasi melalui Reksadana jenis Pendapatan Tetap bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Selain menyediakan fitur investasi Reksadana berkala, DBS Treasures juga menghadirkan berbagai keunggulan lainnya untuk para investornya.

  • Keseluruhan dana investasi dari para investor akan dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi yang berpengalaman.
  • Anda sebagai investor bisa berkonsultasi secara lebih aktif dengan para ahli finansial terkait investasi sesuai aspirasi.
  • Anda bisa menghindari risiko kerugian saat berinvestasi karena DBS Treasures menyediakan sistem diversifikasi di mana Anda bisa menyebar aset lewat berbagai produk investasi yang disediakan.
  • Segala proses transaksi Reksadana menjadi semakin praktis karena Anda bisa bertransaksi melalui Aplikasi digibank by DBS. Mulai dari pembelian, penjualan, switching Reksadana hingga proses registrasi SID/Single Investor Identification bisa dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS. Selain itu, Anda juga bisa berinvestasi dengan menggunakan berbagai produk Reksadana dari Manajer Investasi berpengalaman.

Tunggu apa lagi? Saatnya berinvestasi rutin dengan yakin setiap bulannya melalui Reksadana Pendapatan Tetap bersama DBS Treasures sekarang juga!

Tinggalkan komentar

close