Pengertian Modernisasi

Pengertian Modernisasi

Pengertian Modernisasi

Pengertian Modernisasi – Berbicara tentang modernisasi sangat erat kaitannya dengan perubahan sebuah keadaan pada lingkungan. Nah apa itu modernisasi? Pengertian modernisasi adalah sebuah keadaan perbuahan dari tradisional menjadi lebih modern atau lebih maju.

Modernisasi memiliki tujuan untuk mengubah gaya hidup masyarakat yang awalnya tradisional menjadi lebih modern. Tujuan lain modernisasi adalah untuk mengubah pola pikir seseorang menjadi lebih modern dari berbagai bidang yang ada di dalam kehidupan seseorang sehingga dapat lebih mudah beradaptasi pada kehidupan yang dinamis.

Jika dilihat dari taraf sosial, modernisasi dapat di artikan sebagai perubahan yang terarah dan sudah direncanakan atau yang disebut dengan sosial perencanaan (planing social). Sosial perencanaan ini sering dikaitkan pada negara maju sehingga dapat dikatakan salah satu faktor yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk menjadi negara maju.

Baca Juga: Pengertian Proses Sosial

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Untuk memperjelas pengertian modernisasi di atas, kamu dapat melihat pengertian modernisasi menurut beberapa ahli berikut ini, yang dapat kamu jadikan sebagai referensi nantinya.

1. Widjojo Nitisastro

Menurut Widjojo Nitisastro pengertian modernisasi adalah sebuah proses perubahan total yang terjadi pada kehidupan tradisional atau pra modern tentang hal organisasi sosial dan teknologi yang lebih modern.

2. Soerjono soekanto

Menurut Soerjono soekanto adalah sebuah proses perubahan sosial secara terarah yang berdasarkan perencanaan atau biasa disebut dengan social planning.

3. Wilbert E Moore

Wilbert E Moore berpendapat pengertian modernisasi adalah suatu bentuk transformasi yang terjadi di dalam masyarakat yang secara total dari tradisional menuju penggunaan teknologi untuk menstabilkan ekonomi negara.

4. Arbi Sanit

Menurut Arbi Sanit modernisasi adalah suatu proses terjadinya perubahan dalam lini kehidupan pada seorang individu dari awalnya tradisional menjadi modern.

Tujuan Modernisasi

Merujuk pada definisi modernisasi di atas dapat di simpulkan bahwa tujuan umum modernisasi adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, memperbaiki pola pikir masyarakat dan meningkatkan taraf ekonomi sebuah negara. Yang dibuktikan dengan adanya perencanaan sosial atau biasa disebut dengan social planning.

Dampak Modernisasi

Secara umum ada dua dampak modernisasi terhadap bagi masyarakat yaitu dampak positif dan dampak negatif. Berikut ini dampak positif modernisasi dan dampak negatif modernisasi.

1. Dampak Positif Modernisasi

  • Terdapat perubahan pola pikir masyarakat menjadi lebih baik
  • Adanya perubahan ekonomi bagi negara menjadi lebih baik
  • Terdapat perubahan taraf ekonomi menjadi lebih baik
  • Mendorong para individu untuk berpikir lebih maju
  • Dapat mengurangi pengangguran
  • Mengalami kemajuan dalam bidang transformasi
  • Mengalami kemaujudan dibidang industri
  • Dapat meningkatkan kesadaran politika masyarakat

2. Dampak Negatif Modernisasi

  • Gaya hidup masyarakat menjadi lebih konsumtif
  • Gaya hidup masyarakat menjadi kebarat-baratan
  • Kehidupan masyarakat menjadi individualistic dan merasa hidup sendiri
  • Meningkatnya kriminalitas
  • Lingkungan alam menjadi tercemar
  • Meningkatnya kenakalan remaja dan pergaulan bebas

Ciri-ciri Modernisasi

Ciri yang terjadi di dalam masyarakat dapat diketahui ketika mengamati setiap individu yang terdapat di dalam masyarakat. Sehingga dapat diketahui perkembangan modernisasi yang terjadi. Berikut ini beberapa ciri-ciri modernisasi.

  • Tindakan masyarakat lebih rasional
  • Sikap masyarakat yang heterogen
  • Mobilitas masyarakat menjadi meningkat
  • Masyarakat tidak terikat dengan adat istiadat yang telah ada
  • Sikap masyarakat cenderung individualistic
  • Masyarakat cenderung tidak mau haru menerima perubahan
  • Masyarakat cenderung lebih menghargai waktu
  • Masyarakat memiliki perencanaan hidup
  • Masyarakat lebih menghargai orang lain
  • Masyarakat lebih mengetahui tentang teknologi
  • Penempatan tenaga kerja lebih berpusat pada kota besar

Contoh Modernisasi

Modernisasi adalah sebuah perubahan yang terjadi dari tradisional menjadi lebih modern yang telah di rencanakan di dalam lingkungan masyakat. Namun perubahan modernisasi bukan hanya terjadi di dalam lingkungan masyakat tapi juga termasuk pada bidang-bidang yang akang dibahas berikut ini.

1. Bidang Sosial

Contoh modernisasi dibidang sosial adalah dengan bertambahnya lembaga-lembaga baru atau kelompok-kelompok sosial baru yang ada di dalam masyarakat. Yang di mana kelompok tersebut memiliki kelas dan status sosial lainnya.

2. Bidang Budaya

Contoh modernisasi di bidang budaya adalah dengan tergeser nya budaya tradisional oleh budaya baru khususnya budaya barat. Hal tersebut menyebabkan budaya tradisional mulai tidak dikenal lagi dan digantikan dengan budaya modern (budaya barat)

3. Bidang Politik

Contoh modernisasi di bidang politik adalah dengan adanya sistem demokrasi dan hubungan bilateral dan multilateral antara negara. Sehingga akan ada negara yang terus berkembang ke arah yang lebih modern.

4. Bidang Teknologi

Contoh modernisasi dalam bidang teknologi adalah banyak peralatan-peralatan teknologi yang bermunculan yang dapat mempermudah kehidupan masyarakat. Contohnya adalah telpon genggam yang sekarang memiliki banyak fitur-fitur terbaru yang dapat mempermudah pekerjaan manusia.

5. Bidang Informasi

Contoh modernisasi di dalam bidang informasi adalah meningkatnya penyebaran informasi semakin cepat dan mudah di akses oleh orang lain.

6. Bidang agama

Contoh modernisasi dalam bidang agama adalah dengan munculnya kitab suci yang terdapat di dalam telpon genggam dan tidak lagi berupa buku sehingga mempermudah umat beragama untuk membacanya. Buak Cuma itu banyak buku-buku agama yang sudah berbentuk pdf dan dapat dibaca menggunakan android.

7. bidang pendidikan

Contoh modernisasi di bidang pendidikan adalah adanya fasilitas-fasilitas yang dapat mempermudah proses belajar dan mengajar. Misalnya bermunculan nya buku-buku pelajaran yang berbentuk digital yang sangat mudah di bawah kemana-mana dengan memasukannya ke handphone.

8. bidang ekonomi

Contoh modernisasi dalam bidang ekonomi adalah kegiatan perekonomian yang semakin mudah khususnya dalam proses jual beli yang saat ini sudah bisa di lakukan secara online tanpa harus keluar rumah.

9. bidang kesehatan

Contoh modernisasi dalam bidang kesehatan adalah banyak-nya peralatan-peralatan canggih yang dapat membantu proses pengobatan. Peralatan tersebut digunakan di dalam rumah sakit untuk membantu dokter untuk menyembuhkan pasien.

10. bidang pertanian

Contoh modernisasi dalam bidang pertanian adalah munculnya peralatan canggih yang digunakan untuk membantu proses pengolahan pertanian. Contohnya adalah munculnya traktor yang digunakan untuk membajak sawah yang sebelumnya menggunakan kerbau.

Demikianlah artikel tentan pengertian modernisasi, tujuan modernisasi, dampak modernisasi, ciri-ciri modernisasi, dan contoh modernisasi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca.

Related Posts