Barang Komplementer dan 5 Contoh Barang Komplementer

Barang Komplementer

Barang Komplementer

Pengertian Barang Komplementer adalah barang yang fungsi atau kegunaannya saling melengkapi satu sama lain. Dengan kata lain jika terdapat satu barang makan barang lainnya harus ada untuk melengkapi fungsi barang yang sudah ada. Jika barang lainnya tidak ada makan akan terjadi penurunan fungsi dari barang utama.

Ibaratnya dua barang saling berkaitan, saling membutuhkan dan saling melengkapi. Misalnya terdapat dua barang yaitu barang A dan barang B, jika menggunakan barang A makan harus ada barang B untuk melengkapi fungsi barang A. begitu pun sebaliknya Jika terdapat barang B maka barang A harus ada, agar barang B dapat digunakan sepenuhnya.

Sehingga dapat disimpulkan jika barang pelengkap atau komplementer memiliki pasangannya. Seperti teh/kopi dan gula. Nah jika satu barang seperti kopi atau teh memiliki permintaan yang banyak. Maka gula juga akan ikut dalam peningkatan permintaan. Karena kedua barang ini disebut barang komplementer karena saling terkait dan saling membutuhkan.

Artikel Terkait: Barang Substitusi

Pada umumnya barang pelengkap atau komplementer tidak memiliki fungsi yang begitu penting, namun jika di kombinasikan dengan barang lain makan barang tersebut dapat akan memiliki manfaat yang sangat penting. Untuk lebih jelasnya kamu dapat melihat contoh dari barang komplementer berikut ini.

5 Contoh Barang Komplementer

Sebenarnya ada banyak sekali barang pelengkap yang ada di sekitar kita. Bahkan tanpa kita sadari kita juga menggunakan barang komplementer di dalam aktivitas kita sehari-hari. Berikut ini beberapa barang pelengkap.

1. Printer dan Tinta

Hampir setiap orang yang bekerja di kantor atau mahasiswa akan sering menggunakan printer. Jika printer tidak memiliki tinta maka printer tersebut tidak akan bisa digunakan. Di sinilah tinta sangat berperan dalam melengkapi printer agar dapat digunakan. Sehingga printer dan tinta disebut barang komplementer karena saling berkaitan.

2. Pelita dan Minyak Tanah

Yang hidup di tahun 90 an pasti pernah merasakan masa-masa dimana listrik belum menyebar secara merata. Sehingga harus menggunakan pelita. Ketika pada saat itu terdapat pelita dan tidak memiliki minyak tanah maka pelita tersebut tidak akan dapat menyala sehingga minyak tanah di sini berperan sebagai barang yang harus ada agar pelita dapat menyala.

3. Pulpen dan Buku

Anak sekolah ataupun mahasiswa pasti membutuhkan buku dan pulpen untuk menulis materi-materi yang diajarkan di sekolah atau kampus. Nah jika kamu membawa buku tanpa membawa pulpen makan buku tidak bisa digunakan. Karena pulpen disini digunakan untuk melengkapi fungsi dari buku tadi.

4. Android dan Paket Internet

Kamu pasti sudah memiliki smartphone, namun pada umumnya smartphone digunakan sebagai alat komunikasi saja. Namun jika smartphone tersebut memiliki akses internet akan bertambah fungsinya untuk mencari berbagai informasi. Sehingga android dan paket data atau internet merupakan barang komplementer.

5. Televisi dan Remote Kontrol

Televisi merupakan sebuah alat elektronik yang selalu ada di rumah kita. Untuk memindahkan channel pasti membutuhkan remote kontrol. Bagaimana jika televisi tidak memiliki remote kontrol, pasti televisi tidak dapat digunakan secara sempurna. Sehingga sehingga dengan adanya remote kontrol dapat menambah fungsi dari televisi.

Kesimpulan

Itulah 5 contoh dari barang komplementer. Dalam ilmu ekonomi barang komplementer dianggap sebagai barang pelengkap dari barang pokok. Sehingga jika barang pokok mengalami peningkatan permintaan makan barang komplementer juga akan ikut mengalami peningkatan permintaan. Karena tanpa barang komplementer, barang pokok akan tidak dapat digunakan secara sempurna.