Barang Substitusi dan 5 Contoh Barang Substitusi

By | 4 Maret 2020

Barang Substitusi

barang substitusi

Pengertian barang substitusi adalah barang pemuas manusia yang dapat digantikan dengan barang pengganti lainnya tanpa kehilangan fungsi dari barang lain nya. Substitusi dalam pengertian ekonomi adalah barang atau layanan jasa yang dapat dilihat konsumen sama dengan barang atau jasa lainnya. Berbeda dengan barang pelengkap atau komplementer.

Dalam teori ekonomi yang formal produk X dan Y jika produk X kehabisan stok dan Y mengalami peningkatan harga atau jika ada elastisitas silang positif dari permintaan. Contoh dalam lingkungan sehari-hari adalah ketika kamu ke kampus akan melakukan presentasi tentu kamu membutuhkan komputer atau laptop, tentu kamu akan membawa laptop karena komputer tidak memungkinkan untuk dibawa kemana-mana. Dengan kata lain laptop disini sebagai barang substitusi dari komputer.

Barang substitusi dipilih ketika barang aslinya mengalami berbagai perubahan misalnya stok nya habis, harganya yang meningkat atau barang substitusi lebih nyaman digunakan dari barang aslinya. Biasanya kedua barang tersebut tidak memiliki fungsi yang sama namun sama-sama digunakan untuk tujuan yang sama.

Artikel Terkait: 7 Tahap Memulai Bisnis

Contoh Barang Substitusi

Contoh Barang Substitusi
contoh barang subsitusi

Kamu sudah mengetahui apa itu barang substitusi. Untuk membantu kamu lebih paha tentang barang substitusi, kamu dapat melihat beberapa contoh barang substitusi berikut ini.

1. Pulpen/pena dan Pensil

Pada saat kamu mengikuti kegiatan seminar kamu membawa pulpen dan pensil namun pada saat kamu ingin menulis dan tinta pulpen kamu habis, kamu dapat menggunakan pensil sebagai pengganti pulpen, sehingga pensil menjadi barang pengganti untuk tinta pulpen yang habis.

2. Beras, jagung, sagu, dan ubi

Ketika kamu ingin memasak nasi namun tidak memiliki beras karena harga mahal. Kamu dapat mengganti beras dengan berbagai barang pengganti beras seperti jagung dan ubi karena jagung, ubi dan beras memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Nasi dan Mie Instan

Contoh ini sering dialami oleh anak kos. Ketika kamu ingin makan nasi namun kamu tidak memiliki nasi karena beras habis atau kamu lagi malas untuk masak nasi, kamu dapat membeli Mie Instan di warung sebagai pengganti Nasi. Karena mie instan dan nasi memiliki fungsi yang sama yaitu sumber energi walaupun nasi lebih baik ketimbang mie instan.

4. Laptop dan komputer

Ketika kamu berposisi sebagai konten writer atau penulis lepas kamu tentu membutuhkan komputer sebagai alat yang dapat kamu gunakan untuk menulis. Namun ketika kamu ingin keluar kota atau pergi rekreasi jelas kamu tidak mungkin membawa komputer karena susah di bawah ke mana-mana. Sebagai gantinya kamu dapat menggunakan laptop karena selain ringan dan kecil laptop juga mudah di bawah ke mana-mana. Karena laptop memiliki fungsi yang sama.

Artikel Terkait: Barang Komplementer

5. Kursi dan Tikar

ketika kamu ingin pergi ke tempat wisata dengan keluarga mungkin kamu membutuhkan kursi, namun kursi tidak memungkinkan di bawah ke mana-mana karena ukurannya yang besar. Makan kamu dapat menggunakan tikar sebagai pengganti kursi karena tikar mudah di bawah ke mana-mana cukup dilipat dan dimasukkan di tas.

Itulah 5 contoh dari barang substitusi, sebenarnya ada banyak sekali contoh dari barang substitusi yang belum di sebutkan. Namun di sini kami hanya menyebutkan 5 saja untuk membantu kamu memahami apa itu barang substitusi. Semoga dengan adanya 5 ini kamu dapat mengetahui contoh lain dari barang substitusi.

Kesimpulan

Barang substitusi akan di gunakan karena berbagai pertimbangan. Misalnya harga nya naik, barangnya susah di dapatkan atau kamu tidak dapat membelinya. Namun ada barang yang memiliki fungsi yang sama yang lebih terjangkau. Konsep ini seperti konsep ekonomi yang mengatakan jika tidak ada barang yang persis sama namun ada barang yang dapat menggantikan fungsi yang lainnya.

Di dalam sebuah perusahaan barang pengganti sebagai alat produksi sering digunakan karena alasan efisiensi dalam melakukan usaha. Contoh nya robot dan manusia, ketika menggunakan manusia akan memakan modal yang banyak sedangkan robot walaupun memiliki modal yang banyak namun memiliki waktu kerja yang cepat dan dapat memproduksi produk yang banyak dalam satu waktu. Sehingga robot di sini dapat dijadikan sebagai barang substitusi atau pengganti.

Author: Mutawakkil

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.