Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia
fungsi sdm

Fungsi msdm – Sumber daya manusia atau biasa di singkat dengan SDM, merupakan item penting yang harus ada di dalam perusahaan. SDM atau biasa di sebut sebagai human Recources memiliki peran penting di dalam perusahaan yang berkaitan degan fungsi sumber daya manusia bagi perusahaan atau organisasi.

SDM memiliki banyak sekali arti menurut para ahli, salah satu adalah pengertian SDM sebuah ilmu yang mempelajari bagai mengelola sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan agar memiliki kinerja yang baik.

Handoko merupakan Salah satu ahli berpendapat tentang pengertian sumber daya manusia (SDM) yaitu suatu proses penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan-tujuan individu maupun organisasi atau perusahaan.

Adapun manfaat dari adanya manajemen sumber daya manusia di dalam perusahaan adalah untuk memperkuat komunikasi antar karyawan dengan perusahaan. Fungsi manajemen sumber daya manusia sangat kompleks dalam membantu kelangsungan perusahaan. Berikut ini fungsi SDM yang dapat kamu rangkum dari beberapa sumber.

Baca Juga: Jenjang dan Tingkatan Manajemen di Dalam Perusahaan

Fungsi SDM dan Penjelasannya

Dengan adanya fungsi sumber daya manusia ini, SDM dapat mengetahui apa-apa saja perannya di dalam perusahaan untuk menjaga keberlangsungan perusahaan. Nah Berikut ini 10 Fungsi SDM di dalam perusahaan.

1. Mengatur Keanggotaan (Staffing)

Fungsi manajemen sumber daya manusia yang pertama adalah mengatur keanggotaan atau staffing, di dalam fungsi mengatur keanggotaan ini ada tiga kegiatan yang harus dilakukan yaitu merencanakan, perekrutan atau penarikan dan proses penyaringan atau seleksi. Di kegiatan ini dilakukan SDM untuk menyediakan, memilih dan menyaring calon karyawan perusahaan.

Sehingga Manajemen sumber daya manusia disini memiliki peran penting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia di dalam perusahaan. Untuk mendapatkan calon pekerja yang berkualitas staff Sumber daya manusia melakukan kegiatan seperti tes wawancara, keahlian, dan berbagai tes lainnya yang berkaitan dengan kualitas calon karyawan.

2. Evaluasi

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Fungsi manajemen sumber daya manusia yang kedua adalah Evaluasi. Dimana departemen sumber daya manusia harus memperhatikan kinerja karyawan di dalam perusahaan. Jika terdapat karyawan yang kinerjanya menurun SDM dapat mengevaluasi kinerja karyawan tersebut dengan cara membuat pelatihan dan penilaian karyawan untuk membantu meningkatkan kinerja karyawan.

Dengan adanya fungsi evaluasi, sumber daya manusia dapat memastikan karyawan untuk selalu bertanggung jawab atas tugas dan pekerjaan yang diberikan. Sehingga tugas departemen sumber daya manusia harus mampu bagaimana cara untuk membantu karyawan dalam mengembangkan keahlian dan kinerja mereka.

3. Penggantian dan Kepuasan

Fungsi yang ketiga adalah Penggantian dan Kepuasan atau biasa disebut dengan prize atau reward, dimana fungsi ini dapat menentukan kompensasi yang diterima karyawan sesuai dengan kinerja dan pekerjaan yang mereka lakukan. Selain itu staff sumber daya manusia juga bertugas untuk struktur gaji yang diterima oleh karyawan.

4. Pelatihan dan Penasehat

Fungsi sdm selanjutnya adalah menjadi Pelatihan serta Penasehat bagi karyawan. Dengan demikian pihak staf sumber daya manusia membantu pimpinan dalam memberikan pelatihan bagi karyawan maupun calon karyawan agar dapat menambah kinerja karyawan di dalam perusahaan. Selain memberikan pelatihan pihak sdm juga memberikan nasehat pihak manajer dan memberikan solusi jika terjadi masalah.

5. Membangun Relasi

Setiap perusahaan tentu akan memiliki mitra kerja yang dapat menunjang bisnis mereka. sehingga departemen memiliki peran penting dalam membangun relasi perusahaan dengan mitra bisnis mereka. sdm memiliki peran dalam melakukan negosiasi dan dengan pihak mitra kerja perusahaan. Sehingga departemen dipaksa untuk berperan dalam mencari jalan untuk mendapatkan persetujuan dengan pihak mitra kerja.

6. Menciptakan Kondisi Aman dan Sehat

Fungsi manajemen sumber daya manusia yang ke enam adalah menciptakan dan membuat lingkungan yang sehat, nyaman dan aman bagi pekerja. Dengan kata lain pihak departemen msdm harus menghindari hal-hal yang memiliki resiko yang dapat mencelakai karyawan. Sehingga dibutuhkan pelatihan yang khusus tentang keselamatan dalam bekerja.

7. Mendalami Masalah

Peran departemen sumber daya manusia adalah mencari solusi dari masalah yang timbul di dalam perusahaan. Di dalam perusahaan sering kali terdapat karyawan yang tidak disiplin di dalam perusahaan yang sering datang terlambat dan tidak hadir dalam bekerja atau malas-malassan. Sehingga departemen sumber daya manusia harus mendalami masalah tersebut dan mencari solusi untuk yang baik dalam menyelesaikan masalah.

8. Pengintegrasian

Fungsi yang selanjutnya adalah Pengintegrasian, Pengintegrasian maksudnya adalah menyatukan bagaimana kebutuhan karyawan dan kepentingan perusahaan. Jika integrasi antara karyawan dan perusahaan baik maka kerja sama antara karyawan dan perusahaan akan saling menguntungkan.

9. Pemeliharaan

Karyawan merupakan sumber daya yang sangat penting di dalam perusahaan sehingga diharapkan departemen sumber daya manusia dapat berperan baik di dalam menjaga dan memelihara karyawan, seperti kesehatan baik fisik maupun mental dan bagaimana karyawan dapat loyal terhadap perusahaan agar kerja sama semakin baik dan saling menguntungkan.

10. Pemecatan atau pemberhentian

Fungsi manajemen sumber daya manusia yang terakhir adalah pemberhentian atau pemecatan atau biasa di sebut dengan istilah PHK. Dalam memutus dan mengakhiri kontrak kerja dengan karyawan tentu memiliki alasan tertentu, namun alasan tersebut jelas dan dapat di terima.

Kesimpulan

Demikianlah fungsi manajemen sumber daya manusia, dengan adanya fungsi manajemen sumber daya manusia ini dapat memperjelas departemen msdm di dalam perusahaan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kamu tentang manajemen sumber daya manusia.