Cara Translate Jurnal

Cara Translate Jurnal

cara translate jurnal

Cara Translate Jurnal – Berbicara tentang jurnal, setiap mahasiswa yang memasuki semester akhir pasti membutuhkan jurnal untuk menjadi referensi dalam melakukan penelitian, baik itu skripsi maupun karya ilmiah. Biasanya jurnal yang digunakan adalah jurnal bahasa inggris yang tentunya tidak semua mahasiswa mengetahui arti yang ada di dalam jurnal tersebut. Sehingga diharuskan untuk menerjemahkan jurnal ke dalam bahasa Indonesia.

pada saat ini teknologi semakin berkembang sehingga memudahkan kita untuk mencari berbagai jurnal yang dapat dijadikan sebagai rujukan atau referensi untuk menyelesaikan penelitian kita. Namun terkadang ada juga informasi yang dibuat dalam bahasa Inggris sehingga tidak semua orang mengetahui sisi dari informasi di dalamnya.

Biasanya jurnal dibuat dalam bentuk dokumen sehingga cukup sulit untuk mentranslate dalam bahasa Indonesia namun Pada saat ini sudah banyak website yang dapat kamu gunakan untuk menerjemahkan jurnal dalam bentuk dokumen ke dalam bahasa Indonesia. Salah satunya adalah google translate.

Mungkin kamu mengira jika google translate hanya bisa menerjemahkan per kata, namun saat ini google translate sudah mampu menerjemahkan dokumen bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Pada artikel ini kamu akan mendapatkan informasi cara translate jurnal bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia.

Artikel Terkait: Situs Download Jurnal

4 Cara Translate Jurnal

Pada artikel ini kami memberikan 3 cara dalam mentranslate jurnal yaitu translate jurnal menggunakan Microsoft word, translate jurnal menggunakan google drive, mentranslate jurnal menggunakan google treranslate dan menerjemahkan jurnal menggunakan jurnal dengan bantuan website onlinedoctranslator.com. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Cara Translate Jurnal menggunakan Microsoft Office

  • Buka File Dokumen kamu menggunakan Menggunakan Microsoft Office sebaik nya menggunakan Microsoft Office 2013 ke atas.
  • Setelah itu buka dokumen yang ingin kamu terjemahkan dengan cara Klik kanan pada dokumen yang ingin kamu translate kemudian klik Open With > Word
cara translate jurnal
  • Setelah dokumen kamu terbuka usahakan save dalam bentuk doc > Klik Review/Peninjauan > Klik Terjemahkan > Terjemahkan Dokumen
Cara Menerjemahkan Jurnal
  • Setelah itu pilih bahasa yang kamu inginkan dan klik terjemahkan > tunggu hingga proses translate selesai > Jika sudah Selesai tinggal Kamu Save. lihat gambar berikut ini.
Cara Menerjemahkan Jurnal

2. Cara Menerjemahkan Jurnal Menggunakan Google Drive

  • Buka browser > Buka Google drive > Upload Dokumen
Cara Menerjemahkan Jurnal
  • Setelah dokumen terupload klik kanan pada dokumen klik buka dengan lalu klik Google Dokumen
klik kanan pada dokumen.
  • Setelah terbuka klik alat/tools > klik translate dokumen/ terjemahkan dokumen > pilih bahasa Indonesia klik terjemahkan dan tunggu hasilnya.
Cara Translate Jurnal
  • setelah itu akan masuk konfirmasi terjemahkan dokumen, kamu tinggal klik Terjemahkan dan tunggu hingga proses selesai
Cara Translate Jurnal

3. Cara Translate Jurnal Menggunakan Google Translate

  • Buka Browser Kamu kemudian ketika Google translate pada pencarian google > klik Google Terjemahan
Cara Translate Jurnal
  • Setelah masuk ke google terjemahan > klik Dokumen > klik Jelajahi Komputer
Cara Translate Jurnal
  • Setelah itu silahkan kamu cari dokumen yang ingin kamu translate dan klik open untuk mengupload dokumen tersebut
Cara Translate Jurnal
  • setelah terupload pilih bahasa yang kamu inginkan dan selanjutnya klik terjemahkan dan tunggu proses penerjemahan selesai.
Cara Translate Jurnal

4. Cara Translate Jurnal Menggunakan onlinedoctranslator

  • Setelah masuk ke halaman onlinedoctranslator scroll kebawah hingga kamu menemukan tombol terjemahkan sekarang seperti yang terlihat pada gambar berikut ini dan klik tombol tersebut
Cara Translate Jurnal
  • Setelah kamu klik tombol terjemahkan sekarang halaman selanjutnya akan terbuka seperti pada gambar berikut ini dan klik upload file
Cara Translate Jurnal
  • Setelah itu kamu tinggal upload dokumen yang ingin kamu terjemahkan dengan klik tombol upload file > tunggu hingga proses upload selesai jika sudah selesai kamu tinggal klik terjemahkan > tunggu proses penerjemahan selesai hingga muncul download dokumen terjemahan anda! Untuk mendownload hasil terjemahan dokumen kamu
cara translate jurnal

Kesimpulan

Itulah 4 cara translate jurnal, sebelum kamu mengikuti 4 cara di atas diharapkan laptop/pc kamu terhubung dengan internet, agar dapat berjalan dengan lancar. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam menyelesaikan masalah.