12 Alat Dan Bahan Laboratorium Biologi

By | 6 November 2019
alat dan bahan laboratorium biologi

Alat dan bahan laboratorium biologi – Ketika mendengar kata biologi mungkin yang terlintas di pikiran anda adalah penelitian dan eksperimen.Nah ketika berbicara tentang penelitian dan eksperimen anda akan terpikir tempat dalam melakukan kegiatan eksperimen adalah laboratorium.

Nah di dalam laboratorium tentu ada banyak sekali jenis barang-barang, bahan-bahan dan peralatan penting yang menunjang proses penelitian dan eksperimen. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas bahan yang sering digunakan untuk praktikum biologi, alat alat laboratorium biologi sma. Nah langsung saja berikut ini alat alat laboratorium biologi dan fungsinya beserta gambarnya.

Baca Juga: Manfaat Biologi

Alat dan Bahan laboratorium biologi Beserta Gambarnya

Untuk memperlancar suatu proses eksperimen di laboratorium tentu di butuhkan sebuah alat dan bahan yang lengkap dan sesuai standar. Nah setiap alat dan bahan ini yang terdapat di laboratorium tentu memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda. Nah berikut ini alat alat laboratorium biologi.

Baca Juga: Pengertian Biologi

1. Alat dan Bahan Laboratorium biologi| Mikroskop

Mikroskop

Mikroskop adalah suatu alat yang di gunakan untuk melihat sebuah objek yang memiliki ukuran yang sangat kecil agar dapat di lihat dengan mata. Mikroskop sendiri adalah sebuah alat yang selalu di temukan di semua laboratorium, maka dari itu mikroskop merupakan alat yang sangat penting dalam penelitian dan eksperimen.

2. LUP (Kaca Mata Pembesar)

LUP

Alat yang kedua adalah LUP atau kaca pembesar, fungsi LUP sendiri hampir sama dengan mikroskop yaitu untuk melihat sesuatu yang lebih kecil namun bedanya LUP di gunakan untuk melihat benda yang tidak terlalu kecil atau memperbesar ukuran benda yang sedikit kecil agar lebih jelas terlihat.

Baca Juga: Manfaat Biologi dalam bidang Kedokteran

3. Stetoscope

Stetoscope adalah suatu alat yang di gunakan untuk mengecek dan mendengar suara yang berada di dalam tubuh, misal nya suara jantung dan pernapasan. Stetoscope ini sering di dapatkan di rumah sakit atau tempat-tempat yang di gunakan untuk cek kesehatan, namun tidak jarang juga di dapatkan di laboratorium untuk kebutuhan penelitian atau eksperimen.

4. Autoclave

Autoclave adalah sebuah alat yang di gunakan untuk membersihkan atau menetralisirkan alat-alat yang terdapat di laboratorium dengan bantuan uap panas dengan tekanan yang sangat tinggi hingga 221’ C dengan waktu 15 hingga 20 menit. Autoclave ini cara kerjanya hampir sama dengan penanak/pemanas nasi namun Autoclave memiliki panas yang lebih tinggi.

5. Kotak Genetika

Kotak Genetika adalah sebuah wadah yang berbentuk kotak yang terbuat dari kayu atau pun plastik yang di gunakan untuk meletakan kancing dengan warna yang berbeda. Kancing yang memiliki warna yang berbeda dapat di pisahkan dan dapat juga di satukan dan di letakkan dalam Kotak Genetika dengan yang lainnya.

6. Terarium

Terarium

Alat yang ke enam adalah terarium, terarium ini hampir mirip dengan aquarium, terarium sendiri di gunakan sebagai biosfer buatan Karena fungsi alat ini adalah untuk melihat hal-hal yang terjadi di alam. Dengan kata lain alat ini dapat di isi dengan barbagai hewan, tumbuhan, bebatuan dan lain sebagainya guna untuk mensimulasikan hal-hal yang terjadi di alam.

7. Sphygmomanometer (Tensimeter)

Di lihat pada gambar di atas mungkin anda sudah sering melihat alat ini, yap benar sekali alat ini di sebut dengan Sphygmomanometer atau Tensimeter, alat ini digunakan untuk mengukur tekanan darah yang bekerja secara manual pada saat memompa ataupun mengurangi tekanan pada manset dengan sistem non invasive.

8. Audus Fotosintesis

Audus fotosintesis merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengurus pernafasan dari tumbumbuhan atau kecepatan penguapan yang telah diukur berdasarkan luas penampang waktu dan kapasitas. Dengan kata lain alat ini adalah alat bantu untuk fotosintesis pada tumbuhan.

9. Vaskulum

Vaskulum atau kotak botani adalah sebuah alat yang di pakai untuk menyimpan contoh sepsis botani agar tidak cepat kering pada saat di lakukan proses pengumpulan spesies botani tersebut di lapangan. Vaskulum memiliki ukuran panjang 30 cm, lebar 19 cm dan ketebalan nya 8 cm. Pada alat ini terdapat gantungan tali yang berfungsi untuk mempermudah saat di bawah.

10. Root Presure

Root Presure atau biasa di sebut dengan alat ukur tekanan alat yang di gunakan untuk mengetahui atau di gunakan untuk mengukur kekuatan akar pada tanaman tertentu. Root Presure ini bagian-bagianya terdiri dari pipa kapiler yang memiliki bentuk seperti huruf S. Pada ujung kaki terdapat pipa karet. Dinding kaki panjang diberi skala dan di bagian tengahnya ada sebuah reservoir untuk menampung raksa.

11. Pinset

Pinset

Pinset adalah salah satu alat dari banyak nya alat yang berada di laboratorium, pinset merupakan alat yang di gunakan untuk mengambil sesuatu dari dalam tubuh hewan pada saat proses pembedahan, agar tidak terkontaminasi oleh zat yang lain. Jenis-jenis pingset ada banyak dan perbedaannya terletak pada ujung pingset, ada yang berbentuk lancip ada yang tajam dan masih banyak lagi.

12. Atometer

Alat dan bahan yang terdapat pada lab laboratorium biologi ada atometer, atometer adalah sebuah alat yang di gunakan untuk mengukur kecepatan penguatan air yang terdapat di dalam udara di sekitar lingkungan dan waktu tertentu.

Nah itulah 12 alat beserta gambarnya yang berada di dalam laboratorum biologi, sebenarnya ada masih banyak sekali alat dan bahan yang belum tertuliskan di atas namun yang tertulis di atas adalah yang umum yang terdapat di dalam laboratorium biologi. Semoga artikel ini bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *