5 Contoh Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia sangat identik dengan suatu organisasi baik itu instansi maupun perusahaan karena sumber daya manusia sangat berperan penting di dalam sebuah organisasi untuk membantu keberhasilan organisasi untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Apa itu sumber daya manusia? Sumber daya manusia adalah individu yang produktif yang memiliki keahlian untuk membantu menggerakan organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sumber daya manusia merupakan aset perusahaan sehingga harus terus dilatih dan dikembangkan kemampuannya.

Baca Juga: 5 Contoh Sumber Daya Modal Lengkap Dengan PenjelasanNya

Contoh Sumber Daya Manusia

Contoh sumber daya manusia jika dilihat dari standar usia sumber daya adalah orang-orang yang sudah produktif yang dapat memberikan peran di dalam sebuah organisasi baik itu perusahaan ataupun instansi, Namun jika dilihat secara umum sumber daya manusia adalah seluruh individu manusia. Berikut ini contoh sumber daya manusia:

1. karyawan/Pegawai

Karyawan adalah salah satu contoh sumber daya manusia yang berperan di dalam membantu organisasi untuk mencapai tujuan yang sudah di tentukan, di mana peran tersebut akan di berikan gaji atau upah sesuai dengan jabatan yang ditempati di dalam organisasi.

2. Mahasiswa

Mahasiswa yang dimaksud adalah mahasiswa yang mempunyai skill dan kemampuan yang nantinya akan masuk ke dalam dunia kerja.

3. Pengangguran

Pengangguran juga termasuk dalam contoh sumber daya manusia yang belum mampu menggunakan keahlian nya dalam organisasi dan nantinya akan mendapatkan kesempatan untuk menggunakan keahliannya.

Baca Juga: Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

4. pemimpin perusahaan

Pemimpin perusahaan sudah jelas termasuk dalam contoh sumber daya manusia karena peran seorang pemimpin di dalam perusahaan sangatlah penting untuk menentukan arah tujuan perusahaan.

5. Tenaga Ahli dan Teknisi

Tenaga ahli adalah kelompok yang tidak bekerja di dalam organisasi melainkan seseorang yang memiliki keahlian untuk menerima tugas dari siapa saja (klien), dengan tugas tersebut akan mendapatkan upah yang sesuai. Contoh tenaga ahli adalah pengacara, akuntan, arsitek, dokter, konsultan, notaris, penilai, dan aktuaris.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Sumber Daya Manusia Dalam Konteks Bisnis

Kesimpulan

Sumber daya manusia adalah semua individu manusia yang memilki keahlian yang dapat dimanfaatkan dalam dunia kerja, dengan keahlian tersebut akan diberikan upah atau gaji.

Demikianlah artikel tentang contoh sumber daya manusia, semoga dengan adanya artikel ini kamu dapat mengetahui siapa saja yang termasuk dalam sumber daya manusia.

Related Posts

Tinggalkan komentar