Kelebihan Dan Kekurangan Pemasaran Langsung

Apa itu pemasaran Langsung? Direct marketing atau pemasaran langsung adalah suatu proses yang dilakukan seseorang atau organisasi dalam memperkenalkan produk atau layanan jasa yang dimiliki kepada calon pembeli dengan sistem bertemu langsung dan berkomunikasi secara langsung kepada calon konsumen.

Pemasaran langsung merupakan hal yang sering ditemukan di beberapa perusahaan dengan tujuan untuk memperkenalkan produk atau layanan jasa yang dimiliki kepada konsumen. Namun saat ini sudah jarang yang melakukan pemasaran direct atau secara langsung, karena teknologi sudah semakin berkembang.

Dengan adanya teknologi pemasaran secara online lebih banyak digunakan karena kelebihan yang lebih banyak dibandingkan dengan pemasaran secara langsung, namun masih terdapat beberapa perusahaan yang masing menggunakan cara pemasaran secara langsung yaitu dari pintu ke pintu. Dengan adanya pemasaran secara online bukan berarti pemasaran secara langsung tidak memiliki kelebihan.

Baca Juga: Pengertian Media Promosi : Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Contoh

Dibalik kelebihan dari pemasaran langsung tersebut, juga terdapat kekurangan yang menjadi pertimbangan utama sebuah perusahaan lebih memilih pemasaran langsung dibanding pemasaran online. Apa saja kelebihan dan kekurangan pemasaran langsung?

Kelebihan Dan Kekurangan Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung akan menghasilkan respon secara langsung dari konsumen, itu adalah salah satu kelebihan pemasaran langsung. Berikut ini kelebihan dan kekurangan pemasaran secara langsung.

Kelebihan Pemasaran Langsung

  1. Dapat menerima respon dari konsumen secara langsung
  2. Konsumen dapat melihat secara langsung produk yang di pasarkan
  3. Konsumen dapat lebih mengenal produk dan layanan jasa yang ditawarkan
  4. Target lebih spesifik
  5. Strategi pemasaran tidak mudah ditiru oleh pesaing
  6. Mengetahui apa yang diinginkan konsumen
  7. Konsumen lebih bebas memilih produk yang diinginkan
  8. Konsumen dapat membeli produk secara langsung maupun orang lain

Kekurangan Pemasaran Langsung

  1. Memakan biaya lebih banyak
  2. Membutuhkan alat transportasi
  3. Memakan banyak sumber daya
  4. Membutuhkan waktu yang lebih lama

demikianlah artikel tentang kelebihan dan kekurangan pemasaran langsung, semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca. Terima Kasih

Related Posts