Pengertian Amdal

Pengertian Amdal

Pengertian Amdal

Amdal – Dalam artikel ini kita akan membahas tentang materi AMDAL, mulai dari pengertian amdal, komponen amdal, tujuan amdal, manfaat amdal serta contohnya. Sebelum itu tahu kah kamu Amdal merupakan singkatan dari analisis mengenai dampak lingkungan.

Pengertian AMDAL adalah proses mengkaji dengan tujuan untuk mengetahui dampak dari suatu kegiatan proyek yang dilakukan dan direncanakan. Dengan kata lain Amdal digunakan untuk memperkirakan dampak lingkungan yang terjadi dari kegiatan yang dilakukan.

Seperti yang telah dijelaskan amdal digunakan untuk mendapatkan dan memperkirakan dampak yang terjadi. Sehingga dari analisis yang dilakukan tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman dasar sebelum melakukan kegiatan di dalam lingkungan hidup. Pada umumnya analisis ini dilakukan ketika hendak melakukan kegiatan proyek baru.

Amdal dilakukan analisis tentang berbagai macam faktor misalnya sosial ekonomi, biologi, politik, fisik ekonomi, dan sosial budaya semua hal tersebut dilakukan dengan secara keseluruhan. Amdal dibuat ketika suatu kegiatan proyek dilakukan diperkirakan dapat memberikan dampak terhadap lingkungan sekitar.

Artikel Terkait: Pengertian Transmigrasi

Tujuan Amdal

Pada umumnya tujuan amdal adalah untuk mengetahui dampak terhadap lingkungan dari kegiatan proyek yang dilakukan. Sehingga ketika melakukan kegiatan proyek dapat lebih hati agar dampaknya dapat dikurangi. Nah berikut ini beberapa tujuan dilakukannya amdal.

  • Sebagai dasar acuan untuk melakukan layak tidaknya dilaksanakan sebuah kegiatan proyek
  • Untuk masukan ketika melakukan desain teknis serta perencanaan untuk melakukan kegiatan proyek
  • Untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai dampak dari kegiatan proyek
  • Dasar acuan untuk konsep dasar ijin mendirikan proyek
  • Bahan untuk melakukan pendirian dan pembangunan wilayah

Manfaat Amdal

Ketika melakukan Amdal akan memberikan banyak manfaat kepada berbagai pihak. Termasuk masyarakat, pemerintah dan Wiraswasta atau pengusaha. Berikut ini manfaat amdal terhadap masyarakat dan pemerintah.

1. Manfaat Amdal Terhadap Pemerintah

  • Memberikan prinsip pembangunan yang berkelanjutan
  • Membantu pencegahan terhadap pencemaran lingkungan
  • Membantu untuk menjaga pembangunan agar sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan
  • Sebagai wujud tanggung jawab yang dilakukan pemerintah untuk pengelolaan lingkungan

2. Manfaat Amdal Terhadap Pengusaha

  • Memberikan keberlangsungan usaha masyarakat
  • Sebagai referensi untuk menjamin kredit
  • Memberikan kesempatan untuk berinteraksi yang saling menguntungkan dengan masyarakat
  • sebagai bukti ketaatan hukum Sebagai referensi untuk mengajukan kredit dan utang

3. Manfaat Amdal Terhadap Masyarakat

  • Memberikan informasi kepada masyarakat tentang dampak kegiatan
  • Untuk mengetahui informasi lebih awal tentang dampak kegiatan
  • Terlibat dalam proses pengambilan keputusan

Komponen Amdal

Berikut ini komponen amdal!

1. Penyajian Informasi Lingkungan

Penyajian Informasi Lingkungan merupakan suatu bentuk usaha yang dilakukan oleh pihak perencana untuk melakukan pengujian terkait keadaan di sekitar lingkungan tempat akan didirikan nya proyek. Penyajian Informasi Lingkungan ini mencakup hampir semua aspek yaitu kimia, biologi, sosial dan lain sebagainya.

Artikel Terkait: Pengertian Bangsa

2. Kerangka Acuan

Kerangka acuan dilakukan setelah melakukan pra proyek atau penyajian informasi lingkungan. Kerangka acuan ini dapat berupa laporan dari hasil studi pra proyek yang telah dilakukan sebelum kerangka acuan ini.

3. Rencana Pemantauan Lingkungan

Amdal digunakan untuk memantau seluruh proses yang berkaitan dengan proyek, mulai dari proses pembangunan hingga selesai. Pemantauan ini dilakukan secara continue atau berlanjut agar proyek dapat berjalan sesuai keinginan.

4. Rencana Pengelolaan Lingkungan

Dalam melakukan perencanaan seluruh pihak harus berperan dalam proses pelaksanaan proyek agar ketika melakukan proyek tidak terjadi penyimpangan yang tidak diinginkan terhadap lingkungan sekitar.

Contoh Amdal

Ada banyak sekali contoh amdal mulai dari bidak hidrologi, bidang pembangunan hotel, bidang penerbangan, bidang reklamasi, bidang agraria dan bidang lain nya. Namun pada artikel ini kita akan mengambil satu bidan yaitu hidrologi. Berikut ini contoh dari amdal pada bidang hidrologi.

Hidrologi merupakan cabang ilmu dari geografi yang membahas tentang perairan yang ada diseluruh dunia. Contoh amdal dalam bidang hidrologi adalah pembangunan tanggul yang ada di Indonesia khususnya.

Proyek Bantaran Sungai Banjir Kanal Barat di Pleret, Semarang

Mungkin kalian tidak asing lagi dengan nama Semarang Bridge Fountain, benar Semarang Bridge Fountain merupakan hasil dari proyek pembangunan bantaran sungai Banjir Kanal Barat di daerah Pleret, Kota Semarang.

Demikianlah artikel tentang materi Amdal, mulai dari pengertian amdal, contoh amdal, komponen amda, dan tujuan amdal. Semoga dengan adanya artikel pengertian amdal ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua.