Pengertian Deposito

By | 28 November 2019

Pengertian Deposito

Pengertian Deposito

Apa itu Deposito? Apa yang dimaksud deposito dan apa pengertian Deposito. Ketiga pertanyaan tersebut seringkali di keluarkan ketika mendengar kata deposito. Pengertian Deposito Adalah suatu produk dari bank yang hampir sama dengan jasa tabungan yang di berikan kepada masyarakat.

Dengan kata lain deposito ini adalah sebuah jasa penyimpanan uang yang di sediakan oleh bank tertentu yang di berikan untuk di gunakan oleh masyarakat umum. Agar masyarakat dapat lebih memaksimalkan kepemilikan uang mereka.

Baca Juga: Jenis-jenis perusahaan

Dalam menggunakan jasa deposito masyarakat tidak perlu khawatir lagi kehilangan uang karena telah dijamin oleh lembaga yang telah menyediakan jasa penyimpanan uang ini yang telah saya memenuhi syarat.

Jenis-jenis Deposito

Merujuk pada pengertian deposito di atas kita dapat melihat tiga Jenis-jenis deposito antara lain, deposito berjangka, sertifikat deposito dan deposito on call. Berikut ini penjelasan ketiga jenis deposito.

1. Deposito Berjangka

Deposito berjangka merupakan sebuah tabungan yang memiliki jangka waktu yang hanya memiliki waktu tertentu untuk melakukan deposit. Deposito berjangka ini hanya dapat di keluarkan oleh nama perorangan atau lembaga.

2. Sertifikat Deposito

Nah berbeda dengan deposito berjangka. Sertifikat deposito adalah sebuah deposito yang dikeluarkan berupa bentuk sertifikat. Sertifikat ini dapat di pindah tangan kan ke orang lain atau lembaga terntu. Bahkan sertifikat ini dapat di perjual belikan. Karena sertifikat keluar tidak memiliki atau mengarah pada nama atau lembaga tertentu.

3. Deposito On Call

Deposito On Call merupakan sebuah deposito berjangka pendek yang waktunya cukup singkat. Waktu deposito ini minimal 1 minggu atau 7 hari dan paling lama kurang dari 1 bulan. On call deposito hanya dapat di keluarkan dalam jumlah yang besar.

Fungsi Deposito

Fungsi Deposito terbagi menjadi dua bagian yaitu fungsi internal dan eksternal. Berikut ini penjelasan masing-masing.

1. Fungsi Internal

Fungsi internal merupakan fungsi yang digunakan untuk membantu seluruh aktivitas operasional yang dilakukan oleh bank di dalam ruang lingkup yang khusus bank itu sendiri.

2. Fungsi eksternal

Fungsi eksternal adalah fungsi yang terdapat di luar perusahaan bank yang di antaranya pada perusahaan yang bergerak pada bidang layanan jasa. Fungsinya adalah untuk mempermudah arus pembayaran uang.

Karakteristik Deposito

Berikut ini karakteristik Deposito

1. Setoran Minimal

Setoran awal deposito yang di buka dengan jumlah kecil sebagai awal dari membuka deposito yang jumlahnya besar dari tabungn. Perlu kamu ketahui jika setoran Minimal ini berbeda pada setiap bank

2. Jangka Waktu

Dalam penempatan deposito dapat di wajibkan dalam penyimpanan dana dalam jangka waktu yang telah ditetapkan yang dapat di pilih oleh nasabah bank. Waktu yang dapat di pilih oleh nasabah bank di antaranya 1,3,6 hingga 12 bulan.

3. Tidak dapat melakukan penarikan Sembarangan

Ketika melakukan deposito tentu akan memiliki jangka waktu yang telah di tentukan. Pada saat deposito belum jatuh tempo pada waktu yang telah ditetapkan, maka kamu tidak dapat melakukan penarikan atau pencarian dana kamu.

4. Jika melakukan penarikan secara paksa dapat di kenakan sanksi

Dengan adanya jangka waktu tertentu kamu tidak dapat melakukan penarikan secara paksa. Nah pada saat kamu membutuhkan uang dan kamu melakukan penarikan kamu akan di kenakan sanksi dari setiap penarikan yang telah kamu lakukan.

5. Bunga deposito

Ketika melakukan deposito, tentu kamu akan mendapatkan bunga dari bank. Bunga yang di dapatkan dari Bank selalu lebih besar dari bunga tabungan dari bank. Sehingga dengan otomatis dana yang kamu miliki akan berkembang lebih cepat.

Manfaat Deposito

Dengan adanya deposito dapat menjadi solusi yang tepat dalam mengatur perekonomian. Fungsi Deposito yang dapat dilihat dari segi kepentingan bank dapat dikalsifikasikan menjadi tiga bagian yaitu.

1. Dari Segi Bank

Manfaat Deposito untuk bank adalah untuk sarana dalam menghimpun atau mengumpulkan dana dari masyarakat atau badan hukum lainnya. Dengan adanya dana tersebut dapat di jadikan sebagai tambahan modal untuk menjalankan usaha perbankan dalam bidang pinjaman (kredit).

2. Dari Segi Deposito

Deposito memberikan suku bunga yang lebih besar dari simpanan lain, sehingga dapat mempercepat perkembangan dana. Juga dapat jaminan kredit yang bisa mengontrol dan mengolah keuangan yang lebih terencana yang sesuai dengan kebutuhan dan Jangka waktu tertentu.

Baca Juga: Jenis-jenis ekonomi

4. Deri Segi Perekonomian

Dengan himpunan dana yang di lakukan oleh bank dari masyarakat akan di salurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan dalam bentuk kredit atau pinjaman. Selain itu dana yang di dapatkan akan di gunakan untuk keperluan yang produktif yang secara otomatis dapat meningkatkan pendapatan nasional.

Nah itu lah artikel tentang pengertian deposito, jenis-jenis deposito, fungsi deposito, karakteristik deposito dan manfaat deposito. semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *