Pengertian Wiraswasta

Pengertian Wiraswasta dan Wirausaha

Pengertian Wiraswasta

Apa itu wiraswasta? Apa yang dimaksud dengan wiraswasta? Pengertian wiraswasta adalah seorang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai peluang usaha yang ada dan memiliki kemampuan untuk untuk mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan peluang usaha yang didapatkan.

Ada juga yang berpendapat jika pengertian wiraswasta adalah seseorang atau organisasi yang memiliki kemampuan untuk memberikan nilai tambah pada produk, untuk memberikan kepuasan tersendiri kepada pelanggan. Pada umum nya seorang wiraswasta juga memiliki sifat inovatif karena mereka mampu menciptakan hal-hal baru yang belum pernah ada.

Baca Juga: Pengertian Perusahaan

Pengertian wiraswasta menurut bahasa, diambil dari dua kata yaitu wira yang memiliki arti berani dan swasta artinya berani berdiri sendiri. Sehingga pengertian wiraswasta secara umum adalah orang memiliki keberanian untuk mendirikan usah sendiri. Orang yang melakukan hal tersebut dapat dinamakan sebagai pengusaha atau entrepreneur.

Pekerjaan wiraswasta adalah bagaimana seseorang melihat peluang-peluang yang dapat dijadikan sebagai sesuatu yang bernilai dan dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Dengan kata lain seorang pengusaha mau melakukan apa pun untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Perbedaan wiraswasta dan wirausaha terletak pada bagian bentuk gerak usah yang dilakukan dari perwujudan sikat itu sendiri. Pengertian wirausaha adalah suatu bentuk usah yang dilakukan sendiri dengan usaha sendiri, dengan memperkenalkan produk atau layanan jasa sendiri ataupun menciptakan organisasi atau perusahan sendiri.

Pengertian Wiraswasta Menurut Para Ahli

Untuk memperjelas pengertian wiraswasta di atas kamu dapat melihat pengertian wiraswasta menurut beberapa para ahli berikut ini.

1. Suhadi

Menurut Suhadi, arti wiraswasta adalah seseorang yang memiliki karakteristik tertentu seperti rasa percaya diri, keuletan dalam melihat masa depan dan memiliki mental yang kuat dan lincah dalam membangun usah sendiri.

2. Suryo

Menurut suryo, definisi wiraswasta adalah seseorang yang memiliki sifat mandiri, kreatif, gigih, kuat dan tangguh dalam menghadapi risiko yang mungkin akan muncul ketika mengelola usaha dan berbagai macam kegiatan untuk mendapatkan keuntungan.

3. Sumahawijaya

Pengertian wiraswasta menurut Sumahawijaya adalah seseorang yang mempunyai sifat yang pemberani, kegigihan, kekuatan, teladan, semangat dan keutamaan yang berasal dari diri sendiri.

4. Haryati Subadio

Menurut Haryati Subadio, wiraswasta adalah sorang pria yang sholeh yang mampu berdiri dengan kemampuannya sendiri, baik itu di sektor usaha kecil hingga usah yang lebih besar.

Artikel Terkait: Pengertian Organisasi

Ciri Ciri Seorang Wiraswasta

Di dalam diri seorang individu tentu memiliki potensi untuk menjadi seorang wiraswasta. Orang wiraswasta dengan orang yang tidak memiliki sifat wiraswasta jelas memiliki perbedaan diantara keduanya. Nah berikut ini ciri-ciri seseorang yang memiliki sifat wiraswasta.

1. Memahami Passion

Setiap wirausaha memiliki passion tersendiri di dalam dirinya. Mereka harus memahami passion tersebut dan dapat memanfaatkan passion tersebut untuk dijadikan sebagai ladang untuk menghasilkan uang. Pada umum nya bisnis yang dibangun denga passion akan jauh lebih mudah berkembang dan tahan akan resiko-resiko dari luar.

2. Memiliki Sikap Positif dan Percaya Diri

Orang wiraswasta umumnya memiliki sikap percaya diri di dalam dirinya sehingga mereka lebih sering mengerjakan sesuatu seorang diri. Namun hal tersebut dapat menimbulkan rasa percaya diri dan sikap positif yang tinggi.

3. Memiliki Sikap Dedikasi dan Disiplin

Orang wiraswasta umumnya memiliki sikap dedikasi yang tinggi. Selain itu mereka juga disiplin dalam sega hal khususnya dalam menjalankan bisnis mereka. sehingga kita lihat ada banyak sekali wiraswasta yang sukses karena mereka memiliki kedua sikap ini yaitu dedikasi dan disiplin.

4. Bertanggung jawab dan berani mengambil resiko

Sorang wiraswasta harus memiliki sikap bertanggung jawab dalam melakukan sesuatu hal dan berani mengambil segala risiko apapun. Jika seorang wiraswasta tidak memiliki sikap ini makan bisnis yang mereka jalankan tidak akan dapat bertahan lama.

5. Mudah beradaptasi dan fleksibel

Setiap usaha yang dijalankan jelas memiliki banyak risiko. Sehingga wiraswasta harus mempunyai banyak ide-ide untuk mengatasi risiko-risiko tersebut. Sehingga hal ini membuat wiraswasta lebih mudah dalam beradaptasi.

6. Memiliki Planning/rencana

Untuk menjadi wiraswasta harus dapat bergerak dan bertindak dengan cepat dan tepat. Untuk melakukan hal tersebut tidaklah mudah harus membutuhkan sebuah perencanaan yang efektif yang telah disusun sedemikian rupa. Usah yang baik harus memiliki rencana jangka pendek, jangka menengah hingga jangka panjang.

Contoh Wiraswasta dan Wirausaha

Ada banyak sekali contoh dari wiraswasta yang terdapat disekitar kamu. Tanpa kamu sadari bisa saja kamu sedang melakukan kegiatan wiraswasta dan wirausaha. Nah apa saja contoh dari wiraswasta dan wirausaha tersebut.

1. Contoh Jasa

Dibidang jasa terdapat banyak jenis contoh wirausaha dan wiraswasta. Berikut ini contohnya.

2. Contoh Jual Barang

  • Menjual makanan
  • Menjual make up wanita
  • Menjual meubel
  • Menjual kebutuhan rumah tangga
  • Menjual Asesoris HP dan Laptop
  • Dan lain-lain

demikianlah artikel tentang Pengertian Wiraswasta dan Wirausaha, ciri-ciri wirausaha dan contohnya. semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan dan menambah wawasan pengetahuan umum pembaca.