Pengertian Analisis SWOT

By | 15 November 2019

Pengertian Analisis SWOT

Pengertian Analisis SWOT 1

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan analisis SWOT? Sebuah istilah yang sering didengar dalam dunia kewirausahaan atau bisnis. Secara sederhana pengertian analisis SWOT adalah sebuah metode analisis perencanaan strategis untuk mengevaluasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam usaha mencapai tujuan tertentu yang terdiri dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), dan Threat (ancaman). Tujuan yang hendak dicapai dapat berskala jangka pendek maupun jangka panjang.

Istilah SWOT sering termuat dalam ruang lingkup materi ekonomi dan bisnis. Metode analisis ini memiliki tujuan yaitu untuk memberikan gambaran situasi dan kondisi yang sedang dihadapi dan bukan merupakan suatu alat analisis yang dapat memberikan solusi terhadap masalah yang sedang dihadapi oleh suatu organisasi bisnis atau perusahaan.

Analisis SWOT berperan penting dalam usaha bisnis sebab tujuannya dalam rangka membuat suatu perusahaan dari sudut pandang SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat). Dalam artikel kali ini akan dibahas secara lengkap tentang pengertian analisis SWOT dan manfaatnya dalam kehidupan berbisnis.

Baca Juga: Jenis-jenis Ekonomi

Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli

1. Philip Kotler

Menurut pandangan dari Philip Kotler, analisis SWOT dapat didefiisikan sebagai sebuah evaluasi terhadap semua kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang terdapat pada individu atau organisasi.

2. Pearce dan Robinson

Pearce dan Robinson memberikan pendapat mereka tentang analisis SWOT yaitu bagian dari proses manajemen strategik suatu perusahaan yang bertujuan untuk proses identifikasi kekuatan dan kelemahan utama yang dimiliki oleh perusahaan.

Kelemahan dan kekuatan utama tersebut dibandingkan dengan peluang dan ancaman dari luar atau eksternal sebagai landasan untuk menghasilkan berbagai alternatif strategi.

3. Yusanto dan Widjajakusuma

Menurut Yusanto dan Widjajakusuma, pengertian dari analisis SWOT adalah instrumen internal dan eksternal dari suatu organisasi bisnis atau perusahaan yang bertumpu pada basis data tahunan dengan pola 3-1-5. Penjelasan mengaenai pola ini adalah data yang ada diusahakan mencakup semua data perkembangan perusahaan pada tiga tahun sebelum analisis, apa yang diinginkan pada tahun saat dianalisis dan kecenderungan perusahaan pada lima tahun pasca analisis.

Baca Juga: Strategi dan Kebijakan Bisnis

4. Freddy Rangkuti

Menurut Rangkuti, definis dari analisis SWOT adalah usaha yang dilakukan berdasarkan logika yang dapat dilakukan untuk memaksimalisasi kekuatan dan peluang, dan pada saat yang sama dapat dilakukan untuk minimalisasi kelemahan dan ancaman. Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai macam faktor secara sistematis untuk perumusan strategi perusahaan.

5. Rais

Dalam pandangan Rais, analisis SWOT dapat diartikan sebagai sebuah metode analisis yang paling mendasar yang berguna untuk mengetahui topik dan permasalahandari empat sisi yang berbeda.

Hasil akhir dari analisis tersebut adalah pengarahan atau rekomendasi untuk mempertahankan atau meningkatkan kekuatan dan peluang yang ada, serta mengurangi kelemahan dan menghindari ancaman.

Unsur-Unsur Analisis SWOT

SWOT merupakan suatu metode yang sering digunakan untuk membuat evaluasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang kemungkinan muncul dalam bisnis. Umumnya analisis SWOT dapat digambarkan dengan tabel pada ukuran kertas yang besar untuk memudahkan menganalisis hubungan antar aspeknya.

Pembuatan analisis SWOT ini melibatkan berbagai tujuan bisnis yang spesifik dan identifikasi faktor-faktor internal-eksternal dalam rangka mencapai tujuan tersebut.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, analisis SWOT melibatkan empat unsur-unsur utamanya, yaitu Strengths (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), dan Threat (ancaman). Berikut ini penjelasan detail dari empat unsur-unsur tersebut.

1. Kekuatan (Strengths)

Analisis terhadap unsur kekuatan yang dimiliki oleh organisasi bisnis atau perusahaan. Sebagai salah satu contoh, menganalisis tentang kelebihan apa saja yang dimiliki oleh perusahaan seperti dari sisi penguasaan teknologi, kualitas produksi barang dan jasa, lokasi strategis, atau unsur kekuatan lainnya yang lebih menekankan pada keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan. Biasanya dalam analisis SWOT perusahaan cenderung akan membuat sebanyak mungkin daftar kekuatan sebagai upaya kompetisi.

2. Kelemahan (Weakness)

Disamping melihat unsur-unsur kekuatan yang dimiliki oleh suatu perusahaan, sangat penting juga untuk mengetahui apa-apa saja yang menjadi kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan.

Dalam rangka mengetahui kelemahan perusahaan bisa dengan melakukan perbandingan dengan pesaing seperti apa yang dimiliki perusahaan lain namun tidak dimiliki oleh perusahaan Anda.

Jika ingin membuat suatu daftar yang berisikan kelemahan perusahaan secara lebih objektif, bisa dengan melakukan testimoni terhadap konsumen yang umumnya lebih mengetahui apa yang kurang dari sebuah perusahaan.

3. Peluang (Opportunity)

Unsur peluang biasanya dibuat pada awal membangun sebuah bisnis. Hal demikian terjadi karena bisnis dibentuk berdasarkan peluang atau kesempatan untuk menghasilkan keuntungan. Unsur peluang termasuk ke dalam daftar apa saja yang memberikan probabilitas bisnis mampu bertahan dan diterima masyarakat, baik dalam jangka yang pendek maupun jangka panjang.

4. Ancaman (Threat)

Analisis terhadap unsur kemungkinan munculnya suatu ancaman sangatlah penting karena hal tersebut dapat menentukan apakah bisnis dapat bertahan atau tidak di masa depan.

Beberapa hal yang termasuk unsur ancaman misalnya adalah banyaknya pesaing dengan jenis produk yang sama atau homogen, ketersediaan sumber daya, jangka waktu minat konsumen dan lain-lain sebagainya.

Membuat daftar ancaman perusahaan bisa untuk jangka pendek maupun jangka penjang, serta bisa sewaktu-waktu bertambah atau berkurang.

Manfaat Analisis SWOT

Terdapat berbagai sumber yang menyatakan bahwa analisis SWOT adalah metode analisis yang paling mendasar. Analisis ini bermanfaat untuk mengetahui suatu permasalahan dari empat sisi yang berbeda, yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Hasil dari analisis SWOT ini dapat dipergunakan dalam mengajukan rekomendasi untuk meningkatkan kekuatan dan mempertahankan peluang, serta pada saat yang bersamaan mengurangi kelemahan dan menghindari adanya kemunculan potensi ancaman.

Analisis SWOT juga berperan sebagai instrumen yang bermanfaat dalam aktivitas analisis strategik. Melalui analisis ini, perusahaan dapat meminimalisir kelemahan dan menekan dampak ancaman yang harus dihadapi. Secara umum manfaat analisis SWOT adalah sebagai berikut.

  • Perusahaan dapat memahami kekuatannya dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkannya.
  • Perusahaan dapat melihat suatu peluang dan dapat mempertahankannya.
  • Perusahaan mengidentifikasi kelemahannya sehingga dapat melakukan pencarian solusi untuk mengurangi kelemahan tersebut.
  • Perusahaan mengetahui potensi ancaman serta mencari solusi untuk menghindari ancaman tersebut.

Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT

1. Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor-faktor yang mempengaruhi dan berasal dari dalam suatu organisasi atau perusahaan itu sendiri, yaitu berupa kekuatan dan kelemahan. Adapun beberapa faktor internal adalah sebagai berikut.

  • Sumber daya keuangan yang memadai
  • Sumber daya manusia yang memiliki kompetensi
  • Properti teknologi terkini
  • Kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan
  • Kemampuan pemasaran yang baik
  • Kemampuan distribusi yang baik.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah semua faktor yang mempengaruhi dan berasal dari luar perusahaan itu sendiri yakni meliputi peluang dan ancaman. Ada beberapa faktor eksternal yaitu sebagai berikut. Tren bisnis

  • Budaya masyarakat
  • Sosial politik dan ideologi
  • Kondisi perekonomian suatu negara
  • Peraturan dan kebijakan pemerintah
  • Perkembangan teknologi

Pentingnya Analisis SWOT dalam Bisnis

Jika mengacu pada uraian yang telah dijelaskan sampai saat ini, analisis SWOT sangat penting untuk dilakukan, yaitu sebagai kerangka untuk menganalisa apa yang dimiliki dan tidak dimiliki perusahaan. Analisis ini bukan hanya penting untuk membangun sebuah bisnis saja, namun sangat penting untuk keberlangsungan bisnis.

Analisa SWOT telah dianggap sebagai metode analisis untuk mendeskripsikan perusahaan yang paling mendasar. Melalui analisis ini dapat menjadi bahan untuk membuat perencanaan strategis dan mencapai tujuan perusahaan secara lebih sistematis.

Analisis yang diterapkan dengan baik dan dijalankan dengan benar dalam sebuah perusahaan akan sangat membantu untuk melihat sisi-sisi perusahaan yang selama ini tidak nampak. Tanpa melakukan analisis, bisa jadi usaha yang dibangun tidak berjalan secara efektif dan efisien.

Nah itulah artikel tentang pengertian anlisis SWOT, Unsur-unsur analisi SWOT, Faktor internal dan eksternal analisis SWOT. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *