Strategi dan Kebijakan Bisnis

Strategi dan kebijakan bisnis

Strategi dan kebijakan bisnis – Dalam melakukan proses berbisnis tujuan utama adalah mendapatkan kesuksesan untuk mendapatkan laba sebanyak-banyaknya. Nah untuk mendapatkan laba sebanyak-banyaknya tidaklah mudah. Nah ada beberapa strategi dan kebijakan yang harus anda ikuti dan terapkan agar bisnis anda dapat sukses.

Nah pada artikel kali ini, penaindo akan membagikan strategi dan kebijakan bisnis untuk membantu proses bisnis atau unit bisnis anda agar lebih maksimal dalam mendapatkan laba atau keuntungan dalam penjualan.

1. Strategi dalam bisnis

Nah berikut ini strategi yang dapat menunjang bisnis kamu agar lebih maksimal dalam mendapatkan laba atau keuntungan.

#1 Strategi Fungsional

Strategi fungsional adalah strategi yang digunakan untuk perusahaan untuk memaksimalkan produktivitas yang sumber daya yang terdapat di dalam perusahaan. Dengan memaksimalkan sumber daya yang ada dapat unit bisnis atau perusahaan keunggulan tersendiri.

#2 Strategi Marketing

Strategi marketing adalah strategi yang digunakan unit bisnis dalam memasarkan dan memperkenalkan produk nya. Usaha yang digunakan unit bisnis dalam menjalankan strategi ini adalah dengan menguasai pasar yang lebih luas, mengembangkan pasar dan menerapkan pull dan push strategy.

#3 Research And Development Strategy

Nah untuk membuat unit bisnis tetap eksis atau tidak nya terdapat dua pilihan yaitu menjadi pemimpin bisnis atau pengikut. Dengan menjadi pemimpin bisnis, bisnis kamu akan lebih dikenal oleh masyarakat sedang kan menjadi pengikut akan membuat bisnis kamu lambat dalam berkembang dan bisa saja ketinggalan dan hilang di makan zaman.

#4 Purchasing strategy

Strategi pembelian adalah suatu usaha untuk mendapatkan material atau bahan mentah dalam pembuatan output atau produk yang siap kamu pasarkan. Dengan strategi ini kamu dapat mendapatkan bahan mentah dengan lebih mudah dari berbagai sumber untuk mempersiapkan bahan baku di gudang.

#5 Strategi Keuangan

Dalam strategi keuangan terdapat strategi yang sudah banyak dikenal yaitu By Out (LBO). Di mana strategi ini perusahaan dapat di beli dan di danai oleh sebagian besar hutang.

#6 Operation Strategy

Strategi operasional berkaitan dengan proses di mana dan bagaimana pembuatan produk atau layanan jasa yang dibuat oleh unit bisnis atau perusahan. Strategi operasi ini berkaitan dengan pengoptimalan perusahaan dalam proses organisasinya.

#7 Logistics Strategy

Strategi ini berkaitan dengan arus masuk dan keluarnya produk bahan dalam suatu proses manufaktur.

#8 Human Resources Management Strategy

Manajemen Sdm atau manajemen sumber daya manusia strategi adalah berhubungan dengan perekrutan karyawan, promosi jabatan bagi karyawan di dalam perusahaan, menempatkan karyawan pada tempat yang sesuai keahlian mereka serta bagaimana meningkatkan kualitas pekerja dengan melakukan pelatihan-pelatihan secara bertahap dan terus menerus.

#9 Information System Strategy

Sistem informasi harus benar-benar diperhatikan oleh perusahaan atau unit bisnis. Seiring berjalannya waktu teknologi akan semakin berkembang. Era globalisasi akan terus berkembang dan perusahaan akan menghadapi masa-masa sulit untuk tetap beradaptasi dengan lingkungan yang terus maju dan teknologi terus di update.

2. Kebijakan dalam Bisnis

Kebijakan dalam bisnis adalah segala ketetapan atau aturan-aturan yang harus ditaati oleh perusahaan atau unit bisnis. Agar perusahaan dapat mencapai tujuan yang telah Di tentukan. Nah berikut ini kebijakan yang harus ditaati oleh unit bisnis.

#1 Kebijakan Produksi

Kebijakan produksi adalah pedoman yang harus diikuti perusahaan dalam melakukan aktivitas produksi di dalam perusahaan atau unit bisnis agar proses produksi dapat beroperasi dengan baik dan jauh dari risiko yang dapat terjadi.

#2 Kebijakan Harga

Kebijakan harga merupakan aturan yang sangat penting untuk diperhatikan di dalam perusahaan. Tinggi rendah nya harga pada suatu produk akan mempengaruhi penjualan. Dengan kata lain harga produk harus sesuai dengan kualitas dan biaya produksi yang dikeluarkan dalam proses produksi produk.

#3 Kebijakan Perusahaan

Kebijakan perusahaan merupakan pedoman yang perlu di terapkan di dalam proses pemasaran produk. Dalam proses pemasaran produk perusahaan harus mempersiapkan komunikasi yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai produk yang dimiliki.

#4 Kebijakan Iklan

Kebijakan iklan adalah aktivitas pemasaran yang berkaitan dengan marketing bagaimana menghasilkan pesan yang dibuat dalam bentuk iklan agar calon konsumen dapat tertarik produk yang dimiliki dengan melihat iklan yang telah di sebar di media-media.

Itulah strategi dan kebijakan bisnis yang harus diperhatikan oleh perusahaan atau unit bisnis agar dapat memaksimalkan laba yang didapatkan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca. Sekian dan terima kasih.

Sumber Referensi