Pengertian Kolonialisme

By | 10 Februari 2020

Pengertian Kolonialisme

pengertian kolonialisme

Apa itu kolonialisme? Apa yang di maksud dengan kolonialisme? Apa pengertian kolonialisme? Kolonialisme adalah sebuah sistem yang di mana sebuah negara menguasai suatu negara namun negara yang di kuasai masih tetap terhubung dengan negara asal. Untuk menguasai sebuah wilayah harus di lakukan dengan cara paksa untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Pengertian kolonialisme menurut bahasa, kolonialisme berasal dari bahasa latin yaitu koloni yang memiliki arti pemukiman. Yaitu usaha untuk menguasai sebuah negara baik dengan cara paksa maupun halus dengan tujuan untuk menguasai masyarakat dan sumber daya dari negara tersebut.

Pengertian lain kolonialisme adalah suatu usaha yang di lakukan sebuah negara untuk mengembangkan, memperluas dan menguasai masyarakat dan sumber daya yang terdapat di dalam sebuah negara yang di lakukan dengan cara paksa.

Artikel Terkait: Pengertian Imperialisme

Pengertian kolonialisme menurut para ahli

Nah untuk memperjelas pengertian kolonialisme di atas, kamu dapat melihat pengertian kolonialisme menurut beberapa ahli berikut ini.

1. Rochmadi

Menurut Rochmadi, kolonialisme adalah suatu politik yang di lakukan tentang koloni suatu daerah jajahan dan sebagian dari imperium.

2. Alan Bullock

Pengertian kolonialisme menurut Alan Bullock adalah suatu bentuk penerapan yang berdasarkan penegakan hukum yang tajam serta radikal terhadap negara jajahan.

3. Loomba

Definisi kolonialisme menurut Loomba adalah implikasi yang berupa perjumpaan antara manusia yang berupa dominasi dan penaklukan.

Tujuan Kolonialisme

Nah secara tujuan kolonialisme adalah untuk mencari keuntungan di sebuah negara baik itu dari segi ekonomi dan sumber daya. Umumnya wilayah koloni harus yang memiliki bahan mentah yang berlimpah untuk memenuhi tujuan dari negara yang melakukan koloni.

Tujuan koloni lainnya adalah untuk mengambil seluruh sumber daya alam yang terdapat pada negara yang akan di kuasai, sehingga negara yang akan di kuasai harus negara yang subur dan kaya akan sumber daya alamnya agar dapat di jadikan sebagai tempat negara koloni untuk mengambil sumber daya alam kemudian di bawa ke negara induk.

Macam Macam Kolonialisme

Ada beberapa jenis jenis kolonialisme berikut ini.

1. Koloni Penduduk

Pengertian koloni penduduk adalah sebuah penguasaan wilayah baru dengan cara paksa hingga menggeser masyarakat pribumi kemudian di gantikan dengan masyarakat koloni yang datang kemudian menjadikan masyakat pribumi tidak di perdulikan atau di biarkan terlantar.

2. Koloni Eksploitasi

Koloni eksploitasi adalah sebuah penguasaan wilayah atau daerah untuk di ambil kekayaan alamnya dengan melakukan kerja rodi maupun tanam paksa kepada masyarakat pribumi demi kepentingan negara yang melakukan koloni.

3. Koloni deportasi

Pengertian koloni deportasi adalah penguasaan wilayah atau daerah untuk di jadikan sebagai tempat pembuangan narapidana yang tidak bisa lagi di tangani oleh pemerintah yang melakukan koloni. Narapidana yang di buang adalah narapidana yang memiliki hukuman seumur hidup. Narapidana di tempatkan di suatu wilayah untuk mempekerjakannya tanpa di bayar.

4. Koloni Domisili

Koloni domisili adalah koloni yang di lakukan dengan cara suatu penduduk sebuah negara menempati wilayah atau daerah koloni.

5. Koloni lebensraum

Koloni lebensraum yaitu apa bila terjadi pembludakan masyarakat di negara induk sehingga sebagian masyarakat dari negara induk wilayah baru untuk tempat hidup yang baru.

6. Koloni Defensi

Pengertian koloni defensi adalah wilayah koloni yang dapat berupa kepulauan untu kepentingan pertahanan oleh wilayah yang melakukan koloni.

7. Koloni Netral

Koloni netral adalah negara yang melakukan koloni memberikan wilayah kepada masyarakat pribumi sebagai tempat tinggal tanpa adanya tekanan dari negara yang melakukan koloni.

Dampak Kolonialisme

Kolonialisme miliki dampak terhadap masyarakat wilayah dan negara yang melakukan koloni baik itu dampak negatif maupun positif. Berikut ini dampak negatif dan positif kolonialisme.

1. Dampak positif Kolonialisme

  • Mendapatkan kata serapan baru dari penjajah
  • Mendapatkan bangunan baru yang di bangun oleh negara penjajah yang nantinya dapat di manfaatkan
  • Mendapatkan pengetahuan baru dari penjajah bait itu dari segi pertanian tau yang lainnya
  • Meninggalkan peraturan yang bermanfaat yang nantinya dapat di terapkan
  • Munculnya pemikiran baru yang di bawah oleh penjajah

2. Dampak Negatif Kolonialisme

  • Mendapatkan penderitaan fisik dan kesengsaraan
  • Hak di rampas oleh negara penjajah
  • Harta dan jiwa di ambil karena ada paksaan untuk bekerja
  • Sumber daya alam di kuras oleh negara penjajah
  • Muncul kemerosotan dalam bidang sosial, ekonomi, politik dan lainnya.

Contoh Kolonialisme

Contoh dari kolonialisme ada banyak sekali yang terjadi di belahan dunia namun contoh terdekat nya adalah negara kita Sendiri Indonesia yang pernah di jajah selama 350 tahun oleh belanda. Belanda yang notabenenya sebagai negara yang melakukan koloni dengan cara mengambil kekayaan sumber daya alam negara Indonesia dan menerapkan kerja rodi kepada pribumi.

Demikianlah artikel tentang pengertian kolonialisme, tujuan kolonialisme, macam macam kolonialisme dan contoh kolonialisme. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan bagi pembaca.

Pencarian Terkait

  • pengertian kolonialisme dan imperialisme brainly
  • perbedaan kolonialisme dan imperialisme
  • persamaan kolonialisme dan imperialisme
  • latar belakang kolonialisme dan imperialisme