Pengertian Bank

By | 15 Agustus 2019

Pengertian Bank Secara Umum

Apa itu bank? Apa yang di maksud bank? Apa pengertian bank?. Mungkin ini adalah pertanyaan yang muncul di pikiran kamu ketika mendengar kata BANK. Menurut bahasa bank berasal dari kata banco yang di ambil dari bahasa Itali yang memiliki arti bangku.

Pengambilan kata bangku merujuk pada meja yang di gunakan oleh bangker dalam melakukan kegiatan oprasional untuk melayani masyarakat atau nasabah dan kemudia istilah bangku tersebut semakin berkembang sehingga lebih di kenal dengan istilah bank.

Pengertian lain bank merupakan suatu lembaga intermediasi keuangan yang umumnya didirikan dengan kewenangan dalam menerima simpanan uang dari nasabah, peminjaman uang, dan menerbitkan promes atau banknote.

Pengertian bank menurut Undang Undang RI No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan (pasal 1 ayat 2) adalah suatu badan usaha yang menghimpun atau menyimpan dana dari masyarakat/nasabah dalam bentuk tabungan dan menyalurkannya kepada masyarakat/nasabah dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lain dengan tujuan dalam meningkatkan taraf hidup orang banyak.

Baca Juga: Pengertian Pajak

Fungsi bank Utama Bank

Merujuak pada pengertian bank di atas kita dapat melihat fungsi bank secara umum. Fungsi bank secara umum dapat di bedakan menjadi dua yaitu Menghimpun dana dari masyarakat dan Menyalurkan dana kepada masyarakat berikut penjelasannya.

1. Menghimpun dana dari masyarakat

Bank menghimpun atau menyimpan dana dari masyarakat dalam tabungan, deposito berjangka, giro maupun bentuk simpanan lainnya. Dengan penghimpunan dana tersebut, bank dapat menjamin keamanan uang nasabah tersebut sekaligus dapat memberikan bunga untuk dana tersebut.

Setiap simpanan bank tersebut memberikan bunga yang berbeda-beda misalnya deposito memiliki bunga lebih tinggi, karena nasabah dapat menyimpan uangnya dalam jangka waktu tertentu agar bisa menikmati bunga lebih tinggi. Sedangkan bentuk simpanan atau tabungan dapat ditarik kapanpun demi keperluan nasabah.

2. Menyalurkan dana kepada masyarakat

Setelah menghimpun dana dari nasabah, bank akan menyalurkan dana tersebut pada pihak yang membutuhkan dengan cara sistem kredit atau pinjaman. Kredit yang ditawarkan oleh bank akan mengenakan bunga kepada peminjam. Produk kredit tersebut memiliki beberapa jenis contohnya Kredit Tanpa Agunan atau KTA Kredit Pemilikan Rumah atau di singkat dengan KPR, Kredit Mobildan jenis pinjaman lainnya.

Dengan penyaluran dana ini maka tujuan dari bank untuk pelaksanaan pembangunan nasional mampu terpenuhi. Masyarakat membutuhkan dana dapat mensejahtrakan kehidupannya serta menghasilan usaha untuk mendukung pembangunan nasional.

Jenis-jenis bank

Secara umum jenis-jenis bang terbagai menjadi tiga yaitu jenis bank berdasarkan fungsinya, berdasarkan operasionalnya dan berdasarkan kepemilikan. Berikut ini jenis jenis bank.

1. Jenis-jenis bank berdasarkan fungsinya

Jenis-jenis bank berdasarkan fungsinya ini terbagi lagi menjadi 3 bagian yaitu Bank Sentral, bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat berikut penjelasanya.

Bank Sentral

Apa itu bank sentral? Apa yang di maksud bank sentral? Pengertian Bank Sentral adalah sebuah lembaga lembaga keuangan atau instansi keuangan yang memiliki tanggunag jawab atas kebijakan moneter serta menciptakan suatu tingkat kegiatan perekonomian yang stabil di dalam suatu negara.

Bank Umum

Bank umum adalah suatu lembaga atau institusi yang melaksanakan suatu kegiatan usaha baik secara konvensional dan ataupun berdasarkan prinsip syariah, yang di dalam kegiatannya dapat memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

Bank Perkreditan Rakyat

Bank Perkreditan Rakyat (disingkat BPR) adalah sebuah lembaga atau instutusi keuangan bank yang memiliki kegiatan melaksanakan usaha baik itu secara konvensional ataupun berdasarkan Prinsip Syariah yang dalam terdapat kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

2. Jenis-jenis bank berdasarkan operasionalnya

Jenis-jenis bank berdasarkan operasionalnya terbagi menjadi 2 bagian yaitu bank konvensional dan bank syariah. Berikut penjelasanya.

Bank konvensional

Bank konvensional adalah sebuah lembaga atau isntusi yang melaksanakan sebuah kegiatan usaha yang secara konvensional yang di dalam kegiatan memberikan jasa dalam bentuk lalu lintas pembayaran secara umum yang berdasarkan prosedur serta ketentuan yang telah ditetapkan.

Bank Syariah

Bank syariah adalah suatu lembaga keuangan atau bank yang menjalankan sebuah kegiatan usaha berdasarkan syariah dan fatwa islam yang di atur di dalam fatwa majelis ulama Indonesia.

3. Jenis-jenis bank berdasarkan kepemilikan

Jenis-jenis bank berdasarkan kepemilikan terbagi menjadi 5 yaitu bank milik campuran, Bank Milik Pemerintah, Bank Milik Swasta, NasionalBank Milik Asing dan Bank Milik Koperasi. Berikut penjelasanya.

Bank Milik Pemerintah

Bank milik pemerintah adalah bank yang didirikan oleh pemerintah sebuah negara dan yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Negara itu sendiri. Contoh bank pemerintah di Indonesia yaitu BNI, BRI, BTN, dan Mandiri.

Bank Milik Swasta Nasional

Bank milik swasta nasional adalah bank yang didirikan oleh swasta nasional. Saham pada bank milik swasta ini juga sebagian besarnya dimiliki oleh swasta nasional. Contoh dari bank milik swasta nasional di Indonesia di antaranya Bank Muamalat,, BCA Bank Permata, Danamon, dan lain sebagainya.

Bank Milik Asing

Bank milik asing adalah bank yang didirikan dan dimiliki oleh pihak asing atau pihak dari luar negeri yang dimana mereka membuka cabang pada suatu negara lainnya.

Bank Milik Koperasi

Bank milik koperasi adalah bank yang didrikan dan dimiliki oleh perusahaan yang berbadan hukum koperasi dan seluruh sahamnya di miliki oleh pihak koperasi itu sendiri. Contohnya Bank Umum Koperasi Indonesia.

Bank Milik Campuran

Bank milik campuran adalah bank yang di dirikan baik oleh pihak nasional maupun luar negeri yang di mana sahamnya dapat di miliki secara campuran antara pihak nasional maupun pihak asing. Akan tetapi kepemilikan saham tersebut lebih didominasi oleh warga negara Negara bank didirikan. Contoh bank milik campuran di Indonesia yaitu Bank DBS Indonesia , Rabobank International Indonesia, Bank Capital Indonesia, Bank Mizuho Indonesia, dan dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *