5 Jenis-jenis Penelitian Yang Perlu Anda Ketahui

Pengertian Penelitian

Sebelum kita membahas apa- apa saja jenis-jenis penelitian, kita harus mengetahui apa pengertian dari penelitian. Ada banyak sekali pendapat mengenai jenis-jenis penelitian baik itu orang-orang yang menuntut ilmu hingga pengertian penelitian menurut para Ahli. Namun pada artikel ini saya akan memeberikan pengertian penelitian secara umum.

Apa itu penelitian? Penelitian adalah sebuah usaha yang di lakukan secara sistematik yang terkait dengan suatu kegiatan dalam mengembangkan dan menemukan suatu pengetahuan dan hal-hal yang baru yang benar-benar sesuai fakta dan dengan penyertaan contohnya.

Dalam kegiatan penelitian ada banyak sekali hal-hal yang harus di persiapkan dan juga ada 4 iptek yang menurut substansinya yaitu sebuah usaha yang bersifat sistematik dan hasil penelitian yang memiliki manfaat di dalam kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Nah berikut ini jenis-jenis penelitian yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Struktur Proposal Penelitian yang Perlu Kamu Kerahui

Jenis-Jenis Penelitian

Apa saja jenis-jenis peneitian? Secara umum jenis-jenis penelitian hanya terbagi menjadi dua (2) di antaranya kuantitatif dan kualitatif. Namun pada artikel kali ini kamu akan mendapatkan jenis penelitian yang lebih dari dua,berikut ini 5 jenis-jenis penelitian.

1. Eksperimen

Yang pertama adalah penelitian eksperimen, penelitian eksperimen sangat berkaitan dengan uji coba dalam mencari kebenaran atau suatu hal yang lain. Dalam kegiatan penelitian eksperimen umum di lakukan pengamatan dari apa yang menjadi objek atau korban eksperimen penelitian. Namun ada kekurangan dari eksperimen salah satunya memiliki risiko yang cukup besar terjadinya kegagalan.

Jenis penelitian eksperimen ini terbagi menjadi 4 bagian yaitu pre experimental design, quasy exprimental, true exprimental design, dan design faktorial.

2. Deskriptif

Jenis penelitian yang kedua adalah penelitian deskriptif, jenis penelitian ini merupakan sebuah kegiatan dalam mendeskripsikan berbagai peristiwa-peristiwa baik yang terjadi pada masa lalu maupun masa sekarang. Penelitian deskriptif memiliki perbedaan yang mencolok dengan penelitian eksperimen yaitu tidak di lakukan-nya perubahan variabel bebas.

Baca Juga: Inilah Pengertian Proposal, Fungsi dan Tujuanya

3. Korelasional

Jenis penelitian korelasional merupakan sebuah bentuk penelitian yang di dalamnya terdapat kegiatan atau proses pengumpulan data untuk memilih, menentukan dan menggabungkan dua variabel atau pun lebih. Dengan adanya gabungan dua variabel tersebut dapat membuat penelitian lebih memuaskan sesuai tujuan utama penelitian.

4. Penelitian Evaluasi

Penelitian evaluasi adalah sebuah jenis penelitian yang memiliki tujuan untuk mengecek sebuah proses keberlangsungan sebuah logam serta juga waktu yang sama dan menerangkan fakta-fakta yang bersifat kompleks secara keseluruhan serta termasuk dalam program.

5. Penlitian Simulasi

Penelitian simulasi adalah sebuah penelitian yang tujuannya untuk mencari sebuah gambaran dengan melalui sistem dalam skala kecil atau pun yang lebih sederhana yang di mana nantinya di dalam sistem tersebut di lakukan pengendalian dan manipulasi untuk mendapatkan pengaruhnya.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai pengertian dan berbagai jenis-jenis penelitian beserta penjelasan-nya masing-masing.