Pengertian Manajemen Persediaan: Definisi, Manfaat dan Fungsi

By | 9 November 2019

Pengertian Manajemen Persediaan

Sebelum Kita membahas apa itu Manajemen Persediaan, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu persediaan. Pengertian Persediaan adalah Berbagai macam barang yang di sediakan untuk di gunakan di masa mendatang. Persediaan dapat berupa barang milik perusahaan atau individu yang dapat di jual atau di gunakan untuk memproduksi barang tertentu.

Apa itu Manajemen Persediaan, apa yang dimaksud manajemen persediaan dan apa pengertian manajemen persediaan. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian manajemen persediaan, pengertian manajemen persediaan menurut para ahli, manfaat manajemen persediaan, tujuan Manajemen Persediaan dan pertanyaan Manajemen Persediaan.

Pengertian manajemen persediaan adalah adalah suatu bagian dari manajemen untuk mengatur berbagai persediaan barang milik perusahaan agar lebih teratur dalam pemanfaatan nya. Mulai dari cara mendapatkan persediaan, cara penyimpanan, hingga pemanfaatan dan pengeluaran.

Pengertian persediaan menurut para ahli

Untuk memperkuat teori tentang pengertian manajemen persediaan diatas, kita juga dapat melihat pendapat beberapa ahli tentang pengertian manajemen persediaan, nah berikut ini pengertian manajemen persediaan menurut para ahli dalam bukunya.

1. Sofjan Assauri

Persediaan menurut Sofjan Assauri adalah suatu aktiva yang meliputi berbagai barang yang dimiliki perusahaan yang tujuan untuk dijual dalam suatu periode usaha yanf normal atau persediaan barang baku yang menunggu dalam penggunaannya dalam suatu proses produksi.

2. Freddy Rangkuty

Pengertian persediaan menurut Freeddy Rangkuty adalah suatu aktiva yang meliputi barang-barang milik perusahaan dengan maksud untuk dijual dalam suatu periode usaha tertentu atau persediaan barang-barang yang masih dalam pengerjaan atau proses produksi, atau persediaan bahan baku yang menunggu penggunaan nya dalam suatu proses produksi.

Manfaat Manajemen Persediaan

persediaan Ada beberapa ahli yang menjelaskan manfaat dari manajemen persediaan bagi perusahaan, namun di sini kita akan mengambil manfaat Manajemen persediaan menurut Heckert, Berikut ini manfaat Manajemen persediaan menurut Heckert di dalam bukunya.

  1. Dapat memberikan tekanan terhadap investasi modal di dalam persediaan di tingkat minimum.
  2. Dapat meminimalisir terjadinya pemborosan pada bianya yang di keluarkan pada pengadaan persediaan misalnya kerusakan, pengeluaran, penyimpanan dan lain sebagainya.
  3. Dapat mengurangi terjadinya pencurian dan kerusakan pada persendian.
  4. Dapat menetralisir risko yang akan terjadi dalam penundaan produk, dengan cara selalu menyediakan barang baku yang di butuhkan.
  5. Dapat memberikan layanan jasa yang memuaskan pada pelanggan, dengan cara selalu menyediakan barang yang di butuhkan.
  6. Dapat meminimalisir investasi untuk fasilitas serta peralatan yang di butuhkan di gudang.
  7. Dapat di lakukan produksi yang lebih merata, dengan selalu tersedia barang yang dibutuhkan.
  8. Dapat mengurangi kerugian dari jatuhnya harga di pasar

Fungsi Manajemen Persediaan

Di dalam materi Manajemen Persediaan, terdapat fungsi manajemen persediaan yang kita pahami agar dapat mengetahui lebih jauh materi Manajemen Persediaan. Berikut ini fungsi manajemen persediaan.

  1. Untuk memastikan Persediaan atau Safety Stock.
  2. Untuk meminimalisir risiko akibat keterlambatan dalam pengiriman Persediaan.
  3. Untuk meminimalisir risiko dari harga fluktuatif.
  4. Untuk memperoleh harga diskon dari pemesanan dalam jumlah besar.
  5. Untuk menyesuaikan jadwal produksi dengan pembelian.
  6. Untuk mengantisipasi suatu perubahan yang akan terjadi pada permintaan dan penawaran.
  7. Untuk mengantisipasi pemesanan yang sifatnya mendadak dan mendesak.
  8. Untuk menjaga persediaan musiman, agar jika di butuhkan dapat di penuhi.
  9. Untuk memberikan pengawasan terhadap pesanan yang tidak sesuai dengan spesifikasi, agar dapat di kembalikan ke supplier.
  10. Mengetahui dan menemukan kuantitas barang agar dapat di simpan lebih banyak.

Biaya Dalam Persediaan

Biaya persediaan dapat di bagi menjadi 4 ketagori, yaitu Biaya pemesanan atau order cost, biaya penyimpanan atau Carrying cost, Biaya persiapan set up cost dan Biaya kehabisan atau kekurangan bahan.

Model Pendekatan Manajemen Persediaan

Di dalam materi Manajemen Persediaan terdapat tiga pendekatan yang di perlukan untuk di lakukan yaitu economic order quantity, periodic review serta material requirement planning.

1. Economic Order Quantity

Di dalam pendekatan Economic order quantity yang di mana banyak nya jumlah pemesanan yang paling ekonomis di antaranya jumlah pembelian yang mampu mengurangi biaya pada pemeliharaan barang di gudang tiap tahunnya.

2. Periodic review

Dalam pendekatan periodic review adalah di lakukannya pemesanan suatu barang pada interval waktu yang sama. Maksudnya adalah pemesanan barang sudah di jadwalkan agar dana pengadaan barang sudah di siapkan.

3. Material Requirement Planning

Sedangkan pendekatan terakhir adalah material Requirement Planning, Pendekatan ini adalah ketika melakukan pengadaan barang dengan cara membeli perlu dilakukan sebuah perencanaan untuk produk yang terdapat komponen atau biasa di kenal system assembling, Agar menjamin persediaan.

Itulah artikel tentang materi manajemen persediaan, mulai dari pengertian manajemen persediaan, fungsi manajemen persdiaan dan manfaat manajemen persediaan. Semoga Ilmunya bermanfaat dan dapat di terapkan dalam kehidupan sehari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *