Pengertian Seminar

By | 21 Februari 2020

Pengertian Seminar

Pengertian seminar

Apa itu seminar? Apa pengertian seminar? Pengertian seminar secara umum adalah sebuah pertemuan kelompok yang diselenggarakan oleh satu orang individu atau lebih untuk membahas suatu masalah dan mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut secara ilmiah.

Pengertian lain dari seminar adalah pertemuan antar kelompok untuk membahas suatu topik pembahasan tertentu dan mencari solusi dengan cara melakukan interaksi tanya jawab. Pengertian seminar secara etimologis adalah seminar diambil dari bahasa latin yaitu seminarium yang memiliki arti tanah tempat untuk menanam benih.

Baca Juga: Pengertian Musyawarah

Setiap diakhir seminar akan selalu diakhiri dengan kesimpulan sebagai solusi dari permasalahan dan disampaikan kepada peserta yang mengikuti seminar. Agar solusi tersebut dapat diterapkan oleh peserta seminar dikehidupan sehari-hari nya.

Selain itu peserta seminar juga akan mendapatkan sebuah sertifikat sebagai tanda bukti jika mereka telah mengikuti seminar dan memiliki ilmu dan pengetahuan pada bidang baru. Sertifikat tersebut dapat dijadikan sebagai kualifikasi untuk mendaftar di dunia kerja nantinya.

Ciri-Ciri Seminar

Seminar berbeda dengan muktamar, konferensi pers dan kegiatan diskusi lainnya. Berikut ini ciri-ciri dari seminar yang perlu kamu ketahui.

1. Berbentuk Forum

Pada umum nya seminar ini berbentuk forum yang melibatkan peserta seminar dan terjadi interaksi dua arah antar pemateri dengan audiens terhadap materi yang disampaikan.

2. Mengacu Pada Makalah

Secara umum pembahasan seminar diambil dari makalah, power point atau kertas kerja lainnya yang telah disusun oleh pemateri dan disajikan kepada oleh pembicara seminar.

3. Membahas Isu Ilmiah

Setiap seminar akan membahas isu ilmiah yang aktual sebagai bahan topik pembahasan pada seminar.

4. Terdapat respon dari audens

Di dalam kegiatan seminar parah ahli dibidangnya akan diberikan kesempatan untuk menyanggah makalah yang disampaikan oleh pemateri dan peserta seminar akan diberikan kesempatan untuk ikut menyanggah materi yang disampaikan oleh pembicara.

Baca Juga: Pengertian Workshop

Fungsi dan Tujuan Seminar

Tujuan seminar adalah menyampaikan pendapat atau sesuatu yang baru kepada para peserta seminar melalui topik pembahasan. Setelah mendapatkan hal yang baru dari topik pembahasan tersebut peserta dapat menyampaikan kembali kepada khalayak luas. Fungsi seminar adalah media untuk menyampaikan informasi baru yang bersifat ilmiah yang nantinya dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan.

Susunan Acara Seminar

Berikut ini susunan acara yang umum nya terdapat di dalam seminar. Yang menjadi penyusun nya adalah seluruh terlibat di dalam seminar tersebut. Berikut ini susunan acaranya.

  • Laporan ketua Pelaksana
  • Penyajian ketua
  • Pembahasan oleh pembicara
  • Diskusi atau tanya jawab
  • Kesimpulan
  • Penutupan

Contoh Seminar

Ada banyak sekali contoh seminar yang telah di lakukan. Berikut ini contoh seminar

  • Seminar menulis
  • Seminar prakarya
  • Seminar narkoba
  • Seminar pendidikan
  • Seminar usaha
  • Seminar bisnis
  • Seminar Proposal

Demikianlah artikel tentang pengertian seminar, fungsi dan tujuan seminar, ciri-ciri seminar, susunan acara seminar dan contoh seminar. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan umum kita semua.

Author: Mutawakkil

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.