Perbedaan Software dan Hardware

Perbedaan Software dan Hardware – Assalamu’alaikum teman teman masih banyak yaa belum bisa bedain mana software dan hardware kali ini saya akan menjabarkan satu persatu biar teman – teman dapat memahami serta bisa membedakan antara software dan hardware. Setidaknya kita bisa bedakan dan bisa jawab ketika ditanya apa Perbedaan antara software dan hardware.

Sebelum masuk ke pembahasan tentang perbedaan software dan hardware secara mendalam kita harus lebih dulum tahu apa itu software dan apa itu hardware. Berikut ini ulasan tentang sofware dan haedware.

Apa itu Software?

Software merupakan perangkat lunak yang tidak dapat disentuh secara fisik. Namun dapat dibaca dan ditulis oleh komputer.

Apa itu Hardware?

Hardware merupakan perangkat keras yang secara fisik dapat dilihat atau dipegang dan dapat dipindahkan, hardware salah element dari sistem komputer yang dapat mendukung proses komputerisasi

Perbedaan software dan hardware

Dapat disimpulkan dimana software tidak dapat dipegang secara langsung sedangkan hardware dapat dipegang secara langsung, sedangkan software tidak dapat berjalan tanpa hardware begitupun dengan sebaliknya hardware tidak bisa berjalan tanpa software.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Berikut contoh software dan hardware

Contoh software

1. Monitor

Monitor merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai output dari CPU berupa biner, adapun jenis monitor adalah:

  • Monitor CRT (Chatode Ray Tube)
  • Monitor LCD (Liquid Cristal Display)
  • Monitor LED (Light Emiting Diode)
  • Monitor Plasma

2. CPU (Central Processing Unit)

CPU merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai menerima dan melaksanakan suatu perintah, CPU disini menjalankan perintah dengan benar, jika terjadi kesalahan makan CPU tersebut mengalami kerusakan. CPU memiliki berbagai macam komponen didalam seperti Unit Kontrol, Register dan Aritmathic logic unit.

3. Speaker

Speaker merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk merubah gelombang elektrik atau listrik menjadi suara atau audio. Komponen tersebut dapat berjalan selama komponen bekerja dengan baik.

4. RAM (Random Access Memory)

RAM sebagai penyimpanan data sementara serta membaca, kapasitas RAM disuatu komputer berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data atau loading komputer tersebut

Baca Juga: Pengertian RAM: Sejarah, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

5. Mouse

Mouse termasuk dalam golongan perangkat input (masukan) dimana mouse mengatur pergerakan kursor secara cepat.

6. Keyboard

Keyboard merupakan perangkat keras yang berbentuk papan dan memiliki berbagai tombol yang berfungsi sebagai alat untuk input data berupa angka, huruf dan simbol.

7. Harddisk

Harddisk merupakan memori yang berkapasitas tinggi pada komputer yang berfungsi sebagai pneyimpanan data dan membaca data.Adapun komponen harddisk diantaranya ada Platter, Spindle, Read/write head & read/write actuator arm.

8. Prosesor dan fan

Dalam sebuah CPU terdapat yang namanya prosesor dan fan dimana prosesor merupakan induk atu otak komputer dan berbentuk sebuah chip. Sedangkan fan sebagai pendingin atau kipas supaya tidak mudah panas.

Contoh hardware

1. Sistem Operasi

Sistem operasi adalah salah satu perangkat lunak yang mengatur serta mengontrol kerja perangkat keras dan menjalankan aplikasi didalam suatu sistem komputer contoh sistem operasi : Linux, MacOS, Android, iOS, Microsoft windows dll.
Aplikasi

Aplikasi adalah perangkat lunak yang beroperasi pada sistem tertentu tanpa aplikasi komputer tidak akan berguna, misal aplikasi microsoft office, adobe premier, photoshop dll.

2. Driver Software

Driver software berfungsi menghubungkan perangkat lunak dan perangkat keras jadi tanpa driver software tidak akan saling terhubung. Contoh : Drivers laptop, drivers komputer, driver wifi dll.

Contoh kasus yang terjadi pada software:

Misal dalam membuka aplikasi sementara berjalan tiba – tiba terjadi not responding bisa jadi diakibatkan aplikasinya terlalu berat sehingga terjadi loading. Dalam hal ini softwarenya yang bermasalah jadi jangan panik cukup Ctrl + Alt + del untuk melakukan restart atau klik beberapa aplikasi yang dijalankan baru close.

Contoh kasus yang terjadi pada hardware:

Misal laptop kamu taro terus ada yang tindisi bendak misal bebannya melebihi beban laptop kamu bisa jadi terjadi kerusakan LCD nya itu berarti hardwarenya mengalami kerusakan. Cukup diperiksa ditukang service atau ganti LCD baru, biasa harganya itu 800 ribu keatas yaa.

Sekian perbedaan software dan hardware semoga dapat bermanfaat dan dapat dibedakan mana software dan hardware.

Related Posts