Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi

Apa pengertian teks eksplanasi? Apa itu teks eksplanasi (explanatory text)? Pengertian teks eksplanasi adalah sebuah teks yang ditulis untuk tujuan menjelaskan mengenai sebuah tahapan proses terjadinya mengapa dan bagaimana sebuah fenomena atau peristiwa yang berkaitan dengan alam, ilmiah, sosial dan budaya.

Ada juga pendapat lain yang mengatakan jika Explanatory text adalah sebuah paragraf atau teks yang menjelaskan informasi terjadinya suatu peristiwa alam atau pun fenomena alam, kehidupan sosial budaya dan ilmu pengetahuan. Pada umum nya teks eksplanasi sering muncul di dalam buku-buku sejarah dan geografi.

Baca Juga: Pengertian Artikel

Pada dasarnya tujuan teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan bagaimana mengapa sebuah peristiwa alam di sekitar kita itu terjadi. Contohnya adalah peristiwa banjir bandang yang terjadi di berbagai daerah. Nah teks eksplanasi ini harus menjelaskan peristiwa banjir tersebut.

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Para Ahli

Nah untuk membantu kamu memperjelas pengertian teks eksplanasi, kamu dapat membaca pengertian teks eksplanasi menurut para ahli berikut ini.

1. Restuti (2013:85)

Pengertian Explanatory text menurut Restuti teks yang menjelaskan tentang proses fenomena alam maupun sosial yang terjadi di sekitar kita.

2. Mahsun, 2013: 189

Menurut Mahsun, teks eksplanasi adalah sebuah Teks yang disusun dengan terstruktur yang terdiri yaitu bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi atau penutup.

Baca Juga: Pengertian Berita

Tujuan Teks Eksplanasi

Merujuk pada pengertian teks eksplanasi, adapun tujuan dari teks eksplanasi adalah untuk memberikan penjelasan tentang peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Untuk di pelajari sehingga teks eksplanasi harus mengandung penjelasan hubungan sebab dan akibat yang terdapat di dalam fenomena atau perstiwa. Teks eksplanasi harus berbentuk edukasi yang mudah dipahami.

Manfaat Teks Eksplanasi

Dilihat dari tujuan teks eksplanasi yaitu untuk menjelaskan tahapan proses terjadinya suatu peristiwa baik itu fenomena alam maupun bencana alam. Sehingga dapat disimpulkan manfaat dari teks eksplanasi adalah untuk dijadikan bahan pelajaran dan diteliti dari berbagai fenomena dan bencana alam yang telah terjadi di sekitar kita.

Jenis Teks Eksplanasi

Nah menurut NWS Departement School and Education “2012” terdapat empat jenis teks eksplanasi. Adapun teks eksplanasi tersebut sebagai berikut.

1. Eksplanasi Sequential

Eksplanasi Sequential merupakan jenis teks eksplanasi yang memberikan penjelasan setiap rincian semua proses tahapan fenomena alam seperti urutan siklus kehidupan rantai makanan dan berbagai fenomena lainnya.

2. Eksplanasi Kausal

Eksplanasi Kausal sendiri merupakan jenis eksplanasi yang menjelaskan tentang asal mula proses terjadinya suatu bencana alam yang terjadi. Misalnya proses terjadinya tanah longsor, gempa bumi, kebakaran, dan bencana alam lainnya.

3. Eksplanasi Teoritis

Eksplanasi Teoritis adalah jenis teks eksplanasi yang bersifat spekulasi dari bencana alam lainnya. Artinya adalah bencana alam yang terjadi dapat menimbulkan bencana alam lainnya. Seperti bencana alam gempa bumi yang dapat menimbulkan tsunami.

4. Eksplanasi Faktorial

Jenis teks eksplanasi ini adalah jenis yang menjelaskan tentang efek atau akibat dari bencana alam yang telah terjadi. Misalnya akibat terjadinya gempa bumi yang dapat menimbulkan kerusakan bangunan dan lain sebagainya.

Ciri-ciri teks ekplanasi

Explanatory text merupakan jenis teks yang mempuyai karakteristik tersendiri yang membedakan dari jenis teks lainnya. Nah berikut ini beberapa ciri-ciri dari Explanatory text.

  • Semua informasi di dalam teks eksplanasi berdasarkan fakta tanpa adanya opini yang tidak jelas.
  • Topik pembahasan yang terdapat di dalam Explanatory text berkaitan dengan fenomena yang bersifat pengetahuan atau bersifat ilmiah.
  • Explanatory text bersifat informatif yang memberikan informasi bermanfaat, tidak berusaha mempengaruhi pembaca untuk percaya semua informasi di dalamnya
  • Struktur teks eksplanasi terdiri dari tiga diantaranya adalah pernyataan umum, deretan penjelas atau sebab-akibat, dan interpretasi.
  • Penjelasan yang terdapat di dalam teks eksplanasi menggunakan sequence markers, seperti; Pertama, Kedua, Ketiga, dan lainnya.

Struktur Teks Eksplanasi

Seperti yang telah disinggung di atas, teks ekplanasi memiliki tiga struktur yang terdiri dari pernyataan umum, deretan penjelas atau sebab-akibat, dan interpretasi. Adapun penjelasan dari ketiga struktur tersebut sebagai berikut.

1. Pernyataan Umum

Di dalam pernyataan umum harus memuat tentang penjelasan yang bersifat umum mengenai sebuah topik pembahasan. Pernyataan umum ini biasanya berisi pengenalan dan penjelasan singkat tentang topik pembahasan sebuah peristiwa.

2. Deretan Penjelas

Di dalam deretan penjelas berisi informasi tentang sebab dan akibat dari sebuah fenomena atau peristiwa yang terjadi. Informasi yang berada di bagian deretan penjelas harus disusun dengan rapi dan berurutan dari awal hingga akhir.

3. Interpretasi

Interpretasi merupakan bagian penutup dari teks eksplanasi dan tidak harus terdapat di dalam teks eksplanasi. Interpretasi biasanya berisi tentang kesimpulan atau inti dari peristiwa atau fenomena yang terjadi.

Kebahasaan Teks Eksplanasi

Di dalam Explanatory text umumnya terdapat kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi yang berbeda dari teks lainnya. Nah adapun kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi sebagai berikut.

  • Topik pembahasan dari teks eksplanasi harus bersifat umum bukan bersifat partisipan manusia: misalnya adalah gempa bumi, tsunami, longsor dan lain sebaginya.
  • Kalimat di dalamnya harus mengandung istilah ilmiah
  • Dalam penulisan teks eksplanasi harus menggunakan kalimat pasif
  • Dalam penulisan harus lebih sering memakai verba material dan verba relasional (kata kerja aktif).
  • Dalam penulisan harus lebih banyak menggunakan konjungsi kausal serta waktu. Misalnya sebelum, pertama, jika, kemudian, sehingga.
  • Dalam penulisan teks ekplanasi harus memiliki tujuan untuk menjustifikasi jika sesuatu yang dijelaskan secara kausal itu benar adanya (faktual).

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Contoh dari Explanatory text ada banyak sekali namun pada artikel kali ini kita mengambil contoh teks eksplanasi gempa bumi. Berikut ini contohnya.

1. Pernyataan Umum

Gempa bumi adalah sebuah bencana alam yang memiliki getaran dan guncangan yang terjadi akibat pergeseran atau pergerakan lapisan yang berasal dari dalam bumi. Peristiwa ini sering terjadi di wilayah yang dikelilingi lautan dan berada di sekitar gunung berapi.

2. Deretan Penjelas/isi

Gempa bumi terjadi akibat dari pergeseran lapisan bawah bumi dan akibat letusan gunung berapi yang besar. Gempa bumi terjadi secara singkat dan memiliki dampak yang serius. Maka dari itu gempa bumi dapat menimbulkan kerusakan yang luar biasa. Gempa bumi memiliki getaran yang kuat dan merambat ke segala arah sehingga dapat menimbulkan kerusakan dan korban jiwa.

Gempa bumi terbagi menjadi dua yaitu gempa bumi vulkanik dan gempa bumi tektonik. Gempa bumi vulkanik di sebabkan oleh letusan gunung berapi yang sangat dahsyat sehingga menyebabkan getaran di sekitar gunung berapi. Gempa bumi vulkanik disebabkan oleh melunaknya lempeng bumi sehingga terjadi pergeseran yang dapat menimbulkan getaran ke permukaan bumi.

2. Interpretasi (Penutup)

Bencana alam gempa bumi dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu dan musim. Walaupun demikian gempa bumi sering terjadi di wilayah yang dikelilingi gunung berapi atau biasa disebut dengan lingkaran berapi. Selain itu gempa bumi juga sering terjadi di tempat tertentu seperti batas Plat Pasifik.

Demikianlah artikel tentang pengertian teks eksplanasi, Tujuan Teks Eksplanasi, Manfaat Teks Eksplanasi, Jenis Teks Eksplanasi, Struktur Teks Eksplanasi, Kebahasaan Teks Eksplanasi