Pengertian Artikel

By | 20 November 2019

Pengertian Artikel

Pengertian Artikel

Apa itu artikel? Apa yang dimaksud dengan artikel? Apa pengertian Artikel?. Artikel adalah sebuah karya tulis yang memiliki panjang tertentu yang memiliki isi gagasan atau fakta yang bertujuan untuk mengajak, edukasi, mendidik dan menghibur pembaca nya dan di publikasikan di berbagai media baik itu media cetak seperti majalah dan koran, media elektronik seperti televisi dan radio, dan media online seperti website.

Ada juga yang berpendapat jika artikel adalah sebuah karangan tulisan baik berupa esai atau bentuk lainnya yang isinya dapat berupa ide yang sifatnya fakta secara objektif yang memiliki tujuan untuk membujuk, mengajak dan menghibur pembaca nya.

Baca Juga: Pengertian Berita

Pengertian Artikel menurut para ahli

Nah untuk memperjelas definisi artikel di atas, ada beberapa ahli yang memberikan pendapat tentang pengertian Artikel. Nah berikut ini pengertian Artikel menurut para ahli.

1. Sumandiria

Nah pengertian Artikel menurut sumandiria adalah karya tulis dari penulis yang berisi opini mengenai masalah yang aktual dan bersifat kontroversi yang bertujuan untuk menghibur, mempengaruhi, memberitahu serta meyakinkan pembaca nya.

2. Al – Aqli

Pengertian Artikel menurut Al-Aqli sebuah karya tulis yang di buat oleh seorang individu yang pembahasan nya di kaji dan di selesaikan dengan tuntas, lugas, dan jelas agar dapat di mengerti oleh pembaca nya dapat mengambil inti dari artikel nya.

Baca Juga: Struktur Berita

2. Rillan E. Wolseley

Artikel adalah karangan yang sifatnya tertulis yang memiliki panjang tidak dapat di tentukan, yang bertujuan untuk menyampaikan ide pemikiran yang bersifat fakta dengan tujuan meyakinkan, dan menghibur orang-orang membacanya.

Ciri-ciri Artikel

Berikut ini ini ciri-ciri artikel

  • Ringkas, padat, tuntas dan jelas
  • Isinya di dasari dengan fakta, bukan kebohongan, mitos yang masih di ragukan kebenaran nya.
  • Artikel bersifat informatif yang penuh dengan informasi berdasarkan penelitian.
  • Artikel dapat berisi opini serta analisis, namun berdasarkan teori dan data yang valid
  • Bahasa yang digunakan harus bahasa baku atau resmi dan menggunakan EYD yang baik agar pembaca dapat mengerti dan mengetahui informasi di dalam artikel
  • Penulisanya harus di buat secara sistematis

Baca Juga: Pengertian Puisi

Contoh Artikel Yang Sering di publikasikan

Berikut jenis atau contoh tipe artikel yang sangat sering di publikasikan di media baik itu media internet, media elektronik maupun media cetak

  • Informasi yang berisi sejarah
  • Artikel berisi hasil penelitian
  • Artikel yang berisi argumen mengenai isu tertentu
  • Tutorial atau cara tentang suatu hal

Jenis-jenis Artikel

Berbicara tentang jenis Artikel, ada 5 jenis jenis artikel yang sering di baca sehari-hari. Berikut ini 5 jenis jenis artikel.

1. Narasi

Artikel narasi adalah sebuah artikel yang isinya menceritakan mengenai peristiwa secara sistematis mulai dari awal, tengah dan akhir. Di dalam artikel narasi terdapat konflik, tokoh dan penyelesaian konflik. Contoh artikel narasi adalah autobiografi, biografi dan artikel yang berisi pengalaman.

2. Deskripsi

Jenis yang kedua adalah artikel deskripsi, artikel deskripsi adalah karangan yang menggambarkan tentang suatu hal kepada pembaca dengan tujuan pembaca dapat seolah olah dapat melihat, merasakan dan mendengar apa isi dari artikel.

3. Eksposisi

Artikel eksposisi merupakan artikel yang berisi tentang penjelasan atau memberikan informasi tentang suatu topik pembahasan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman pembacanya mengenai topik pembahasan yang di bahas di dalam artikel

4. Argumentasi

Artikel argumentasi adalah sebuah artikel yang isinya bertujuan untuk membuktikan kebenaran sebuah pendapat dengan memberikan data yang sifatnya fakta dan terdapat alasan yang jelas. Nah di dalam artikel argumentasi umum terdapat unsur opini dan data dan di ikuti dengan fakta sebagai pendukung.

5. Persuasi

Artikel persuasi adalah artikel yang berisi ajakan untuk mempengaruhi pembaca untuk bersedia melakukan apa yang di perintahkan oleh penulis di dalam artikel nya. Artikel persuasi banyak di gunakan dalam kampanye, misalnya anti narkoba yang di dalamnya menjelaskan tentang bahaya narkoba.

Baca Juga: Pengertian Online

Tujuan dan manfaat artikel

Nah di dalam pembuatan dan pempublikasian artikel tentu memiliki manfaat dan maksud tujuan tertentu. Nah berikut ini tujuan dan manfaat artikel.

  • Tempat untuk menyampaikan ide atau gagasan
  • sarana publikasi dari hasil pemikiran secara ilmiah melalui jurnal ilmiah
  • Untuk membantu penulis agar dapat berpikir secara sistematis dan melatih penulis untuk menggunakan bahasa dengan baik
  • Membantu penulis dalam melatih bakat dalam menulis
  • Memberikan materi tentang ilmu tertentu
  • Memberikan dampak yang akademis pada penulis

Nah itulah Artikel Tentang pengertian Artikel, ciri-ciri artikel, jenis jenis artikel dan tujuan artikel semoga dengan ada artikel ini dapat memberikan manfaat pada pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *