Tips Memilih Bibit Jagung

Tips Memilih Bibit Jagung

Jagung merupakan tanaman yang banyak di temukan di negara kita Indonesia. Hampir seluruh petani di Indonesia pernah bertani jagung. Jagung juga termasuk makanan pengganti makanan pokok yaitu beras. Karena jagung banyak mengandung karbohidrat seperti yang ada di dalam beras.

Budidaya jagung saat ini semakin berkembang dengan di temukan berbagai bibit unggul yang berkualitas tinggi dan termasuk tanaman yang tidak terlalu susah untuk di budidaya kan dan memiliki jangka waktu yang singkat untuk di panen.

Berbicara tentang jagung, sebelum budidaya jagung kita diharuskan untuk menyiapkan bibit jagung. Nah pada artikel kali ini petaniulung.com akan memberikan tips dan trik dalam memilih bibit jagung yang baik agar nantinya jagung dapat berkembang dengan baik.

Artikel Terkait: Cara Menanam Jagung Yang Baik dan Benar

#1 Pertumbuhan Yang Kuat Dan Seragam

Jagung yang mampu tumbuh dengan sehat, kuat terhadap hama dan tumbuh dengan seragam merupakan jagung yang sangat disukai petani. Dengan pertumbuhan yang seragam panen juga akan seragam. Selain jagung yang kuat dan seragam petani juga sangan menyukai jagung yang memiliki pertumbuhan yang cepat sehingga biaya lebih sedikit.

Baca Juga: Jenis Tanaman Hidroponik Cepat Panen

#2 Memiliki Produktivitas Tinggi

Bibit jagung yang tergolong memiliki kualitas dan produktivitas yang tinggi adalah bibit jagung yang dapat menghasilkan 10 tong jagung kering perkaranya. Atau dapat dikatakan mampu menghasilkan lebih banyak dibandingkan bibit jagung yang digunakan. Bibit jagung yang dikatakan memiliki produktivitas tinggi adalah jagung yang memiliki tongkol yang besar.

#3 Tahan Terhadap Penyakit

Tidak ada jagung yang mampung bertahan dengan semua penyakit. Namun terdapat jagung yang mampu bertahan dari sebagian hama atau penyakit. Bibit jagung yang baik dapat bertahan dari hama seperti bulai yang meraupkan hama yang menjadi momok bagi para petani jagung.

Nah untuk mengetahui bibit jagung yang tahan terhadap bulai Anda harus menanamnya terlebih dahulu jika jagung yang Anda tanam tahan terhadap bulai maka ambillah dan jadikan sebagai bibit untuk ditanam berikutnya. Jadi jangan Anda percaya terhadap bibit yangbertuliskan tahan terhadap bulai.

#4 Sesuai Keinginan Pasar

Bisnis apapun yang dijalankan harus dapat berorientasi dengan pasar, termasuk dengan usaha jagung yang harus dapat mengikuti apa keinginan pasar. Berbeda dengan petani jaman dulu yang menanam jagung suka-suka mereka karena petani dulu masih belum mengerti tentang bagai budi daya jagung yang baik.

Nah pada saat Anda ingin menanam jagung Anda harus mencari bibit jagung yang disukai oleh pasar. Maka dari itu akan lebih baik jika Anda dapat menemukan mitra kerja seperti pakan ternak atau pabrik sehingga nanti kamu dapat menjual ke mereka dengan harga yang telah disetujui diawal.

Related Posts