Jenjang Manajemen

Jenjang Manajemen ~ Seorang manajer merupakan orang yang bertanggung jawab atas semua karyawannya. Manajer juga harus mampu untuk bekerja sama dengan orang lain dengan cara mengorganisir pekerjaan bersama orang lain, dengan tujuan untuk mencapai target atau tujuan yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

Secara umum orang yang berperan di dalam Manajemen perusahaan memiliki tanggung jawab penting yang di sebut dengan fungsi manajemen di antaranya perencanaan (palnning), pengorganisasian, pengarahan serta pengontrolan yang biasa disingkat dengan POAC.

Apa yang di maksud dengan manajemen? Manajemen berasal dari kata “manage” yang artinya adalah mengurus atau mengelola, mengusahakan, mengendalikan atau memimpin.

Sebenarnya di dalam kehidupan sehari anda melakukan manajemen khususnya dalam manajemen waktu, misalnya setelah anda bangun tidur pada pagi hari anda tidak langsung makan (mungkin), biasanya orang akan merapikan tempat tidur, sholat dan seterusnya.

Namun setiap orang memiliki tahap atau jenjang manajemen sendiri yang mereka buat atau dijadikan sebagai kebiasaan diri. Nah pada artikel ini kita akan membahas jenjang manajemen di dalam perusahaan.

Jenjang Manajemen Dan Tugasnya Masing-Masing

Jenjang manajemen di dalam perusahaan terbagi menjadi tiga bagian diantaranya adalah manajemen puncak atau top management, manajemen menegah atau middle management dan manajemen lini pertama atau firs line manajemen. Berikut penjelasan dan tugasnya masing.

1. Manajemen Puncak/ Top Level Of Manajemen

Top level of manajemen adalah sebuah jenjang manajemen yang tingkatannya paling tinggi dan memiliki otoritas secara penuh di dalam sebuah organisasi atau perusahaan dan memiliki tanggung jawab kepada pemilik perusahaan.

Pada umumnya manajemen puncak hanya bekerja pada bagian pemikiran dan tatanan konseptual bukan pada teknis-teknis yang ada di dalam perusahaan. Selain itu jenjang manajemen ini memiliki kewenangan dari jenjang manajemen lain sehingga di dia berhak untuk memilih, mengangkat, dan memberhentikan jenjang manajemen di bawahnya.

Contoh Manajemen Puncak adalah CEO (Cheif Executive Officer), GM (General Manager) atau yang sering pula disebut presiden direksi (presdir).

Tugas Manajemen Puncak

  • Menyusun dan menentukan Rencana Perusahaan
  • Menentukan visi dan misi perusahaan
  • Mengatur posisi tingkatan manajemen yang ada di bawahnya
  • Memanfaatkan sumber daya milik perusahaan
  • Memilki tanggung jawab atas tingkatan manajemen di bawahnya

2.  Manajemen Tingkatan Menengah/Middle Level Of Management

Jenjang manajemen selanjutnya adalah manajemen tingkat menengah atau biasa disebut dengan middle manajemen. Tingkatan ini satu tingkat di bawah top level manajemen atau berada pada bagian tengah dari jenjang manajemen.

Middle manajemen dipilih oleh top level manajemen yang berperan dalam melaksanakan perencanaan yang telah di buat dan disusun oleh top level manajemen. Berbeda dengan top manajemen, middle manajemen memiliki tugas cenderung lebih mengendalakan kemampuan manajerial dan hal teknis.

Contoh Pada Tingkatan Middle Manajemen

  • Kepala departemen atau HOD. Contohya: manajer keuangan, manajer pembelian, manajer produksi.
  • Manajer cabang. Seperti kepala cabang unit
  • Junior executive. Contoh: asisten manajer pembelian, asistenm manajer keuangan, asisten manajer produksi.

Tugas Middle Manajemen

  • Melaksanakan Perintah dan kebijakan dari Top Level Manajemen
  • Memberikan Saran seta rekomendasi Kepada Top Level Manajemen
  • Melakukan Koordinasi Kegiatan dengan semua departemen perusahaan
  • Menjadi penghubung antara low manajemen dan top manajemen
  • Membuat dan menyusun rencana jangka pendek yaitu antar 1 hingga 5 tahun
  • Memiliki tanggung jawab atas secara langsung dengan dewan direksi dan CEO Perusahaan

3. Manajemen Lini Pertama/First Line Management

Tingkatan manajemen lini pertama adalah tingkatan jenjang manajemen yang paling rendah di dalam sebuah perusahaan, tugas umum dari tingkatan manajemen lini pertama adalah melakukan pengontrolan dan pengawasan kepada kinerja tenaga operasional.

Secara umum fungsi dari first line management adalah mengawasi karyawan dengan kata lain jenjang manajemen ini ada satu tingkat di atas karyawan. Tingkatan manajemen lini pertama atau low manajemen di angkat oleh middle manajemen.

Contoh manajemen tingkat pertama adalah mandor atau pengawas atau sering disebut dengan supervisor yang bertanggung jawab atas para pekerja atau tenaga operasional.

Tugas Utama Manajemen Lini Pertama

  • Mengarahkan Karyawan
  • Meningkatkan Moral Karyawan dengan Cara Memberikan Motivasi
  • Menjaga dengan baik hubungan dengan middle manajemen dan para karyawan
  • Menyusun Rencana harian, mingguan dan bulanan
  • Menginformasikan keputusan dari pihak manajemen kepada karyawan.

Demikianlah artikel tentang jenjang dan tingkatan manajemen serta tugasnya masing. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca.

Related Posts