Leadership adalah, Pengertian, Unsur dan Syarat Menjadi Pemimpin

Apa itu leadership?

Kata leadership merupakan istilah yang di ambil dari bahasa inggris yang artinya pemimpin. Istilah leadership memiliki kata dasar yaitu leader yang di awal katanya adalah Lead yang memiliki beberapa arti diantaranya adalah bergerak lebih awal, berjalan di awal, mengambil langkah awal, berbuat paling dulu, membimbing dan menggerakkan.

Apa yang dimaksud dengan leadership? Leadership adalah salah satu fungsi manajemen yang dalam mempengaruhi, memotivasi, menggerakkan serta mengontrol orang-orang dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan tujuan untuk mencapai visi dan misi sebuah organisasi.

Pengertian Leadership Menurut Para Ahli

Untuk memperjelas pengertian leadership di atas, kamu dapat melihat pengertian leadership menurut para ahli berikut ini.

1. Menurut Daft, 2006 kepemimpinan adalah sebuah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mempengaruhi orang-orang untuk mencapai tujuan organisasi.

2. Menurut Hasibuan, 2005 leadership adalah cara seorang pemimpin untuk mempengaruhi perilaku bawahannya agar mau bekerja sama dan bekerja secara proaktif untuk mencapai tujuan organisasi.

3. menurut Mifta Thoha di dalam jurnal abad adab danuart leadership adalah norma perilaku yang digunakan oleh seseorang di saat orang tersebut mencoba mempengaruhi perilaku orang lain atau pun bawahannya.

4. Menurut Asep Saefullah dan Ahmad Rusdiana (2016:64) leadership merupakan salah satu unsur penentu keberhasilan organisasi, terutama dalam menuju perubahan.

5. Menurut Handoko leadership merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar bekerja mencapai tujuan dan sasaran.

Baca Juga: 7 Ketrampilan Yang harus dimiliki seorang pemimpin

Macam Gaya Leadership

macam gaya kepemimpinan Menurut Tohardi dikutip oleh Edy Sutrisno  (2010:242) dalam Jurnal adab Danuarta (2014) menyatakan bahwa gaya kepemimpinan diantaranya.

  • Gaya persuasif adalah memimpin dengan metode pendekatan secara maksimal
  • Gaya refresif adalah cara memimpin dengan metode memberikan tekanan
  • Gaya Prtisifatif yaitu gaya memimpin yang memberikan kesempatan kepada bawahan agar dapat lebih efektif, kreatif dan inovatif.
  • Gaya Inovatif merupakan gaya pemimpin yang selalu melakukan usaha-usaha dengan keras untuk menciptakan pembaruan-pembaruan dalam segala bidang

Unsur-Unsur Leadership

Ada beberapa unsur leadership atau kepemimpinan yang harus kamu ketahui di antaranya

  • Leader/pemimpin adalah orang yang menjadi pemimpin di dalam organisasi atau perusahaan
  • Bawahan/karyawan adalah orang yang dipimpin di dalam perusahaan atau organisasi
  • Interaksi atau kegiatan yaitu proses mempengaruhi bawahan oleh pemimpin
  • Tujuan yaitu tujuan yang ingin dicapai dalam proses mempengaruhi
  • Perilaku/kegiatan adalah hasil dari proses mempengaruhi bawahan agar mau melakukan tugas untuk mencapai tujuan yang ingin di capai.

Syarat Menjadi Pemimpin/Leadership

Menurut vietzal dan kawan-kawan (2013) seorang pemimpin di dalam organisasi atau perusahaan ada beberapa kriteria yang agar seseorang layak disebut pemimpin yaitu

1. Pengaruh

Syarat yang pertama adalah pengaruh, seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk dapat mempengaruhi orang lain dengan tujuan orang lain mau menuruti perintahnya untuk mengerjakan sesuatu, dengan begitu orang tersebut dapat disebut pemimpin.

2. Kekuatan/Kekuasaan

Seorang pemimpin akan di ikuti jika memiliki kekuasaan atau kekuatan, dengan kekuasaan tersebut orang lain dapat dengan mudah memberikan kepercayaan kepada pemimpin dan mengakui keberadaannya.

3. Wewenang

Wewenang merupakan hak yang berikan kepada seorang pemimpin untuk menentukan menetapkan sesuatu. Dengan wewenang tersebut seorang pemimpin dapat menetapkan sebuah keputusan dalam hal kebijakan yang terdapat di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Selain itu wewenang juga dapat diahlikan kepada bawahan jika pemimpin percaya kepada karyawan tersebut.

4 Pengikut

Syarat lain menjadi seorang pemimpin adalah memiliki pengikut sebagai orang yang akan dipimpin. Selain itu pengikut tersebut juga dapat memberikan semangat atau dorongan kepada seorang pemimpin untuk menyelesaikan tugasnya sebagai seorang pemimpin.

Baca Juga: Perbedaan Pemimpin dan Kepemimpinan

Fungsi dan Peran Seorang Pemimpin

Menurut Burt Nanus yang dikutip lembaga Pendidikan dan Pengembangan Manajemen Jakarta. Seorang pemimpin diharapkan dapat berperan sebagai berikut

1. Pemberi Arah

Seorang pemimpin diharapkan mampu memberi pengarahan, sehingga dapat diketahui sampai sejauh mana efektifitas maupun efisiensi pelaksanaan dalam upaya pencapaian tujuan.

2. Agen Of Change (agen perubahan)

Seorang pemimpin sebagai katalisator perubahan pada lingkungan eksternal. Untuk itu, pemimpin harus mampu mengantisipasi perkembangan dunia luar, serta menganalisis implikasinya terhadap organisasi, menetapkan visi yang tepat untuk menjawab hal yang utama dan prioritas atas perubahan tersebut, mempromosikan penelitian, serta memberdayakan karyawan menciptakan perubahan-perubahan yang penting.

3. Pembicara

Pemimpin sebagai pembicara ahli, pendengar yang baik, dan penentu visi organisasi merupakan penasihat negosiator organisasi dari pihak luar, agar memperoleh informasi dukungan, ide dan sumberdaya yang bermanfaat bagi perkembangan organisasi.

4. Pembina

Pemimpin adalah pembina tim yang memberdayakan individu-individu dalam organisasinya dan mengarahkan prilaku mereka sesuai visi yang telah dirumuskan. Dengan kata lain ia berperan sebagai mentor, yang menjadikan visi menjadi realitas.

Related Posts