Pengertian Agen

By | 13 Agustus 2019

Pengertian Agen

Apa yang di makasud agen? Apa pengertian agen? Apa itu agen?. Istila agen sudah sering kita dengar di dalam ilmu pemasaran. Pengertian agen adalah seorang penyalur yang meatas namankan sebuah perusahaan tertentu dalam memasarkan atau menjual suatu barang atau jasa dari hasil produksi dari perusahaan tersebut.

Pengertian lain mengenai agen adalah seorang individu atau perusahaan yang mengatas namakan perusahaan tertentu dalam menyalurkan barang atau jasa dari hasil produksi dari perusahaan tersebut di dareah tertentu. Namun mereka tidak memiliki hak dalam memiliki barang atau jasa yang mereka pasarkan.

Baca Juga: Pengertian Studi Kelayakan Bisnis

Didalam (KBBI) Kamus Besar Bahasa Indonesia, Definisi agen adalah seorang individu atau perusahaan sebagai perantara yang berusaha dalam pejualan untuk suatu perusahaan lainnya yang mengatasnamakan pengusaha, sehingga akan sering juga diartikan sebagai wakil atau kaki tangan.

Secara umum seorang agen berperan sebagai konsumen dengan perusahaan induk. Sedangkan distributor bekerja mengatasnamakan perusaha sendiri yang di mana memiliki hak atas pembelian, penjulan, penyimpanan, dan pemasaran barang-barang tertentu.

Baca Juga: Pengertian Evaluasi

Penggolongan Agen

Setelah kita membahas mengenai pengertian agen, kita akan membhas tentang penggolongan atau pembagian agen. Agen di bedakan menjadi dua yaitu agen pelengkap dan agen penunjang berikut ini penjelasanya masing-masing.

1. Agen Pelengkap

Agen pelengkap memiliki fungsi yaitu dalam menjalankan jasa-jasa tambahan untuk penyaluran barang untuk tujuan dalam memperbaiki apabila memiliki kekurangan. Jika suatu pedagang atau sebuah lembaga lainnya tidak dapat melakukan pekerjaan yang berkaitan penyaluran barang, maka dari itu agen pelengkaplah yang dapat menggantikannya pekerjaan tersebut.

Baca Juga: 10 Model Bisnis

Agen pelengkap melakukan beberapa jasa yaitu jasa pemilihan, jasa finansial, jasa informasi serta jasa khusus. pada sisi lain jasa pelengkap juga dibedakan berdasarkan apa yang di tawarkan di antaranya agen yang membantu pada bidang keuangan, agen yang membantu dan mengambil keputusan seperti lembaga, biro iklan, dokter, agen yang membantu untuk penyediaan informasi seperti televisi, radio, surat kabar kemudian agen khusus yang tidak termasuk dalam golongan golongan keduanya.

2. Agen Penunjang

Kelompok agen ini kelompok agen penunjang ini dikhususkan dalam kegiatan untuk beberapa aspek pemindahan barang maupun jasa. Pembagian dari agenpenunjang ini salah satunya termasuk agen pengangkutan borongan, agen penyimpanan (storage agent), agen pengangkutan khusus (speciality shipper) serta agen penjualan dan pembelian (purchase dan sales agent).

Pekerjaan yang dilakukan oleh agen penunjang ini adalah untuk membantu dalam memindahkan barang sedemikian rupa sehingga mampu mengadakan Hubungan secara langsung baik antara pembeli dan penjual. Intinya dalam agen ini berfungsi dalam melayani kebutuhan dari setiap kelompok secara serempak.

Baca Juga: Manfaat Analisis SWOT

Perbedaan Agen Dan Distributor

Agen merupakan perusahaan perdagangan yang bertindak sebagai perantara dalam dan atas nama prinsipal yang berdasarkan perjanjian untuk melakukan sebuah pemasaran tanpa melakukan perbuatan pemindahan hak atas fisik suatu barang dan atau jasa yang dimiliki dikuasai prinsipal yang menunjuknya.

Sedangkan pengertian distributor merupakan perusahaan perdagangan yang bertindak untuk melakukan namanya sendiri berdasarkan sebuah perjanjian yang melakukan sebuah pembelian, penyimpanan, penjualan dan pemasaran barang dan jasa yang dimiliki atau dikuasai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *