10 Model Bisnis Yang Terdapat di dalam Buku Rhenald Kasali

By | 11 November 2019
model bisnis

Model Bisnis – Di dalam buku yang di tulis oleh Rhenalel Kasili yang berjudul Disruption pada bagian Bab 4 yang berjudul bersaing dengan model bisnis memiliki banyak pembahasan menarik yang untuk di bahas. Salah satu pembahasan yang dapat saya ambil adalah model bisnis yang di dalamnya terdapat 10 jenis model bisnis.

Berbicara tentang model bisnis, untuk itu kita harus mengetahui apa itu bisnis, bisnis adalah segala urusan yang atau usaha yang di lakukan oleh baik itu individu maupun kelompok atau perusahaan. Nah model bisnis merupakan sebuah bentuk atau metode bisnis yang di lakukan dengan tujuan mendapatkan laba atau keuntungan.

Baca Juga: Usaha Sampingan

10 Model Bisnis

Nah pada artikel kali ini saya akan menjelaskan 10 model bisnis yang terdapat di dalam buku Rhenalel kasali. Oke langsung saja berikut ini bentuk atau model bisnis serta penjelasan nya masing-masing.

Baca Juga: Peluang Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa

1. Subscription Model (Model Berlangganan)

Model Bisnis berlangganan adalah model bisnis yang dilakukan untuk membuat pelanggan harus berlangganan sebelum menggunakan produk atau layanan jasa milik perusahaan. Salah satu contoh nya adalah tv kabel yang di mana pelanggan harus berlangganan dulu sebelum menikmati siaran tv kabel. Sedangkan dalam skala besar adalah Netflix yang mengharuskan pengguna Nya untuk berlangganan agar dapat menikmati film yang terdapat di Netflix.

2. Free Model (Model Gratis)

Free Model adalah bisnis yang dilakukan dengan cara memberikan produk atau layanan secara gratis. Nah mungkin anda bertanya dari mana perusahaan mendapatkan keuntungan jika menggunakan model bisnis Gratis ini. Contoh model bisnis gratis ini adalah google yang memberikan layanan untuk mencari informasi yang di butuhkan oleh setiap orang secara Cuma Cuma, dengan memberikan secara gratis google. Contoh lain Facebook dengan memberikan layanan secara gratis Facebook dapat membangun sebuah komunitas yang banyak.

Nah dari mana Facebook mendapatkan keuntungan jawaban nya adalah ketika Facebook sudah memiliki banyak pengguna, maka Facebook menyediakan jasa pengiklanan, setiap perusahaan atau pemilik produk menggunakan jasa pengiklan Facebook si pengiklan harus membayar kepada Facebook.

3. Premium Model

Model premium adalah bisnis yang memberikan layanan premium maksudnya ada memberikan layanan yang memiliki kualitas yang lebih tinggi dari gratis. Nah contoh nya pada aplikasi Spotify yang merupakan aplikasi pemutar musik yang memiliki fitur gratis dan premium.

4. Marketplace Model

Marketplace Model sering di hubungkan dengan toko online seperti Tokopedia, lazada, Shopie dan lain sebagainya. Marketplace menyediakan fasilitas atau tempat berjualan secara online bagi pemilik produk, dengan kata lain toko online di gunakan sebagai tempat bertransaksi antara penjual dan pembeli secara online.

Baca Juga: Tahap Memulai Binsis

5. Hypermarket

Hypermarket adalah sebuah bisnis yang awalnya kecil dan hanya menyediakan satu produk atau jasa kemudian seiring dengan berjalannya waktu berubah menjadi Hypermarket yang bersar menyediakan berbagai produk dan jasa. Contoh website Amazon yang awalnya adalah tempat mencari buku dan sekarang menjadi marketplace yang berskala internasional dan mengantarkan produk nya ke seluruh dunia.

6. Acess office ownership model

Acess office ownership model adalah model bisnis yang sering di perbincangkan akhir-akhir ini, menyangkut potensi berbagi dalam dunia maya dari para pemilik yang sudah bosan dengan mengakumulasi kepemilikan. Bagi mereka, kalau cukup dengan memiliki akses yang terbuka dan dapat di pakai kapan saja mengapa harus di miliki. Itu merupakan filosofi ekonomi berbagi yang kini meluas di pakai dalam menyediakan apa saja.

7. On Demand Model

On demand model adalah sebuah model bisnis yang di sesuaikan dengan permintaan pelanggan contoh nya adalah ojek online (gojek, grab dan lain sebagainya) gojek menggunakan model bisnis on demand atau sesuai permintaan pelanggan dengan bantuan aplikasi pelanggan dapat memesan gojek dan driver gojek mendatangi pelanggan ke alamatnya dengan bantuan google maps.

Baca Juga: Unsur-unsur laba

8. Experience Model

Experience Model adalah bisnis yang sangat disruptif. Sebelum pokemon go terkenal dengan pendekatan exprentia, dunia pariwisata dan kuliner sudah terlebih dahulu menerapkan experience Model atau mengutamakan pengalaman para pelanggan. Pelanggan bukan hanya ingin memanjangkan lidahnya namun pelanggan juga ingin memanjangkan panca indera lainnya seperti mata dan telinga nya.

9. Pyramid

Model pyramid adalah skema bisnis yang banyak digunakan untuk memberikan inisiatif pada tenaga kerja atau penjual serta para koordinator nya. Dengan kata lain anda atau perusahaan anda berada Duduk di puncak pyramid sebagai penerima kue terbesar namun juga sebagai pembagi kue yang terbanyak.

10. Ecosystem

Ekosistem model adalah suatu model bisnis yang sudah banyak di gunakan oleh pionir-pionir pengubah masa atau sejarah atau pencipta zaman bari yang berpikir besar.

Contohnya ketika anda menanam pohon kemudian berbuah dan mendatangkan burung-burung untuk memakan buah anda dan mengeluarkan kotoran atau membawakan bibit tumbuhan baru kemudian tumbuh di kebun anda. Maksudnya adalah bisnis yang dapat menciptakan bisnis baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *