Pengertian Studi Kelayakan Bisnis, Tujuan dan Manfaat

By | 14 Oktober 2019

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis

Apa itu studi kelayakan bisnis?, apa yang di maksud dengan studi kelayakan bisnis?, dan apa pengertian studi kelayakan bisnis. Studi kelayakan bisnis adalah sebuah ilmu pengetahun yang mempelajari secara mendalam tentang bisnis yang akan di jalankan dalam rangka untuk melihat layak tidaknya bisnis tersebut di jalan kan.

Dari pengertian di atas dapat di simpulkan jika studi kelayakan bisnis adalah sebuah usaha untuk mempertimbangkan layak tidaknya bisnis untuk di jalankan, mempertimbangkan lebih awal yang harus di lakukan sebelum menjalankan usaha bisnis. Nah maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan usaha yang akan di jalankan.

Baca Juga: Pengertian Agen

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Menurut Para Ahli

Untuk menunjang pengertian studi kelayakan bisnis di atas. Kita juga dapa melihat pengertian studi kelayakan bisnis menurut beberapa para ahli berikut ini.

1. Kasmir dan Jakfar

Menurut Kasmir dan Jakfar sebuah aktivitas yang mempelajari secara keseluruhan dan mendalam mengenai suatu usaha atau bisnis yang akan dikelola, dalam rangka menentukan layak atau tidaknya sebuah usaha tersebut dijalankan

2. Umar H

Menurut Umar H, pengertian studi kelayakan bisnis adalah suatu penelitian mengenai rencana bisnis yang bukan hanya untuk menganalisis layak atau tidaknya sebuah bisnis dijalankan, namun juga mengontrol semua kegiatan operasional yang secara rutin untuk pencapaian tujuan serta keuntungan yang lebih maksimal.

Tujuan Studi Kelayakan Bisnis

Pada umumnya tujuan studi kelayakan bisnis adalah untuk menghindari ataupun mengurangi risiko yang akan terjadi pada usaha bisnis anda. Studi kelayakan bisnis di bentuk untuk berbagai pihak baik itu pihak perusahaan internal ataupun eksternal. Berikut ini 5 tujuan studi kelayakan bisnis.

Baca Juga: 10 Model Bisnis

1. Menghindari Risiko

Tujuan utama di bentuk studi kelayakan bisnis untuk meminimalkan atau mengurangi risiko, setiap bisnis atau usaha tentu akan memiliki risiko tersendiri sehingga di bentuklah studi kelayakan bisnis untuk melihat layak atau tidaknya usaha bisnis untuk di jalankan. Studi kelayakan bisnis juga dapat di gunakan untuk melihat apa saja yang harus di lakukan untuk memulai usaha.

2. Mempermudah Rencana

Tujuan studi kelayakan bisnis lainnya adalah mempermudah rencana, dengan adanya peramalan akan mempermudah rencana. Ada banyak jenis-jenis perencanaan di antaranya waktu pelaksanaan, lokasi pelaksanaan, keuntungan yang di dapatkan hingga anggaran yang akan di keluarkan dan bagaimana cara mengatasi jika di dalam pelaksanaan terdapat penyimpangan.

3. Memudahkan pelaksanaan kerja

Dengan adanya penerapan perencanaan kerja akan otomatis juga dapat mempermudah pelaksanaan kerja, proses bisnis dengan menggunakan perencanaan kerja untuk menyiapkan hal-hal yang akan di butuhkan dan akan mempermudah dalam penerapan kerja.

4. Memudahkan pengawasan

Tujuan studi kelayakan bisnis lainnya adalah mempermudah pengawasan. Dengan adanya perencanaan kerja dan penerapan perencanaan kerja, pada pelaksanaan kerja akan lebih mempermudah dalam melakukan pengawasan kerja.

5. Memudahkan Pengendalian

Dalam proses menjalankan bisnis, penyimpangan atau kesalahan akan sangat sulit untuk di hindari, sehingga di bentuk studi kelayakan bisnis untuk mengendalikan penyimpangan atau kesalahan yang akan terjadi.

Baca Juga: Pentingnya Analisis SWOT dalam Bisnis

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

Studi kelayakan bisnis memiliki 4 manfaat yang dapat di rasakan bagi mereka yang menggunakan studi kelayakan bisnis, yaitu memahami peluang, menguji konsep bisnis, menambah kepercayaan diri dan keuangan permodalan diri. Manfaat kelayakan bisnis ini banyak di rasakan oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan-kepentingan terhadap proyek-proyek bisnis dan pihak-pihat terhadap hasil bisnis mereka. Semua ini termasuk juga dalam peranan studi kelayakan bisnis.

Tahapan Studi Kelayakan Bisnis

Dalam melakukan studi kelayakan bisnis tentu memiliki tahpan-tahapan yang harus di perhatikan untuk mempermudah dalam proses dan penerapan studi kelayakan bisnis. Penerapan studi kelayakan bisnis di antaranya penemuan ide proyek, tahap penelitian, tahap evolusi proyek bisnis, tahap urutan usulan proyek yang layak, tahapan perencanaan pelaksanaan bisnis dan tahapan pelaksanaan proyek bisnis. Nah itulah 6 tahapan studi kelayakan bisnis.

Baca Juga: Strategi dan Kebijakan Bisnis

Itulah sedikit pembahasan mengenai pengertian studi kelayakan bisnis, manfaat, tujuan dan tahapan studi kelayakan bisnis. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *