Pengertian Fotosintesis: Fungsi, 6 Faktor dan Proses Fotosintesis

By | 17 Oktober 2019

Pengertian Fotosintesis

Apa itu fotosintesis?, apa Yang dimaksud fotosintesis?, Apa pengertian Fotosintesis?. Pengertian Fotosintesis adalah sebuah proses yang di lakukan tumbuhan untuk memproduksi energi atau zat makanan atau glukosa dengan bantuan cahaya matahari dengan menggunakan air, zat hara dan karbon dioksida.

Makhluk hidup yang dapat melakukan Fotosintesis adalah tumbuhan, alga dan jenis bakteri lainnya. Fotosintesis memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan di bumi karena energi yang di hasilkan Fotosintesis ini dibutuhkan oleh hampir semua makhluk hidup yang ada di bumi.

Baca Juga: Pengertian Indikator

Fungsi Fotosintesis

Adapun fungsi dan tujuan tumbuhan melakukan fotosintesis ini adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Alat dan Bahan Laboratorium Biologi

1. Menghasilkan Glukosa

Merujuk pada pengertian Fotosintesis ini adalah untuk menghasilkan glukosa yang di butuhkan oleh tumbuhan untuk di gunakan sebagai bahan bakar dalam mengolah kembali menjadi sebuah makanan nantinya, lemak dan juga protein yang terdapat di dalam tumbuhan. Zat-zat tersebut nantinya akan memberikan manfaat bagi manusia dan hewan pada saat di konsumsi.

2. Menghasilkan O2 dan Menetralisirkan CO2

Dalam proses fotosintesis yang sebenarnya membutuhkan karbon dioksida sehingga dengan adanya fotosintesis ini dapat mengurangi karbon dioksida yang ada sekitar lingkungan manusia. Seperti yang kita ketahui bersama karbon dioksida ini beracun bagi tubuh manusia. Dari hasil fotosintesis ini menghasilkan oksigen yang di butuhkan oleh manusia untuk bernafas.

3. Menghasilkan Batu bara

Tumbuhan akan melakukan fotosintesis secara terus menerus hingga tumbuhan tersebut mati. Nah dari sisa-sisa tumbuhan yang tertimbun di dalam tanah selama bertahun-tahun akan berubah menjadi batu bara. Seperti yang sama-sama kita ketahui batu bara ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Jadi marilah kita bersama-sama untuk melestarikan tumbuhan demi kelangsungan hidup manusia.

Baca Juga: Pengertian Biologi

Reaksi Fotosintesis

Di dalam proses fotosintesis terdapat 2 reaksi Fotosintesis yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Berikut ini penjelasan reaksi terang dan reaksi gelap.

1. Reaksi Terang

Reaksi terang yang di maksud adalah proses fotosintesis yang di lakukan tumbuhan membutuhkan cahaya matahari, pada umumnya reaksi ini di lakukan pada tempat terbuka yang terkena oleh cahaya matahari. Di dalam proses reaksi terang terdapat zat klorofil pada daun tumbuhan yang bertugas untuk menyerap cahaya matahari. Cahaya matahari ini di manfaatkan untuk mengubah molekul air menjadi hidrogen dan oksigen ke dalam bentuk ATP.

2. Reaksi Gelap

Berbeda dengan reaksi terang yang membutuhkan cahaya matahari dalam proses nya, berbeda dengan reaksi gelap malah kebalikannya, reaksi gelap ini tidak bergantung pada cahaya matahari namun reaksi gelap ini tidak akan terjadi jika reaksi terang terlebih dahulu sehingga reaksi gelap ini bergantung pada reaksi terang. Reaksi gelap ini berlangsung di dalam stroma kloroplas. Tujuan reaksi gelap ini adalah untuk merubah karbon dioksida menjadi glukosa.

Baca Juga: Pengertian Bioma

Faktor Yang Mempengaruhi Fotosintesis

Proses Fotosintesis Pada tumbuh atau proses terjadinya fotosintesis pada tumbuhan terdapat 6 faktor di antaranya cahaya, tahap pertumbuhan, Konsentrasi karbon dioksida, kadar air, kadar fotosintat dan pigmen penyerapam cahaya. Berikut ini penjelasannya masing-masing.

1. Cahaya

Cahaya merupakan sumber energi utama dalam proses fotosintesis yang di lakukan oleh tumbuhan Khususnya cahaya matahari, Intensitas cahaya yang tinggi akan memberikan proses fotosintesis sintesis yang lebih efektif dan efisien.

2. Tahap Pertumbuhan

Tumbuhan yang masih dalam proses pertumbuhan dari kecamba ke dewasa akan lebih sering melakukan proses fotosintesis, berbeda dengan tumbuhan yang sudah besar.

3. Pigmen Penyerapan Cahaya

Pigmen Penyerapan Cahaya bagi tumbuhan adalah klorofil, tugas klorofil sebagai pigmen Penyerapan cahaya ada untuk menyerap cahaya matahari demi keperluan proses fotosintesis pada tumbuhan.

4. Konsentrasi Karbon dioksida

Karbon dioksida juga di butuhkan oleh tumbuhan dalam proses fotosintesis, semakin banyak Karbon dioksida di udara akan membuat tumbuhan lebih efektif dalam proses fotosintesis nya.

5. Kadar Air

Air juga di butuhkan oleh tumbuhan dalam proses fotosintesis, apabila tumbuhan kekurangan air akan menghambat proses fotosintesis karena ketika tumbuhan kekurangan air akan menyebabkan stomata menjadi tertutup, sehingga mengurangi kecepatan fotosintesis pada tumbuhan.

6. Suhu

Pada umumnya enzim bekerja dalam proses fotosintesis dan hanya dapat bekerja pada keadaan suhu yang optimal, Suhu menjadi faktor kecepatan proseses fotosintesis pada tumbuhan. Proses fotosintesis akan lebih cepat jika suhu meningkat pada batas toleransi pada enzim.

Penjelasan proses Fotosintesis Pada tumbuhan

  • Karbon dioksida yang tersebar di udara akan masuk ke tumbuhan melakukan stomata yang terbuka atau biasa di sebut mulut daun.
  • Setelah itu akar akan menyerap air yang berbeda di dalam tanah dan akan di bawah ke daun melalui batang tumbuhan
  • Pada saat tumbuhan terkena sinar cahaya, pigmen hijau pada tumbuhan akan melakukan Penyerapan Cahaya matahari. Pigmen hijau ini biasa di sebut klorofil
  • Selanjutnya adalah energi yang terdapat pada tumbuhan akan di gunakan untuk mengubah air menjadi oksigen dan hidrogen. Oksigen akan di lepaskan ke udara dan akan dihirup manusia untuk bertahan hidup. Sedangkan hidrogen di gabung dengan karbon dioksida dan di ubah menjadi makanan bagi tumbuhan.

Gambar Proses Fotosintesis

Berikut ini gambar bagan proses fotosintesis pada tumbuhan.

Pengertian Fotosintesis
Sumber: Shutterstock.com

Itulah penjelasan tentang pengertian fotosintesis, faktor yang mempengaruhi fotosintesis, Reaksi fotosintesis dan penjelasan proses fotosintesis beserta bagan gambar proses fotosintesis. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *