Pengertian Indikator: Fungsi dan Jenis-Jenis Indikator

By | 25 Juni 2019

Pengertian indikator – pengertian indikator secara umum adalah suatu yang dapat di gunakan sebagai standar atau petunjuk dasar yang dapat di gunakan sebagai tolak ukur adanya sebuah perubahan pada sebuah kegiatan atau peritiwa kejadian.

Ada sebuah pendapat lain mengenai pengertian indikator adalah sesuatu trauma fakta yang memebrikan petunjuak yang menunjukkan suatau keadaan tingkat suatu peristiwa. Di lihat dari pengertian di atas memberikan penjelasan bahawa fungsi sebenarnya dari sebuah indikator adalah sebagai tolak ukur terjadinya perubah yang sifatnya tetap.

Salah satu penggunaan sebuah alat indikator pada kehidupan sehari – hari adalah dispenser dimana dispenser memiliki sebuah lampu indikator yang manandakan ketika lampunya berwarna merah itu menunjukka jika air sudah dalam keadaan panas.

Baca Juga: Pengertian Sistem

Pengertian Indikator Menurut Para ahli

Untuk lebih memahami mengenai pengertian indikator, kita dapat melihat pendapat para ahli mengenai pengertian indikator. Nah berikut ini pendapat para ahli mengenai pengertian indikator.

Darwin Syah

Menurut Wilson R dan T Spanuchart pengertian indikator adalah sesuatu ciri atau sebuah tanda yang menunjukkan semua peserta didik sudah memenuhi standar kompetensi pedidikan yang telah di tentukan dan di berlakukan. (Baca Juga: Pengertian Politik)

Lawrance Green

Menurut Lawrance Green mengenai pengertain indikator adalah sebuah varibel yang menunjukkan dan mendedikasikan pada penggunanya tentang suatu kondisi tertentu, sehingga dapat di pergunakan untuk menjadikan tolak ukur suatu peruban.

Wilson R. & T. Sapanuchart

Menurut Wilson R. & T. Sapanuchart mengenai pengertian indikator adalah sesuatu ukuran yang secara tidak langsung dari suatu kejadian atau sebuah kondisi

World Health Organization

Menurut World Health Organization mengenai pengertan indikator adalah sesuatu variable yang dapat di gunakan dalam kegiatan pengukuran berbagai macam perubahan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Itulah beberapa pengertian indikator menurut para ahli. Sedangkan menurtu kaums besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah suatu yang dapat di jadikan tolak ukur terhadapat suatu peristiwa.

Baca Juga: Pengertian Ekonomi

Fungsi Indikator Dalam Pendidikan

Indikator adalah sebuah penanda pencapaian yang di tandai dengan perubahan perilaku yang mencakup sikap, keterampilan, dan pengetahun. Indikator dapat di kembangkan sebagai karakteristik peserta didik terhadapat prestasi yang di dapatkan. Berikut ini fungsi indikator dalam pendidikan.

Baca Juga: Pengertian Biologi

Pedoman dalam metode kegiatan pembelajaran

Metode pembelajaran harus di desain dengan baik agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif. Agar untuk mendapatkan komptensi yang maksimal. Pengembangan desain harus sesuai dengan indikator yang di kembangkan. Karena indkator memberikan gambaran desain pembelajaran yang efektif.

Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran

Pemngembangan pembelajaran harus sesui dengan indikator pembelajaran untuk mendapatkan komptensi pembelajaran yang efektif. Dengan pengembangan pembelajaran yang sesui dengan indikator pembelajaran dapat memberikan pembelajaran yang efektif dan sesui dengan karakteristik pembelajaran. (BacaJuga: Pengertian Puisi)

Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar

Pengembangan bahan ajar ini kembangkan oleh seorang tenaga pengajar agar dapat menunjangang pencapaian komptensi pendidikan yang baik. Dalam memilih bahan ajar yang baik harus sesui dengan indikator agar dapat mencapai komtensi yang baik.

Pedoman dalam merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar

Indikator menjadi salah satu pedoman dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil belajar, Rancangan penilaian ini memberikan petunjuk dalam menentukan bentuk dan jenis penilaian, serta pengembangan indikator penilaian.

Baca Juga: Pengertian Data

Fungsi Indikator secara umum

Pada umumnya indikator merupakan tanda terjadinya suatu perubahan dalam kegitan atau peristiwa tertentu. Sesui dengan pengertian indikator yang telah du jelaskan pada paragraph awal menghasilkan beberpa fungsi indikator secara umum.

Baca Juga: Pengertian Fotosinesis

  • Sebagai suatu alat penunjuk adanya sebuah perubahan dalam suatu kegiatan atau kejadian tertentu.
  • Sebagai suatu pedoman bagi para pengguna dalam menyusun alat ukur.
  • Sebagai pedoman untuk merencanakan serta melaksanakan segala sesuatu yang berhubungan dengan suatu kegiatan atau peristiwa.
  • Sebagai pedoman dalam usaha untuk mengembangkan kegiatan sesuai dengan potensi, karakteristik, kebutuhan, dan lingkungan.
  • Sebagai pedoman dalam memberikan penilaian terhadap hasil suatu kegiatan.

Jenis-Jenis Indikator

Secara umum jenis-jenis indikator terbagi menjadi tiga bagian sesui dengan penjelasannya. Berikut ini beberapa jenis-jenis indikator yang di rangkum oleh penaindo.com.

1. Indikator Kerja

Pada umumnya indikator kerja hampir mirip dengan indikator penelitian. Berdanya terletak dalam objek penelitianya. Kedua indikator ini memiliki objek penelitian yang berbeda. Inidkator kerja mengambil kariawan sebagai objek indikatornya.

Dalam indikator kerja yang di ambil adalah kualitas kariawan. Di mana kualitas kariawan di ukur dari beberpa indikator yaitu. Kedisiplinan, kegigihan dalam bekerja, kualitas kerja yang di hasilkan, dan efektifitas yang kariawan dalam bekerja. Yang di maksud efetifitas disini adalah tingkat pengolaan sumberdaya yang ada.

Selain menggunakan indikator non finansial diatas. Sebagian organisasi juga menjadikan finansial sebagai indikator dari keberhasilan perusahaan. Finansial juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur dari kualitas kariawan dalam perusahaan.

2. Indikator pendidikan

Indikator pendidikan adalah indikator yang paling sering di temukan pada instansi pendidikan. Indikator pendidikan bersifat wajib dan harus di laksanakan oleh pengolah instansi pendidikan. Untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik.

Fungsi dari indikator pendidikan adalah sebagai tolak ukur dalam menilai efektivitas pembelajaran di berikan kepada mahasiswa sebagai komptensi dasar yang lebih spesifik dan menyeluruh. Indikator ini dapat di katakana sebagai tolak ukur dalam mencapai komptensi dasar sebuah pemebelajaran.

Indikator pendidikan dapat dijadikan sebagai  penilain dalam mengetahui tingkat pemahaman dan penguasaan materi pembelajaran oleh siswa. Indikator pendidikan juga di sesuiakan dengan instansi pendidikan dan visi dan misi instansi pendidikan.

3. Indikator penelitian

Hampir semua bentuk penelitian memiliki indikator sebagai tolak ukur dalam menjalankan penelitian. Indikator penelitian yang paling banyak di gunakan dalam penelitian adalah indikator yang bersifat ilmuah. Contohnya adalah penelitian lingkungan, bioteknologi, reklamasi dan sejenisnya.

Indikator penelitan yang paling banyak di gunakan dalam pendidikan adalah asam dan basa. Indikator asam basa adalah sebuah indikator untuk mengetahui sifat asam dan basah dalam sebauh larutan atau bentuk sampel lainnya.

Baca Juga: Pengertian Filsafat

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian indikator, fungsin indikator dalam pendidikan, fungsi indikator secara umum dan jenis-jenis indikator. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan bagi pembaca.

Author: Mutawakkil

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.