Pengertian Resume

Pengertian Resume

Pengertian Resume

Resume adalah sebuah tulisan dari ringkasan atau rangkuman yang panjang yang untuk diambil pokok pembahasan di dalam sebuah materi karangan yang panjang. Dengan kata lain resume berawal dari sebuah karang yang panjang yang nantinya di ringkas dan diambil inti dari pembahasan. Ringkasan harus mendekati dengan asli.

Resume adalah sebuah cara yang digunakan untuk menjelaskan pokok pembahasan dari sebuah informasi yang terdapat di dalam buku, atau karangan yang ingin disampaikan kepada orang lain. Dengan menggunakan resume informasi yang kita sampaikan dapa lebih memudahkan orang untuk menerima informasi yang kita sampaikan.

Artikel Terkait: Pengertian Puisi

Kata resume juga sering digunakan dalam dunia kerja yang di gunakan sebagai daftar riwayat hidup. Yang merupakan dokumen tentang keahlian, keahlian dan riwayat pendidikan seseorang yang disusun sedemikian rupa yang bertujuan untuk pengenalan tentang dirinya.

Perbedaan Resume dan Ikhtisar

Banyak orang yang tidak tahu membedakan resume dan ikhtisar, namun sebenarnya resume dan ikhtisar pada dasarnya berbeda khususnya dari pengertian resume dan ikhtisar. Berikut ini perbedaan antara resume dan ikhtisar.

1. Pengertian Resume

Seperti yang telah dijelaskan di atas pengertian resume adalah sebuah ringkasan pokok pembahasan dari informasi yang di ambil baik dari buku atau karangan yang ditulis secara singkat namun memiliki pembahasan yang lengkap. Dengan kata lain resume tidak jauh dari pembahasan dari teks aslinya.

2. Pengertian Ikhtisar

Sedangkan pengertian dari ikhtisar adalah sebuah ringkasan dari informasi karangan yang ditulis lebih pendek dari aslinya namun tidak mempertahankan urutan dari pokok pembahasan yang membentuk karangan tersebut. Dengan kata lain ikhtisar dapat dibuat oleh seseorang dengan pemahaman nya sendiri tentang karangan dan dapat menggunakan bahasa sendiri.

Cara Membuat Resume

Dalam membuat resume tidak harus berpatokan dengan tulisan aslinya sehingga dalam membuat resume cukup mudah. Nah berikut ini langkah-langkah dalam membuat resume.

1. Membaca Naskah Yang Asli

Dalam membuat resume kita harus memahami naskah aslinya yang ingin kita baut kan resume. Sehingga untuk memahami naskah aslinya kita harus membaca naskah tersebut secara berulang-ulang sehingga pokok pembahasan dari naskahnya dapat diketahui. Dalam membuat resume juga harus membutuhkan pengetahuan kosa kata yang banyak karena di dalam naskah akan ada kata yang sulit untuk dipahami.

Baca Juga: Pengertian Proposal

2. Mencari Gagasan Utama

Setelah kita membaca naskah secara berulang kita akan menemukan gagasan utama atau pokok pembahasan di dalam naskah yang telah di baca. Agar tidak lupa dengan pokok pembahasan tersebut diharuskan kita untuk mencatat gagasan utama yang nantinya digunakan dalam membuat sebuah resume. Dalam sebuah karangan tulisan gagasan utama tidak terdapat di dalam sebuah paragraf sehingga kita diharuskan untuk benar-benar teliti dalam membaca sebuah karangan.

3. Menulis Resume

Setelah membaca naskah secara berulang dan menemukan pokok pembahasan di dalam naskah tersebut. Tentu kita sudah menemukan gambaran umum tentang resume yang akan kita buat nantinya. Dalam membuat resume kita harus memperhatikan kesesuaian dengan naskah aslinya. Dalam membuat resume kita juga harus memperhatikan kalimat yang digunakan harus sesuai dengan naskah aslinya.

Resume yang kita buat tidak boleh ditambahkan pendapat pribadi yang dapat menjauhkan pokok pembahasan dari naskah aslinya. Pada umum nya di dalam karangan ada banyak sekali kata yang tidak mudah dipahami oleh orang lain sehingga kita harus menuliskan resume dengan kata yang mudah dicerna oleh pembaca.

4. Membaca Ulang Resume

Yang terakhir adalah membaca ulang resume. Setelah resume sudah selesai kita diharuskan untuk membaca ulang résume dan memperhatikan beberapa kesalahan khususnya kesalahan dalam penulisan. Berikut ini beberapa yang harus kita perhatikan dalam menulis resume.

  • Penggunaan bahasa yang baik
  • Ejaan yang benar
  • Penggunaan tanda baca
  • Kesesuaian antara resume dengan naskah aslinya.

Demikianlah artikel tentang Pengertian resume, perbedaan resume dengan ikhtisar, dan langkah-langkah cara membuat resume. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca.

Related Posts