Pengertian Search Engine

Pengertian Search Engine

Pengertian Search Engine

Pengertian Search engine adalah sebuah website bertugas untuk mengumpulkan dan mengorganisir semua konten yang terdapat di dalam internet yang nantinya diberikan kepada orang yang mencari konten tersebut menggunakan search engine.

Pada umum nya search engine memiliki tempat untuk mengetikan kata kunci, yang nantinya kata kunci itu digunakan untuk mencari suatu informasi yang ada di dalam internet. Cara menggunakan search engine atau mesin pencari sangatlah mudah cukup mengetikan kata yang sesuai dengan apa yang kamu cari dan akan muncul berbagai judul dari informasi yang kamu cari.

Artikel Terkait: Pengertian Online

Hasil dari pencarian yang kamu lakukan biasa disebut dengan search engine result page atau halaman hasil pencarian. Mesin pencari memilik algoritma yang berfungsi untuk menentukan rank website penyedia informasi. Setiap algoritma mesin pencari berbeda dan diubah setiap waktu tertentu untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna dan memberikan jawaban yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengguna.

Cara Kerja Mesin Pencari

Seperti yang telah dijelaskan di atas tentang pengertian search engine, search engine memiliki sebuah algoritma yang bekerja sebagai penentu dari rank website yang menyediakan berbagai informasi yang diinginkan pengguna. Selain itu mesin pencari juga menggunakan sebuah program yang disebut dengan spider, robot dan crawler yang berperan dalam membangun index di internet.

Setiap mesin pencari saat ini sudah memberitahukan kepada pemilik website tentang bagaimana cara meningkatkan rank website mereka namun harus sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditentukan. Dengan mengikuti beberapa teknik Optimasi yang biasa disebut dengan SEO (search engine optimasi) yang dimana setiap waktunya berubah-ubah untuk menghindari penyalagunaan.

Macam-macam Search Engine Optimasi (SEO)

Pengertian Search Engine

merujuk pada pengertian search engine ada beberapa jenis SEO. Nah Mungkin kamu sudah sering mendengar kata-kata tentang SEO, dikalangan marketer atau frelencer kata sudah tidak asing lagi di telinga meraka, dan mungkin saja mereka menggunakan teknik ini untuk meningkatkan penjualan mereka di mesin pencari. SEO berfungsi untuk meningkatkan rank tertinggi di halaman mesin pencari. Teknik SEO terbagi menjadi dua yaitu Of-page SEO dan On-page SEO.

1. On-Page SEO

On-page SEO adalah semua yang berkaitan dengan apa-apa saja yang ada di dalam website. Faktor yang mempengaruhi Of page SEO adalah semua pengaturan-pengaturan yang ada di dalam website misalnya kualitas coding yang ada di dalam website, isi website, kecepatan website dan tampilan website. Sehingga kamu harus menyiapkan semua hal tersebut untuk membuat rank website kamu meningkata.

2. Of-Page SEO

SEO of page merupakan semua hal yang berkaitan dengan yang ada di luar website. Misalnya adalah backlink, sosial media, dan semua kegiatan yang ada di luar website. Untuk meningkatkan SEO of page website kamu yang harus kamu lakukan adalah mencari backlink sebanyak-banyaknya dari website lain. Hal ini terbukti dapat meningkatka rangking website.

Artikel Terkait: Pengertian Database

Jenis-jenis Search Engine

Ada beberapa mesin pencari yang ada di internet dan memang cara kerja nya sama yaitu cukup menuliskan kata kunci pada kolom yang sudah disediakan dan tinggal klik cari atau langsung tekan enter. Namun search engine memiliki fitur dan hasil pencarian yang berbeda. Berikut ini macam-macam search engine yang ada di internet.

1. Google

Siapa yang tidak mengenal google, google merupakan perusahaan terbesar asal amerika serikat. Selain itu google memiliki mesin pencari yang paling banyak digunakan diseluruh dunia. Bahkan google memproses hingga jutaan pencarian setiap harinya karena google menggunakan 123 bahasa yang digunakan.

Google menjadi mesin pencari terbesar di dunia karena google mampu mengontrol 90% search engine yang dimilikinya selain itu google juga mampu mengumpulkan jutaan informasi yang ada diseluruh dunia dan memberikan berbagai fitur-fitur menarik dan bermanfaat untuk penggunanya.

2. Bing

Pengertian Search Engine

Bing adalah mesin pencari miliki Microsoft, sebelum munculnya bing terdapat beberapa mesin pencari yang dimiliki Microsoft yaitu windows live search, MSN, dan Live Search. Bing memegang 20% volume pencarian membuat bing yang terbesar kedua di Amerika Serikat dibawah google yang memegang 64% volume pencarian dan 12% di pegang oleh yahoo dari semua search engine yang ada di internet.

3. Yahoo

Mesin pencari yahoo pernah menjadi yang paling terbesar di dunia tepatnya pada tahun 2011 sebelum muncul google. Namun saat ini mesin pencari yahoo seudah dijalankan oleh bing dan yahoo merupakan mesin pencari terbesar ketiga di Amerika Serikat di bawah google dan yahoo yang masih menguasai volume mesin pencari saat ini.

4. Ask.com

Ask.com dulunya bernama ask jeeves. Search engine berbeda dengan mesin pencari pada umumnya. Ask digunakan untuk mencari pertanyaan dan nantinya akan dijawab oleh pengguna lainnya. Selain tanya jawab ask juga memiliki format polling.

5. Duckdunckgo

Duckdunckgo adalah salah satu mesin pencari yang tidak melacak penggunanya atau biasa disebut dengan private search engine. Saat menggunakan Duckdunckgo, proses pencarian kita tidak akan dilacak karena memiliki perlindungan tambahan. Salah satu kelebihan mesin pencari ini adalah tidak terdapat iklan yang sama seperti yang terdapat di google dan yang lainnya.

6. Yandex

Pengertian Search Engine

Yandex adalah mesin pencari asal negara Rusia. Yandex juga merupakan salah satu dari 30 situs paling populer yang ada di dunia. Dan ada diposisi 4 dengan situs berbahasa rusia. Yandex merupakan perusahaan yang bergerak dibidang teknologi dan layanan cerdas. Yandex memegang 65% volume pencarian khususnya di Rusia yang menjadikan penghasilan utama mereka.

Demikianlah artikel tentang pengertian search engine, cara kerja dan jenis-jenisnya. Semoga dengan adanya artikel pengertian search engine ini dapat memberikan dan menambah pengetahuan kita semua.