Apa Itu SEO? Manfaat, Jenis, Teknik Dan Cara Kerja SEO

Mengenal tentang SEO, bagi sebagian kaum awam mungkin baru mendengar istilah SEO, namun bagi pelaku bisnis khusus nya yang bergerak di bidang marketing online. SEO merupakan salah satu teknik marketing online yang sangat banyak digunakan oleh pelaku bisnis yang berkerak dibidah marketing online.

Nah khusus bagi kamu yang bergerak dibidang marketing online harus bisa memahami dan menggunakan teknik SEO SEO, karena teknik SEO sangat menunjang strategi dalam digital marketing. Nah kamu bisa memulai untuk mengenali dasar-dasar SEO tentang bagaimana SEO itu bekerja, jenis-jenis SEO dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Artikel, Jenis, ciri-ciri dan contoh artikel

Pengertian SEO

SEO merupakan singkatan dari Search engine Optimasi yaitu suatu teknik digital marketing yang digunakan untuk mendapatkan peringkat pertama di hasil pencarian search engine google. Dengan mendapatkan peringkat pertama di hasil pencarian search engine maka peluang untuk mendapat traffic lebih tinggi dan akan ada banyak manusia yang menemukan website yang kamu miliki.

Seperti kata pakar SEO Neil Patel “SEO is the magic you have to work on your article in order to make Google very likely to include your post as one of the top results whenever someone search for that keyword”.

Jadi inti dari kalimat Neil Patel di atas adalah SEO adalah magic dan seni. Dengan menguasai teknik SEO ini akan membantu kamu dalam memasarkan produk yang kamu miliki dan akan mempermudah kamu untuk mendapatkan calon costumer/klien yang relevan dengan apa yang kamu pasarkan.

Jenis-jenis SEO

Jenis-jenis SEO terbagi menjadi dua yaitu SEO OFF-PAGE dan SEO ON-PAGE.

SEO On-page

Yang pertama jenis SEO on-page, jenis seo ini banyak digunakan oleh para marketer yang bergerak dibidang pemasaran. apa itu SEO on-page? Jenis SEO berfokus pada pengoptimalan content secara langsung misalnya pengoptimalan keyword (kata kunci), judul, header, description, featured image dan lain sebagainya.

Dalam menerapkan SEO on-page, marketer perlu melakukan riset keyword, mencari kata kunci yang tepat untuk digunakan, mulai dari kata kunci utama hingga kata kunci turunan.

SEO Off-page

Jenis SEO selanjut nya adalah SEO Off-page, berbeda dengan seo on-page tadi yang lebih mengutamakan isi konten, SEO offpage lebih berfokus pada website tempat konten yang dipublikasikan, bagaimana agar pengunjung bisa nyaman degan website yang kita miliki.

SEO offpage lebih mengutamakan tampilan website, kecepatan website, internal link dan lain sebagainya.

Baca juga: Strategi dan kebijakan dalam berbisnis

Teknik SEO

Teknik SEO adalah suatu usaha yang dilakukan dalam untuk meningkatkan kualitas website, mulai dari tampilan, layout, navigasi, struktur website, kecepatan website dan lain sebagainya, dengan begitu website kamu akan mudah di indeks google. Berikut ini teknik seo yang sering perlu kamu lakukan di dalam website.

1. Memperbaiki kecepatan Loading Website

Kecepatan loading sebuah website merupakan salah satu teknik SEO, bagaimana bisa? Nah misal nya kita posisikan diri sebagai pengunjung, pasti sangat tidak nyaman ketika mengkilik web yang loading nya lambat, pasti kita langsung mencari web lain, hal tersebut juga menjadi salah satu penilaian google.

2. Struktur Website

Semua website pasti memiliki strukur, nah apa saja struktur website.

  • Frontapage, halaman utama
  • Pages, kumpulan dari isi website yang terdiri dari halaman website
  • Blogs, konten yang di optimasi dengan teknik SEO
  • Contact Us, berisi informasi website misalnya alamat, alamat email, nomor telpon dan form untuk mengirimkan pesan kepada website

3. Navigasi Website

Navigasi sering dikenal dengan petunjuk arah, sedangkan dalam website adalah menu-menu yang mempermudah pengunjung untuk masuk ke halaman yang di inginkan salah misalnya adalah menu kontak, kategori, layanan dan lain sebagainya.

Cara Kerja SEO

Setelah kamu sudah mengetahui semua hal tentang SEO mulai dari pengertian SEO, jenis-jenis SEO hingga teknik SEO. Selanjut nya bagaimana sih cara kerja SEO? Sebenarnya cara kerja SEO itu cukup rumit dan hanya di ketahui oleh robot google itu sendiri. Tapi kita akan membahas secara umum tentang cara kerja SEO.

Jadi Cara kerja SEO secara umum melalui tools google yang dikenal dengan istilah web crawler yang berfungsi untuk mengumpulkan semua konten yang ada di internet, kemudian di simpan ke database dan mengolanya.

Secara rinci ada tiga tahap yang dilakukan search engine

Crawling

Crawling adalah suatu proses yang dilakukan search engine yang bertujuan untuk mengumpulkan semua informasi yang ada di website, mulai dari halaman, gambar, video hingga link yang ada di website.

Indexing

Setelah melakukan crawling selanjutnya search engine akan menlist semua informasi yang sudah dikumpulkan.

Pulling Result

Selanjutnya google akan melakukan perangkingan konten yang berhak menempati peringkat pertama google yang sesuai dengan yang diinginkan pengunjung.

SEO merupakan solusi terbaik untuk meningkatkan peringkat website kamu di halaman pencarian google, namun untuk mendapatkan hal tersebut di butuhkan pengetahuan SEO yang lebih luas dan mumpuni, namun jika tidak mau repot kamu bisa menggunakan jasa pakar SEO yang banyak tersedia di Google, namun kami merekomendasikan jasa optimasi SEO. Kamu bisa menggunakan jasa optimasi.ai salah satu perusahaan digital marketing yang bergerak di bidang jasa khususnya dalam SEO optimasi.

Tinggalkan komentar

close