Pengertian Hubungan Internasional

By | 23 Februari 2020

Pengertian Hubungan Internasional Secara Umum

Pengertian Hubungan Internasional

Pengertian Hubungan Internasional adalah sebuah interaksi yang dilakukan oleh satu negara dengan negara lainnya. Nah dalam memahami teori tentang arti hubungan internasional sangat mudah kita bisa lihat pada interaksi sosial yang berada di dalam konteks individu, sedangkan hubungan internasional berada pada konsep global atau internasional.

Hubungan internasional sering dikaitkan dengan politik luar negeri, politik internasional atau hubungan antara bangsa. Dari ketiga istilah tersebut memang hampir memiliki kesamaan. Namun kita tidak akan membahas ketiga istilah tersebut. Namun kita akan membahas pembahasan tentang hubungan internasional secara spesifik.

Pengertian Hubungan Internasional secara umum adalah hubungan antara bangsa yang bersifat global atau hubungan antara individu namun melalui bata-batas negara. Pada dasarnya hubungan internasional adalah hubungan individu namun dalam konteks formal antara negara.

Artikel Terkait: Pengertian Proses Sosial

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Untuk memperjelas definisi umum tentang hubungan internasional. Kamu dapat melihat pengertian hubungan internasional menurut beberapa para ahli berikut ini.

1. Mohtar Mas’oed

Menurut Mohtar Mas’oed definisi hubungan internasional adalah suatu hubungan antara bangsa-bangsa yang dimana semua negara tersebut berdaulat sehingga dibutuhkan sistem yang kompleks untuk melibatkan banyak negara.

2. Raymon Aron

Raymon Aron, arti hubungan internasional adalah hubungan yang antara negara dalam konsep politik sehingga masing-masing dari mereka ingin membuktikan jika mereka berhak menjadi penengah dalam menentukan keadilan.

3. Tygve Nathlessen

Hubungan internasional merupakan komponen dari hubungan internasional yang termasuk dalam bidang politik, hal ini tidak terlepas dari politik internasional dan administrasi nasional dan organisasi nasional.

4. Tulus Warsito

Arti hubungan internasional adalah studi terhadap interaksi dari politik luar negeri dari beberapa pelosok.

5. Stanley Hofman

Hubungan internasional adalah berbagai subjek akademis terutama memperhatikan hubungan politik antar bangsa.

Konsep Hubungan Internasional

Berikut ini tiga konsep hubungan internasional

1. Konsep Penjajahan

Konsep Penjajahan adalah suatu konsep dalam memanfaatkan dan mendominasi yang dilakukan suatu negara ke negara lain. Konsep ini terbentuk karena adanya kapitalisme yang ingin menguasai negara lain dari segala hal.

2. Konsep ketergantungan

Konsep ketergantungan yaitu hubungan internasional yang dimana terdapat satu negara yang bergantung pada negara lain. Konsep ini biasanya dilakukan oleh negara berkembang kepada negara maju.

3. Konsep Sederajat

Konsep Sederajat adalah hubungan internasional yang sederajat. Dengan kata lain tidak ada yang diuntungkan. Negara yang melakukan hubungan internasional ini bertujuan untuk mencapai kesejahteraan bersama. Hubungan ini biasanya dilakukan oleh negara yang setara dan selevel.

Baca Juga: Pengertian Kolonialisme

Tujuan Hubungan Internasional

Pada umumnya hubungan internasional timbul karena adanya kebutuhan yang mirip dengan interaksi sosial yang muncul karena adanya kebutuhan sosial manusia. Berikut ini tujuan dari hubungan internasional.

  • Untuk menjaga kelangsungan hidup negara di antara hadirnya negara lain.
  • Untuk membangun kerja sama yang solid antara negara
  • Membuka kesempatan kepada negara lain untuk berpartisipasi dalam menjaga perdamaian dunia
  • Membuka kesempatan kepada negara lain untuk membantu negara kecil ketika tertindas
  • Untuk menyelesaikan permasalahan antara negara
  • Untuk memposisikan negara ditempat strategis di tengah pergaulan bebas negara.

Demikianlah artikel tentang pengertian hubungan internasional secara umum, menurut para ahli, konsep hubungan internasional dan tujuan hubungan internasional. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Author: Mutawakkil

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.