Pengertian Omset dan Profit

Pengertian Omset dan Profit

Omset sering digunakan di dalam dunia usaha, ketika mendengar kata omset mungkin yang terlintas di pikiran kamu adalah laba dan profit. Kedua istilah tersebut sering digunakan di dalam dunia usaha dan sering dikaitkan dengan keberhasilan dan pendapatan dari usaha yang telah dijalankan.

pengertian omset

Meskipun omset dan laba saling berkaitan namun kedua nya memiliki perbedaan. Nah pada artikel pengertian omset ini kita akan membahas perbedaan keduanya, mulai dari pengertian profit dan pengertian omset. Berikut ini perbedaan omset dan profit dari segi pengertian.

Pengertian omset secara umum adalah sejumlah uang yang didapatkan dari hasil penjualan suatu produk atau layanan jasa dalam waktu tertentu. Uang yang di dapat kan tadi masi dikatakan pendapatan kotor. Kenapa? Karena belum di bagi dengan biaya operasional dan harga pokok penjualan.

Artikel Terkait: Pengertian Kompensasi

Pengertian Profit secara umum adalah uang yang dihasilkan oleh perusahaan atau unit usaha dari hasi penjualan produk atau layanan jasa dalam waktu tertentu yang telah dikurangi dengan biaya operasional dan harga pokok penjualan. Sehingga dapat dikatakan jika profit adalah pendapatan bersih.

Cara Menghitung Omset

Kita sudah membahas apa itu omset? Semoga ada dapat mengetahui apa pengertian omset. Selanjutnya kita akan membahas cara menghitung omset dengan rumus untuk menghitung omset.

Jika di tulis dalam rumus omset, penampakan nya seperti berikut ini

Omset= Harga Produk X Jumlah Produk

Sebagai contoh, sebuah perusahaan dapat menjual produk sebanyak 100 – unit dengan harga per jual nya adalah 20.000 per unit. Maka ketika dihitung dengan menggunakan rumus omset makan akan menghasilkan omset berikut ini.

100 X 20.000= 2.000.000

Sehingga dapat dikatakan omset perusahaan tersebut adalah 2.000.000. Namun omset yang di dapatkan ini masih dikatakan pendapatan kotor karena belum dikurangi dengan HPP dan biaya operasional.

Contoh Perhitungan Omset Depot Air Galon

Untuk membantu kamu dalam memahami cara menghitung omset. Kamu dapat melihat contoh perhitungan omset dari depot air galon (misalnya). Depot air galon mampu menjual produk dalam sebulan antara lain

  • 1000 galon biasa dengan harga 5.000 -per galonnya
  • 500 galon Aqua dengan harga 10.000 -per galonnya

Maka untuk menghitung nilai omset depot air galon menggunakan rumus omset sebagai berikut:

  • 1000 galon biasa X 5.000 = 5.000.000
  • 500 galon aqua X 10.000 = 5.000.000

Jadi total omset yang didapat depot air galon adalah 5.000.000 + 5.000.000 = 10.000.000

Demikianlah artikel tentang pengertian omset, pengertian profit, dan cara menghitungnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Sekian dan Terima Kasih.